Mengapa Menabung Sejak Dini Penting

Tags:

Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang sehingga dana yang terkumpul nantinya bisa digunakan untuk kebutuhan tertentu atau dalam keadaan mendesak. Menabung memiliki berbagai manfaat yang tidak bisa diabaikan. Menabung akan mengurangi sifat boros, dengan menabung anda juga akan belajar mengelola keuangan dengan lebih baik. Anda dapat lebih bijak dalam menggunakan uang sehingga uang tabungan dapat digunakan ketika ada hal yang tidak terduga. Bagi yang sudah bekerja, menabung bisa dilakukan diawal atau akhir bulan.

Menabung

Jika diawal bulan, Anda bisa langsung menyisihkan sebagian gaji untuk masuk ke tabungan. Anda juga bisa menabung di akhir bulan dengan memasukkan sisa uang ke tabungan. Menabung tidak hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa. Semua orang dengan berbagai usia dapat melakukan kegiatan ini, termasuk juga anak-anak. Anak bisa menabung dari uang saku dan menyimpannya dalam celengen.Menabung memiliki banyak sekali manfaat, sehingga sangat penting untuk berlatih menabung sejak dini.

Sumber : https://kreditgogo.com

Sumber : https://kreditgogo.com

1. Menabung akan mengajarkan pada anak-anak untuk berhemat

2. Anak lebih bertanggungjawab dalam memegang uang

3. Anak akan belajar mengatur uang

4. Menabung membutuhkan ketekunan dan konsistensi, maka dengan menabung anak akan belajar disiplin

5. Anak akan lebih menghargai uang melalui menabung

6. Anak akan terbiasa menabung ketika dewasa

Menabung bisa mengajarkan anak untuk hidup hemat, karena mereka harus menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. Hal ini akan membuat anak belajar dalam mengelola uang atau membeli sesuatu. Kecil kemungkinan anak untuk berlebihan ketika jajan atau membeli mainan. Anak juga belajar bahwa uang mereka terbatas karena sebagian harus ditabung, maka anak akan lebih berhati-hati dalam menggunakan uang dan mereka menjadi lebih menghargai uang. Kegiatan menabung yang terus berlanjut juga dapat menjadi kebiasaan pada anak sampai mereka dewasa.

Anda bisa mengajari anak untuk menabung dengan beberapa cara berikut

Beri batas uang saku setiap periode tertentu

Beri batasan uang saku setiap hari, minggu atau bulan. Anak hanya memiliki uang tersebut dan anda tidak akan memberikan uang tambahan ketika jumlah uang habis. Anda hanya akan memberikan uang lagi pada periode berikutnya. Misalkan anda memberikan anak uang saku sebesar 50.000 rupiah untuk satu minggu. Ketika uang tersebut habis setelah dua hari, anda tidak akan memberi uang hingga minggu berikutnya.

• Ajari untuk menyisihkan uang untuk membeli barang yang mereka inginkan

Cara kedua adalah mengajari anak untuk menyisihkan uang jika mereka ingin membeli sesuatu. Jangan langsung membelikan ketika anak anda meminta sesuatu, misalkan mereka minta sepeda atau mainan. Ajarkan pada anak untuk menyisihkan uang saku untuk ditabung. Ketika uang tersebut telah banyak terkumpul, mereka dapat membeli barang yang mereka inginkan. Secara tidak langsung, anda akan mengajari anak bahwa mereka bisa membeli apapun yang mereka inginkan dengan menabung. Hal ini akan membuat anak lebih bersemangat menabung ketika menginginkan sesuatu hal tanpa harus anda perintahkan lagi.

• Beri media menabung yang unik

Anak-anak selalu menyukai sesuatu yang unik dan lucu. Anda bisa memanfaatkan hal ini dalam mengajari anak menabung. Gunakan media yang unik supaya anak lebih bersemangat untuk menabung. Anda bisa memberikan celengan yang lucu pada anak atau celengan bergambar karakter yang mereka sukai. Anda juga bisa mengajak anak untuk membuat celengan mereka sendiri dengan memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar misalkan botol, kaleng atau kotak makan. Ajak anak untuk menghias celengan mereka sendiri. Disini anda tidak hanya mengajari anak untuk menabung, anda juga melatih daya pikir dan imajinasi anak-anak.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *