Mengapa Kita Butuh Financial Planner?

Suatu pagi ketika akan berangkat beraktivitas, anda menemukan mobil anda tak bisa dinyalakan. Anda sudah mencoba berbagai cara untuk menyalakan mesin mobil anda itu. Aki masih baik, tetapi mesin seakan tidak mau menyala. Maka apa yang akan anda lakukan? Tentu saja anda perlu menghubungi bengkel mobil langganan anda untuk mengirimkan montir ke rumah untuk mengecek kesehatan mobil anda.

Nah, inilah gambaran awal yang kami gunakan untuk memberikan informasi kepada anda. Pertanyaan di judul akan kami ubah begini: mengapa kita butuh montir? Jawaban kita bisa saja beragam, tetapi yang paling umum dijawab adalah karena kita tidak menguasai kinerja mesin mobil serta onderdil yang dibutuhkan ketika mesin mobil rusak, sedangkan montir menguasai dan memiliki pengetahuan tentang semua itu.

Begitu pula yang terjadi pada judul tersebut. Seringkali kita merasa tidak membutuhkan financial planner atau perencana keuangan dengan berbagai alasan. Meskipun kita menyadari bahwa kita tidak memiliki pengetahuan sedalam mereka soal finansial, kita tetap tidak menganggarkan sejumlah uang untuk membayar jasa mereka.

Alasan terbesar yang seringkali digunakan untuk tak menggunakan jasa perencana keuangan adalah karena bisnis kita masih kecil, dana dan aset kita masih kecil, untuk apa kita harus berkonsultasi pada mereka. Hampir dipastikan banyak orang berpikir bahwa jasa perencana keuangan itu hanya untuk mereka orang kaya, pengusaha sukses, yang memiliki modal dan aset besar, dengan nilai perputaran uang yang cukup tinggi sehingga mereka harus menggunakan jasa penasihat untuk menggunakannya.

Sebuah artikel di website ini sudah ada yang membahas bahwa sebenarnya anda, baik pemilik usaha bisnis yang telah besar ataupun pemilik bisnis kecil, membutuhkan penasihat atau perencana keuangan untuk membantu anda mengembangkan bisnis anda. Pertimbangannya adalah anda tidak mungkin mengerjakan semuanya sendirian. Serahkan pekerjaan yang tidak anda kuasai kepada mereka yang ahli dalam bidangnya.

Baca: Pemilik Bisnis Kecil Butuh Penasihat Keuangan

Dari berbagai cerita yang ada, banyak pemilik usaha yang awalnya merasa tidak membutuhkan jasa perencana keuangan hingga mereka menghadapi suatu masalah keuangan yang cukup merepotkan. Mereka lalu menghubungi perencana keuangan untuk meminta bantuan menyelesaikan permasalahan keuangan yang menerpa dirinya. Sejak itulah mereka lalu merasakan kegunaan dan urgensi kita para pengusaha untuk menggunakan jasa perencana keuangan.

Lantas, dari kisah-kisah pengalaman para pengusaha itu, apa manfaat yang mereka dapat dari menggunakan jasa perencana keuangan? Berikut paparannya.

.: Mendapat nasihat dari ahli keuangan

Sama dengan ilustrasi di bagian awal. Kita tidak menguasai cara kerja mesin, spare part yang berfungsi di dalamnya, serta onderdil yang tepat untuk menyelesaikan masalaha mesin kita. Menghubungi montir adalah langkah yang paling tepat. Selain mereka memiliki pengetahuan, alat, dan kelengkapan untuk memperbaiki, mereka juga bisa memberikan kita beberapa tips merawat mesin mobil supaya hal seperti ini tak terjadi lagi terutama ketika kondisi sedang genting.

Begitu juga dengan perencana keuangan. Mereka memiliki basis pendidikan, pengetahuan, dan pengalaman soal menyelesaikan masalah keuangan yang dialami oleh kliennya. Masalah keuangan sendiri sebenarnya sangatlah luas, mulai dari bagaimana kita menetapkan tujuan dan menjaga agar tujuan itu dapat dipenuhi dalam waktu yang ditentukan. Untuk itu dibutuhkan langkah-langkah yang efektif dan efisien yang bisa mereka usulkan kepada kita untuk dilakukan.

.: Mendapat gambaran objektif

Objektivitas, dalam berbagai bentuknya, seringkali menjadi masalah dalam berbagai sendi kehidupan kita. Ini adalah soal bagaimana kita memandang sesuatu, kaca mata mana yang akan kita gunakan. Hal itu tidak mudah, terutama ketika menghadapi urusan keuangan. Kita jarang sekali bisa berpikir jernih untuk mengambil keputusan rasional soal urusan keuangan, terutama keuangan keluarga. Misalnya kita tahu kondisi keuangan tidak begitu baik, tetapi kita masih saja menghabiskan banyak waktu untuk tiap hari makan di restoran mahal alih-alih masak sendiri untuk kebutuhan keluarga.

Seorang perencana keuangan biasanya tidak memiliki hubungan emosional dengan anda, apalagi dengan kekayaan anda. Dengan hubungan yang profesional itu mereka lebih bisa memberikan pandangan yang terang. Pada suatu saat mereka meminta semua data keuangan kita sebelum kita akam melakukan sesuatu untuk bisnis kita. Mereka akan menganalisa data itu dan menghitung dengan objektif untuk memberikan penilaian apakah neraca keuangan kita sedang sehat atau tidak.

.: Mendekatkan kita pada goal

Apa langkah awal kita untuk melakukan sesuatu? Tentu saja kita harus menetapkan tujuan kita. Sama halnya dengan investasi ataupun kegiatan bisnis lainnya, kita harus terlebih dahulu menetapkan financial goal atau tujuan keuangan kita. Hal tersebut meliputi nilai nominal, waktu untuk mencapainya, strategi yang kita gunakan untuk mencapai ke sana, dan tentu saja rencana cadangan yang kita siapkan ketika di tengah jalan terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan, seperti kelesuan ekonomi di sekitar kita.

Baca: Kelesuan Ekonomi Bukan Penghalang untuk Sukses

Perencana keuangan yang kita bayar jasanya ini akan bertugas untuk menjabarkan goal dan strategi ke arah sana itu ke dalam langkah riil yang bisa kita terapkan secara konkrit. Langkah itu disusun dengan detil hingga kita bisa membuat semacam to-do list untuk memastikan semua langkah itu sudah kita lakukan untuk mendekatkan kita pada tujuan yang telah kita tetapkan. Perencana keuangan juga akan memiliki fungsi untuk mengingatkan anda dalam jangka waktu tertentu utuk menjalankan langkah itu sesuai dengan rencana. Mereka akan memantau secara berkala antara rencana dengan apa yang telah anda lakukan. Karena bagaimanapun, rencana akan tetap jadi rencana kalau kita tidak mengimplementasikannya dalam kerja yang konkrit.

.: Membantu kita dalam memutuskan

Ada begitu banyak keputusan yang kita ambil ketika kita menjalankan bisnis. Salah satu keputusan besar yang perlu diambil adalah memilih produk keuangan yang sesuai dengan kondisi dan tujuan finansial yang telah kita tentukan. Hal ini menjadi begitu penting lantaran jumlah produk keuangan di pasar memang sangat banyak dan beragam, masing-masing membawa karakteristik yang berbeda. Barangkali jika kita tidak menggunakan jasa perencana keuangan, kita akan memilih produk dengan iklan yang paling menarik, atau yang ditawarkan oleh orang dekat kita, padahal belum tentu produk itu sesuai dengan kebutuhan kita.

Perencana keuangan adalah pihak yang ahli soal finansial, tak terkecuali produk keuangan. Mereka tidak hanya paham tetapi juga memiliki bank informasi yang rutin mereka perbaharui. Selain itu mereka juga mengerti kondisi finansial kita karena kita telah mempercayakan pengelolaan keuangan kita kepada mereka. Dengan kemampuan itu mereka akan membantu kita menemukan pilihan yang tepat sebelum kita memutuskan untuk membeli produk keuangan mana yang akan kita beli. Jangan khawatir, rekomendasi mereka biasanya akan selalu baik lantaran seperti yang sudah disinggung di atas, mereka akan melihat kondisi keuangan dan peluang kita dengan objektif; bebas dari kepentingan lain yang berpotensi merugikan kita.

Nah, beberapa argumentasi di atas kiranya cukup untuk menyadarkan kita bahwa kebutuhan untuk menggunakan jasa perencana keuangan kita bukan terletak pada besar kecilnya nilai investasi dan aset yang kita miliki. Pada akhirnya memang kita memerlukan jasa perencana keuangan ketika kita mengalami kesulitan soal mengelola keuangna demi mencapai tujuan yang telah kita tentukan, supaya tujuan itu tidak hanya jadi angan-angan. Sebagai informasi, jangan kita khawatir soal biaya, lantaran biaya yang kita keluarkan untuk menyewa jasa itu menjadi sepadan dengan hasil yang akan kita dapatkan.

Artikel Terkait