Mengapa Anda Harus Melirik Investasi Emas Batangan?

Investasi adalah salah satu strategi keuangan yang perlu anda rencanakan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Ada berbagai macam jenis investasi yang anda pilih, sesuai dengan tujuan dan kondisi keuangan anda. Salah satu jenis investasi yang banyak dipilih adalah investasi emas batangan. Berbagai pihak menjelaskan emas batangan adalah salah satu bentuk investasi yang menguntungkan. Apa saja hal menguntungkan yang perlu anda tahu dari investasi jenis ini?

Keuntungan yang relatif tinggi

Tidak dapat disangkal, investasi emas batangan akan mendatangkan keuntungan yang tinggi bagi anda. Hal ini dapat diamati dari rata-rata kenaikan harga emas per tahun. Data dari beberapa sumber menyebutkan angka pertumbuhan emas bernilai di atas 20% per tahun. Nilai ini tergolong tinggi, bahkan selalu lebih tinggi dari nilai inflasi. Maka tidak berlebihan bila investasi emas batangan sangat menguntungkan bagi anda yang memulai berinvestasi.

Likuiditas emas tinggi

Maksudnya, kita bisa lebih mudah mencairkan emas batangan ini ke dalam bentuk tunai. Jika sewaktu-waktu anda membutuhkan sejumlah uang tunai, anda bisa langsung menjualnya ke toko emas, atau menggadaikannya di tempat-tempat tertentu. Bila dibandingkan dengan jenis investasi lain seperti saham dan reksadana, anda harus menyediakan waktu dan penghitungan yang cukup. Tingkat kemudahan likuiditas emas dalam hal ini lebih tinggi.

Pasar menentukan sendiri harga emas

Berbagai sumber meyakini bahwa tidak ada yang bisa mengintervensi nilai emas. Maksudnya, hanya pasar yang bisa menentukan tinggi rendahnya nilai emas. Bila dibandingkan dengan uang kertas, pemerintah bisa mengambil kebijakan, misalnya, denominasi. Nilai uang kertas tersebut bisa saja terpotong karena kebijakan atau intervensi pihak lain. Sedangkan nilai pada emas cenderung naik mengikuti pasar, terlebih karena terletak pada dirinya sendiri.

Anda memiliki kuasa penuh atas emas anda

Ketika kita memiliki emas batangan, secara sederhana kita dapat mengistilahkan mendapati kepemilikan mandiri. Artinya, kita memiliki kuasa penuh atas emas batangan tersebut. Kita tidak berhubungan dengan pihak lain, atau bahkan bergantung pada pihak lain. Bila kita melakukan investasi pada jenis lain, ada kemungkinan akan ada intervensi atas pengambilan keputusan kita, tapi tidak dengan emas.

Emas masih bebas pajak

Berbagai sumber informasi menyebutkan bahwa ini adalah hal paling menarik dalam investasi emas: bebas pajak. Mengapa bebas pajak? Emas batangan saat ini dikategorikan sebagai bahan baku, oleh sebab itu tidak dikenakan pajak. Berbeda dengan misalnya kita berinvestasi pada saham atau reksadana. Meskipun, katakanlah, bunga atau return yang kita peroleh bisa relatif tinggi, tetapi kita tidak utuh menerimanya karena masih dipotong pajak sana sini.

Namun memang, seperti halnya investasi lain, kita harus memiliki strategi supaya investasi emas ini benar-benar bisa menghasilkan keuntungan bagi kita. Satu hal penting yang harus kita pahami sebelum berinvestasi emas adalah investasi ini cocok untuk digunakan jangka menengah hingga jangka panjang. Artinya, untuk mendapatkan keuntungan kita paling tidak memiliki rencana keuangan 1 tahun atau lebih. Dengan rencana tersebut, maka waktu terbaik untuk berinvestasi emas adalah ketika kita sudah mempunyai rencana keuangan yang jelas sebagai tujuan investasi emas kita. Jika itu sudah jelas, maka segeralah berinvestasi emas dan tidak perlu khawatir harga akan turun dua atau tiga minggu lagi karena kita memiliki waktu investasi yang panjang. Jadi, tunggu apa lagi?

Artikel Terkait