Menganalisa Google Webmaster

Jika anda memiliki website, selain menganalisa Google Analytics, tool lain yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan performa website anda adalah Google Webmaster. Berikut adalah hal-hal yang penting untuk diperhatikan:

  • Search Appearance → Structured Data. Structured Data adalah struktur data yang dapat dimasukkan ke website untuk membantu Google mengenali isi website. Misalnya bisnis apa yang digeluti oleh website, alamat dan no telepon bisnis. Untuk halaman artikel membantu Google mengenali siapa penulis, kapan ditulisnya dan diupdate, judul artikel dan isi artikel. Anda dapat menggunakan schema.org agar mempermudah Google menganalisa website dan bisnis anda. Karena ini cukup teknis, maka biasanya pebisnis membutuhkan bantuan web developer untuk melakukan update.
  • Search Appearance → HTML improvement. Halaman ini berisi perbaikan-perbaikan yang dapat di lakukan untuk website, dimana umumnya yang terjadi adalah judul atau meta description yang duplikat.
  • Search Traffic → Search Analytics. Di sini bisa dianalisa perkembangan pengunjung dari search engine Google. Yang biasa saya lakukan adalah membandingkan peringkat antara satu periode dengan periode lainnya, misalnya bulan ini dengan bulan lalu. Jika ditemukan peringkat yang turun, dapat dianalisa lebih lanjut apa yang terjadi dan kompetitor-kompetitor kita di ranking atas. Menganalisa kompetitor untuk kata kunci yang sama dengan yang dimiliki website anda adalah sangat penting. Kita bisa belajar banyak dari kompetitor, misalnya struktur halaman dan mendapatkan ide baru untuk membuat artikel di website. Terlebih jika kompetitor kita memiliki statistik website terpasang di websitenya misalnya dari feedjit.com. Dengan menanalisa statistik tersebut, bisa diperkirakan berapa jumlah pengunjung dalam satu bulan dan halaman apa yang banyak di kunjungi, atau kata kunci yang sering dicari pengunjung. Berdasarkan data tersebut, kita bisa mereplikasi apa yang dilakukan kompetitor ke website sendiri. Oleh karena itu jangan pernah menampilkan statistik pengunjung website untuk publik, karena akan membantu kompetitor mengalahkan anda.
  • Search Traffic → Manual Actions. Ketika suatu website memiliki masalah atau melanggar ketentuan dari Google (blackhat SEO) atau melakukan spamming, maka Google akan memberitahu kepada anda di halaman ini beserta langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasinya.
  • Crawl → Crawl Error. Halaman ini sangat penting untuk mengenali halaman-halaman yang error atau tidak dapat diakses. Ketika error website semakin banyak, maka peringkat website akan cenderung turun. Oleh karena itu sangat penting untuk meminimalkan error-error tersebut.
  • Security Issues → Jika website terkena hack, maka akan di beritahukan di halaman ini. Website yang terkena hack tentu saja perlu segera dibersihkan.

Baca Juga:

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

1 Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *