Mencari Peluang Usaha Ketika Hari Demokrasi Tiba

Ketika hari demokrasi tiba tentu saja akan menjadi lahan yang sangat menguntungkan bagi seorang pengusaha, disaat inilah banyak kesempatan untuk berwiraswasta muncul. Setiap tahunnya kita pasti merayakan hari kemerdekaan. Dalam satu bulan penuh akan banyak melakukan berbagai perlombaan untuk memeriahkan kemerdekaan. Selain pada perayaan kemerdekaan peluang usaha juga muncul saat pesta rakyat atau pemilihan umum.

Peluang Usaha

Peluang bisnis apa saja yang bisa dijalankan ketika hari demokrasi tiba, berikut ini beberapa kesempatan usaha tersebut:

Sumber: http://photo.kontan.co.id/

Sumber: http://photo.kontan.co.id/

1. Konveksi

Usaha bisnis konveksi akan sangat menguntungkan pada hari demokrasi, terutama pada saat perayaan kemerdekaan dan musim pemilu. Banyak instansi yang membutuhkan kostum guna memeriahkan HUT kemerdekaan tersebut. Pada musim pemilu usaha ini juga akan menghasilkan banyak keuntungan. Banyak caleg yang membuat baju untuk dibagikan kepada semua pendukungnya. Jauh lebih baik lagi jika bisnis konveksi ini digabung dengan sablon. Keuntungan yang diperoleh akan semakin banyak.

2. Persewaan Perlengkapan Panggung dan Tenda

Pada saat hari demokrasi tiba, khususnya saat hari besar nasional dan pemilu akan banyak acara peringatan yang membutuhkan panggung maupun tenda. Tenda dibutuhkan karena Setiap RT atau RW akan mengadakan acara sendiri untuk memeriahkan acara agustusan. Jika musim pemilu panggung dan tenda sangat diperlukan untuk sarana berkampanye, karena biasanya disertai dengan hiburan.

3. Persewaan Kostum

Kostum dan pakaian merupakan hal yang paling sering dicari pada saat peringatan Hari besar Nasional. Selalu ada pawai dalam peringatan tersebut dengan mengusung berbagai tema, untuk itu kostum sangat dibutuhkan. Dalam pawai dan karnaval tentu saja tema yang digunakan sangat banyak, mulai dari pakaian adat, sragam polisi atau tentara, pakaian modern, bahkan pakaian jaman dahulu. Melihat hal itu persewaan kostum merupakan bisnis yang akan sangat menguntungkan bila hari demokrasi tiba.

4. Percetakan dan Banner

Pada saat pesta rakyat atau pemilu tiba tentu usaha percetakan dan banner merupakan usaha yang ramai. Semua calon mulai dari kepala desa hingga presiden pasti akan membutuhkan banner dalam melakukan kampanye. Pada perayaan hari besar nasional banyak juga instansi pemerintah dan perusahaan swasta yang membutuhkan banner yang dipasang di depan kantornya.

5. Catering

Makanan merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam berbagai perayaan ketika hari demokrasi tiba, baik itu ketika hari besar nasional maupun pada saat pemilihan umum. Pada pemilihan umun mulai dari saat kampanye sampai hari pemilihannya catering sangat diperlukan. Setiap acara pasti ada panitia yang melaksanakannya dan selalu ada konsumsi didalamnya jika membutuhkan waktu seharian.

6. Fotografi

Meskipun sudah banyak yang memiliki ponsel dengan kamera canggih namun pasti tetap membutuhkan fotografer untuk mengabadikan setiap moment spesial pada hari demokrasi. Sebenarnya masih banyak peluang usaha lainnya yang bisa didapat pada saat hari demokrasi, seperti pada perayaan kemerdekaan akan banyak orang yang membutuhkan bendera untuk menghias rumah dan kampung masing-masing.

Tidak hanya bendera macam-macam pernak-pernik agustusan pasti akan diburu banyak orang untuk memenuhi kebutuhan lomba. Meskipun usaha ini merupakan usaha musiman manun jika dilakukan secara konsisten pasti menghasilkan banyak keuntungan. Namun tidak semua usaha diatas hanya ramai pada hari besar saja, misalnya saja peluang usaha konveksi, catering, dan persewaan perlengkapan panggung serta tenda. Setiap tahun ajaran baru usaha konveksi tentu akan dibanjiri banyak pesanan dari berbagai sekolah. Persewaan perlengkapan panggung dan tenda juga banyak diperlukan bila ada yang mengadakan hajatan atau yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *