Mencari Kerja Di Luar Negeri

Bekerja merupakan kebutuhan setiap manusia dalam memenuhi hidupnya karena dengan bekerja. Mereka akan menghasilkan uang yang menjadi alat tukar akan barang-barang primer maupun sekunder. Beberapa orang bahkan menempuh pendidikan tinggi agar mendapatkan pekerjaan yang layak dengan pendapatan yang besar pula untuk menghidupi keluarga mereka.

Di beberapa Negara berkembang lowongan pekerjaan tentunya menjadi kendala tersendiri terlebih bila banyak sarjana telah dihasilkan untuk mengisi lowongan yang tersedia di masyarakat. Persaingan menjadi ketat imbas dari sempitnya lapangan pekerjaan sehingga banyak pula para pencari kerja mencari pekerjaan di Negara lain. Bekerja di luar negeri kerap menjadi pilihan ketika di Negara sendiri tidak ada harapan akan pekerjaan.
cari-kerja
Indonesia sendiri merupakan Negara yang produktif mengirimkan tenaga kerjanya ke luar negeri maka tidak heran sumber devisa terbesar di negeri ini diperoleh dari transaksi TKI yang bekerja diluar negeri seperti sebagai asisten rumah tangga, tenaga pabrik, perawat manula dan lain sebagainya. Menembus perusahaan luar negeri memang tidak bisa dikatakan ringan sebab anda harus menunjukkan kemampuan anda sehingga anda juga memerlukan beberapa hal yang perlu anda siapkan.

Sebelum melamar ke perusahaan yang ingin anda tuju maka coba simak kembali curriculum vitae anda apakah sudah menunjukkan siapa diri anda baik kemampuan softskill dan hardskill anda. CV merupakan buku biografi versi mini diri anda sendiri sehingga berilah detail informasi selengkapnya tentang diri anda. Terkadang ada pula perusahaan yang menggunakan jalur online untuk pelamar yang melamar di perusahaan mereka. Sehingga anda juga perlu mengupdate informasi seperti pada situs linkedln.com bila anda memiliki akunnya dan siapkan pula sertifikat pendukung untuk membuktikan kemampuan yang anda ungkapkan sebelumnya.

Anda juga akan menerima tes yang berupa psikotes maupun small group discussion sehingga anda perlu belajar sebelum mengikuti tes tersebut. Ada pula perusahaan yang menginkan anda mempraktekkan kemampuan anda maka ada baiknya anda membuka rangkuman anda selama masa belajar dahulu. Siapkan pula kemampuan berbahasa seperti bahasa inggris yang menjadi bahasa internasional dan berilah perhatian pada penampilan anda. Kenakan pakaian yang sesuai dan datanglah tepat waktu saat mengikuti tes.

Pekerjaan yang bisa anda lamar di luar negeri beragam macamnya seperti asisten rumah tangga, perawat dan kontraktor yang lebih mengutamakan kemampuan ketimbang pendidikan yang tinggi. Untuk jenis pekerjaan professional tentunya memerlukan latar belakang yang tinggi pula seperti tingkat sarjana atau master contohnya saja untuk jenis pekerjaan akuntan, engineering, desain grafis, dokter dan lain sebagainya. Penguasaan bahasa selain bahasa inggris bilamana Negara tersebut memiliki bahasa nasional lain tentunya sangat membantu penampilan anda didepan HRD department.

Anda bisa menggunakan agen penyalur tenaga kerja seperti PJTKI atau mencari lowongan pekerjaan di luar negeri melalui website lowongan kerja dan beberapa website freelancer lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh website freelancer yang dapat anda coba odesk.com, freelancer.com, upwork.com,microworkers.com dan masih banyak website lainnya yang memang bisa menyediakan lapangan kerja freelance yang bisa anda kerjakan di rumah. Pekerjaan jenis ini meliputi content writer, penerjemah hingga pembuat website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *