Menakar Keuntungan dan Kerugian Investasi Sewa Rumah

Pada artikel lain dalam website ini anda akan mengenal bagaimana tips investasi rumah menggunakan KPR, bagaimana perbandingan investasi rumah dan tanah, dan sebagainya. Kali ini kami akan khusus membagikan kepada anda kelebihan dan kekurangan investasi sewa rumah. Rumah yang disewakan adalah salah satu bentuk upaya investasi, selain dijual, dijadikan kos-kosan, atau dijadikan rumah-toko (ruko) (baca juga: 10 Tips Investasi Properti). Bagi anda yang akan menyewakan rumah anda, anda perlu menakar terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan yang ada.

.: Kelebihan

Rumah kontrakan masih diminati

Seiring meningkatnya perekonomian kelas menengah yang diisi oleh orang-orang berusia muda, muncul juga kesadaran untuk mandiri ketika sudah memasuki kehidupan pernikahan dan membentuk keluarga kecil. Namun seringkali pasangan muda belum memiliki dana cukup untuk membeli sebuah rumah. Maka menyewa rumah adalah pilihan paling baik. Minat untuk menyewa rumah di kalangan penduduk kota cenderung masih tinggi, terutama bila rumah anda dekat dengan ruang-ruang publik yang vital seperti pusat belanja, perkantoran, terminal atau tempat mengakses angkutan umum, rumah sakit, dan sebagainya.

Harga sewa meningkat tiap tahun

Baca Juga:

Seiring meningkatnya harga pasaran rumah, harga sewa rumah anda juga sebenarnya meningkat. Berbagai sumber menyarankan harga sewa rumah anda tidak kurang dari 5% dari harga jual rumah anda. Jadi jika rumah anda, misalnya, dijual seharga Rp500 juta, maka harga sewa yang pantas adalah Rp25 juta tiap tahunnya. Ketika harga rumah meningkat tiap tahunnya, maka harga sewa juga diharapkan akan meningkat. Peningkatan harga rumah ini diprediksi sebesar 10%-15% tiap tahunnya. Namun ini bukan hitungan yang pasti, semua tergantung pada lokasi, kondisi rumah, dan perencanaan daerah di sana.

Capital gain yang relatif tinggi

Capital gain adalah keuntungan yang anda dapat dari investasi yang anda tanamkan. Ketika anda menginvestasikan rumah, anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar bila dibandingkan dengan jenis investasi properti yang lain, misalnya tanah. Tanah kosong, misalnya, tidak memiliki manfaat langsung, atau hanya bisa dimanfaatkan secara terbatas untuk mendapatkan capital gain yang anda harapkan. Sedangkan ketika anda menginvestasikan rumah, anda bisa memiliki manfaat langsung yang lebih banyak sehingga bisa menghasilkan capital gain yang lebih besar.

Perawatan bisa dibebankan kepada penyewa

Untuk perawatan rumah, anda bisa membebankan kepada penyewa. Tentu perawatan yang dimaksud adalah perawatan yang ringan-ringan saja seperti taman, tanaman, dan sebagainya. Pemilik tentu saja membutuhkan tempat tinggal yang baik dan bisa digunakan dengan sebagaimana mestinya. Agar tetap dapat digunakan, tentu harus ada perawatan-perawatan kecil yang bisa mereka lakukan sendiri sebagai penyewa. Namun ketentuan ini tentu harus disepakati di awal kontrak supaya tidak terjadi perselisihan karena pihak yang satu dianggap melanggar kesepakatan oleh pihak yang lain.

Dapat digunakan sebagai agunan

Investasi rumah relatif menguntungkan bila dibandingkan dengan investasi tanah, misalnya, karena rumah bisa digunakan sebagai agunan. Untuk mengembangkan usaha anda, dalam bidang apapun, anda suatu saat akan membutuhkan pinjaman dari pihak bank dalam jumlah yang relatif besar. Rumah anda yang disewakan itu, selain bisa mendatangkan pemasukan pasif bagi anda, juga bisa dijadikan agunan pinjaman.
Jadi pada dasarnya memang setiap investasi haruslah menguntungkan, termasuk investasi rumah sewa. Namun kita juga harus melihat, definisi menguntungkan itu juga bisa terlihat ketika kita membandingkan dengan jenis investasi lain yang sepadan. Lalu, apa yang bisa kita pahami dari kekurangan investasi sewa rumah?

.: Kekurangan

Ada risiko tidak terawat

Tentang perawatan rumah adalah hal yang bisa dipandang sebagai kelebihan atau kekurangan. Risiko yang bisa saja terjadi adalah anda mendapatkan penyewa rumah yang tidak bertanggungjawab terhadap rumah yang mereka sewa. Barangkali hal ini berkaitan dengan tidak adanya rasa memiliki yang melekat pada penyewa, sehingga mereka seakan lepas tangan untuk masalah perawatan rumah dalam hal sekecil apapun. Hal terburuk yang terjadi adalah mereka meninggalkan rumah anda dalam kondisi buruk ataupun rusak. Hal ini dapat diatasi dengan selektif dalam memilih calon penyewa, serta dibuat aturan atau kesepakatan terlebih dahulu di awal sebelum kontrak ditandatangani supaya tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Capital rate relatif rendah

Capital rate adalah penghasilan bersih yang dapat diterima dari sebuah aset dan biayanya. Mengapa relatif rendah? Sebab harga sewa rumah kontrakan sudah ditentukan sejak awal perjanjian dan tidak ada biaya tambahan lainnya dari anda sebagai pemilik rumah. Berbagai sumber menyebutkan bahwa capital rate rumah sewa rata-rata sebesar 3%-5%. Bila dibandingkan dengan properti lain seperti kios dan ruko, capital rate tersebut lebih rendah karena biasanya kios dan ruko memiliki bangunan yang lebih luas dari luas tanahnya.

Jangka waktu sewa pendek

Jangka waktu rumah sewa ini relatif pendek bila dibandingkan dengan jenis investasi properti yang lainnya. Rata-rata yang ditemui untuk sewa rumah ini adalah satu tahun hingga dua tahun. Namun demikian, tetap ada penyewa rumah yang selalu mengajukan perpanjangan sewa hingga beberapa tahun kemudian. Bila dibandingkan dengan ruko, kios, ataupun tanah, jangka waktu mereka bisa lebih panjang karena biasanya digunakan untuk membuka usaha. Misalnya, ruko disewa untuk dibuka toko sepeda, butuh waktu beberapa tahun barangkali bagi calon konsumen untuk memandang toko tersebut sebagai tujuan ketika membutuhkan bagian-bagian sepeda. Ada proses pengenalan brand yang harus dipertimbangkan ketika menyewa ruko, dan ini tidak ditemukan pada rumah yang disewakan.

Berisiko digunakan untuk hal-hal negatif

Berbagai berita yang muncul di media menyebutkan bahwa rumah kontrakan seringkali digunakan sebagai tempat untuk menjalankan usaha-usaha yang bertentangan dengan norma dan hukum. Misalnya, di sekitar Jakarta banyak ditemukan tempat produksi obat-obatan berbahaya yang dilakukan di rumah kontrakan. Atau bahkan banyak juga ditemukan rumah kontrakan yang berada di sekitar kampus, disewa bersama-sama oleh sekelompok mahasiswa untuk menempati beberapa kamar di sana. Karena aturan yang ada cenderung bebas, rumah kontrakan seringkali digunakan sebagai tempat untuk melakukan seks bebas yang merisaukan warga sekitar. Anda sebagai pemilik rumah mau tidak mau akan turut terkena teguran oleh warga sekitar karena bagaimanapun juga aktivitas tersebut dilakukan di dalam aset anda. Solusinya, sama seperti sebelumya, kenali baik-baik calon penyewa rumah anda, lalu buatlah semacam perjanjian atau kesepakatan mengenai hal-hal yang dilarang dilakukan di dalam rumah anda. Hal ini semata-mata dilakukan untuk menjaga keharmonisan dengan warga sekitar.

Nah, itu tadi beberapa pertimbangan kelebihan dan kekurangan investasi sewa rumah yang dapat anda jadikan untuk menakar seberapa menguntungkannya investasi jenis ini. Pada prinsipnya investasi rumah adalah investasi jangka menengah hingga panjang, oleh sebab itu perlu dipertimbangkan juga tujuan investasi anda. Apakah ini untuk jangka panjang ataukah jangka pendek saja? Yang jelas beberapa pakar menyebutkan tahun 2015 ini investasi properti masih menjadi ladang emas yang luar biasa untuk anda manfaatkan. Selamat menimbang dan merencanakan investasi anda.