Memulai Bisnis Tour & Travel

Jika Anda pernah atau sering bepergian ke luar kota atau bahkan ke luar negeri baik untuk urusan bisnis, vacation atau urusan keluarga, maka Anda sering merasakan produk berupa jasa ini. Dan tiba-tiba Anda tertarik untuk membuka bisnis tour & travel ini. Selain untuk memenuhi kebutuhan pribadi, atau pun betul-betul tertarik dan serius ingin membuka bisnis tersebut karena selain memiliki modal yang cukup, Anda juga merasa telah menguasai bisnis ini dan memandang bahwa bisnis ini akan bisa Anda kuasai nantinya.

Tour & travel agensi menjual produk dan jasa yang berhubungan dengan kebutuhan-kebutuhan dalam bepergian. Seperti misalnya, selain tiket pesawat, Anda juga bisa menjual paket-paket tur yang menarik bagi wisatawan, penyedia sewa mobil/kapal laut, hotel dan produk-produk yang mendukung lainnya sehingga bisa menarik lebih banyak pelanggan dengan berbagai kebutuhan. Dan berikut ini adalah beberapa tips penting sebelum Anda memulai bisnis tur & travel.

Pertama-tama, Anda harus menentukan jenis bisnis tur&travel seperti apa yang akan Anda bangun. Jika kebetulan Anda memiliki modal yang cukup besar, maka Anda disarankan menjadi member Persatuan Bandar Udara Internasional agar Anda bisa mengeluarkan tiket pesawat sendiri. Meskipun memang masih memungkinkan bagi Anda bila tidak menjadi member dengan Asosiasi tersebut tetapi masih bisa mengeluarkan tiket bagi konsumennya.

Daftarkan bisnis Anda. Anda bisa menamai bisnis Anda dengan merk dan dikemas dengan semenarik mungkin karena itu akan mendatangkan kesan pertama yang baik bagi pelanggan, setelah itu segera daftarkan bisnis anda ke dinas-dinas terkait agar tidak bertabrakan ketika bisnis telah berjalan di kemudian hari. Biasanya, bisnis tur & travel ini tentu saja berhubungan dengan Departemen Pariwisata. Mintalah keterangan dari dinas tersebut sejelas-jelasnya dan biasanya dinas pemerintahan terkait menyediakan pelatihan bagi pebisnis yang berhubungan dengan pariwisata, ikutilah pelatihan tersebut dan pelatihan-pelatihan lain hingga Anda merasa telah menguasainya, karena dengan lebih banyak referensi, lebih baik bagi bisnis Anda.

Carilah lokasi bisnis yang strategis yang tentu saja mudah dijangkau oleh konsumen. Dan lengkapilah dengan desain dan tata ruang gedung Anda dengan menarik serta sesuai filosofi perusahaan. Jangan lupa juga pelayanan yang sangat baik diberikan kepada konsumen. Karena tak ada yang lebih baik daripada hiasan senyum tulus dari para karyawan Anda.

Jangan lewatkan pula pelayanan yang efektif dan efisien yang bisa ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen. Hal tersebut bisa dilaksanakan dengan membeli peralatan yang dibutuhkan perusahaan seperti komputer beserta koneksi internet yang koneksinya bisa diandalkan, serta pelayanan-pelayanan canggih yang diperlukan dan dipercaya akan mempercepat dan mengefektifkan pelayanan yang diberikan. Dengan begitu, konsumen pun akan puas dan segan akan profesionalisme yang ditawarkan perusahaan. Karena percayalah, dengan pelayanan yang memuaskan, maka konsumenpun tidak akan merasa rugi jika mereka harus menyebar luaskan kebaikan perusahaan Anda dan nama perusahaan Anda akan besar karena itu.

Buatlah sebuah produk unggulan yang biasanya disukai masyarakat. Biasanya, produk tersebut adalah misalnya berupa paket wisata dengan lokasi favorit tetapi dengan harga yang murah. Pikirkan oleh Anda, bagaimana caranya mendapat paket unggulan tersebut. Misalnya anda bisa menggambarkannya lewat paket yang lokasinya dekat dengan lokasi Anda atau bisa sedikit melakukan survey terhadap lokasi favorit dan hitung sendiri perkiraan harganya atau juga, dengan jalan pintas yakni dengan melihat beberapa paket-paket yang telah disediakan oleh perusahaan lain dan buat sedikit perbedaan dengan paket yang akan Anda tawarkan.

Latihlah karyawan Anda dengan baik. Seperti hingga karyawan memiliki pengetahuan luas tentang dunia pariwisata dan dapat membuat konsumen terpacu untuk benar-benar melakukan transaksi di perusahan Anda. Atau juga mengenai pengetahuan teknis tentang pelayanan yang harus benar-benar tidak menimbulkan kesalahan fatal seperti salah mencetak tanggal yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen, salah mencetak nomor/nama hotel, salah mencetak jadwal pesawat, dll. Hal tersebut tentu saja akan menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi perusahaan. Sehingga, pelatihan karyawan tersebut juga diharapkan dapat membuat karyawan lebih telaten.

Bergabunglah dengan asosiasi yang mewadahi para pebisnis tur & travel. Selain Anda akan mendapat rekan bisnis, asosiasi seperti ini juga biasanya melindungi antar pengusaha dengan pengusaha yang lain, misalnya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dengan mengikuti asosiasi ini, Anda bisa sharing tentang masalah yang Anda hadapi dan asosiasi beserta anggota lainnya biasanya membatu sebisa mungkin. Selain masalah, tentu saja anggota asosiasi akan sharing masalah-masalah penting yang berhubungan dengan bisnis misalnya tips mendatangkan konsumen, tips mencari bahan baku produk yang murah, dlsb.

Jangan lupa promosikan produk anda. Dengan zaman yang canggih ini, akan lebih mudah jika mengikut sertakan sarana internet di dalamnya selain menggunakan media televisi, media cetak dan media lainnya. Lakukan promosi dengan sebaik-baiknya, bahkan jika perlu keluarkan modal yang besar untuk berpromosi tetapi tetap, gunakan itu seefektif dan seefisien mungkin hingga sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *