Mempersiapkan Dana Pensiun

Meskipun seseorang masih berusia muda, tetapi hampir semua orang tersebut juga memiliki perasaan yang sama tentang jaminan di hari tua nanti. Maka dari itu, hampir semua orang bekerja keras sejak dini dari mulai bersekolah hingga mendapat pekerjaan yang dapat menjamin hari tuanya nanti. Menjamin hari-hari dimana tidak bisa lagi bergantung pada anak dan cucu dengan kehidupan mereka masing-masing. Terbersit dalam hati dan pikiran untuk menyiapkan dana pensiun sejak dini namun Anda bingung sendiri menentukan persiapan dana pensiun itu sendiri.

Jika Anda bekerja pada perusahaan dengan memiliki fasilitas berupa tunjangan untuk hari tua, tentu Anda beruntung. Tetapi bagaimana dengan Anda yang tidak mendapat fasilitas tersebut? Berikut tips tentang bagaimana cara mempersiapkan dana pensiun yang mungkin akan membantu Anda. Baik bagi Anda yang tidak mendapat tunangan hari tua dari perusahaan maupun Anda yang telah memiliki fasilitas tunjangan tersebut tetapi tetap ingin mempersiapkan dana tersebut.

Menabung. Tentu saja hal tersebut sangat populer dan memiliki sistem paling gampang dibanding sistem lainnya. Anda hanya harus menyimpan sejumlah uang. Ada baiknya tetapkan dari awal berapa jumlah yang akan Anda setorkan tiap bulannya sesuai dengan target yang ingin Anda peroleh ketika waktu pensiun Anda tiba. Pada awalnya memang lebih baik Anda menabung semampu Anda tetapi, jika keuangan Anda telah stabil, tentukanlah jumlah setoran tabungan yang sesuai dengan target yang ingin Anda capai. Tipsnya adalah, Anda dapat membuat rekening terpisah untuk tabungan dana pensiun Anda ini hingga tidak akan tercampur dengan dana-dana lain yang hanya akan membingungkan Anda.

Jika menurut Anda menabung masih sangat rentan untuk Anda dapat mengambil uang tersebut kapan saja, dan tidak akan terkumpul hingga waktunya tiba, lebih baik Anda pilih alternatif lain seperti menggunakan jasa asuransi yang menyediakan program berupa dana pensiun. Prosedurnya, setiap peserta dana pensiun menyetorkan sejumlah uang secara berkala yang kemudian dikelola perusahaan dana pensiun agar dapat memperoleh hasil sesuai program yang ditawarkan. Bagaimana supaya tidak salah pilih?

  • Kenali profil perusahaan yang menawarkan program demi keamanan Anda sendiri. Karena umumnya dana pensiun dipersiapkan untuk jangka waktu yang lama, yaitu 20-30 tahun. Anda tidak ingin uang Anda jatuh ke pihak yang salah kan?
  • Teliti dan tanyakan kemana dana yang Anda setor akan dialokasikan. Lebih baik pilih yang bersifat agresif seperti saham karena dapat bertahan jangka waktu lama sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Hitung jumlah dana pensiun yang ingin dicapai sehingga Anda dapat berapa nilai setoran berkala yang harus Anda sisihkan.

Dengan mengasuransikan uang Anda, tentu Anda juga akan merasa bahwa setoran untuk pensiun merupakan kewajiban bagi Anda dan Anda tidak bisa mengambilnya kapan saja, karena uang Anda ada pada perusahaan asuransi. Selain itu, jika pembayaran asuransi tersebut lancar dan sesuai rencana makan akan mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda sesuai dengan janji yang asuransi yang Anda ikuti sebelumnya.

Selain menabungkan uang Anda dan juga mengikuti asuransi, Anda juga bisa menginvestasikan uang Anda kedalam bentuk sebuah usaha yang jika dikelola nantinya oleh orang-orang yang telah berusia tidak akan terlalu merepotkan. Pilih usaha-usaha yang tidak terlalu memberatkan beban fisik maupun pikiran. Anda bisa saja memilih usaha ternak/bertani dimana Anda hanya akan menjadi pengelolanya. Atau memilih bisnis kontrakan yang tugasnya hanya mengurus beberapa keperluan kontrakan jika memang diperlukan dan menagih uang bulanan dari para pelanggan.

Poinnya adalah, pilih persiapan dana pensiun yang menurut Anda paling cocok dengan Anda dan persiapkan sebaik mungkin demi masa depan hari tua Anda.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *