Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak – Pendidikan anak adalah salah satu fokus utama dari setiap orang tua di dunia. Tidak peduli anda tinggal di negara mana, masa depan anak tidak bisa disepelekan. Namun, di sisi lain kita juga tidak bisa menutup mata bahwa masih ada beberapa orang tua yang menyepelekan kebutuhan pendidikan bagi anak.

Salah satu faktor utama yang membuat orang tua menyepelekan pendidikan anak adalah faktor lingkungan dan juga finansial. Seperti yang kita ketahui bahwa biaya pendidikan tidaklah murah, apalagi jika semakin tinggi jenjang pendidikan yang akan ditempuh maka akan semakin mahal pula biayanya.

Kepedulian Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak

mempersiapkan biaya pendidikan anak

Sumber: www.pexels.com

Pola pemikiran anda dan orang lain tentu tidak sama. Ada begitu banyak faktor yang bisa mempengaruhi pemikiran seseorang terhadap pentingnya pendidikan. Di Indonesia sendiri, saat ini sudah semakin banyak orang tua yang mulai fokus dan peduli tentang pendidikan anak. Mereka beranggapan bahwa anak haruslah mencapai posisi atau memiliki kehidupan yang lebih baik dari orang tuanya. Anggapan seperti ini membuat para orang tua berusaha keras dalam memenuhi tugasnya untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya.

Baca Juga:

Sayangnya selalu ada sisi positif dan negatif di dunia ini termasuk juga para orang tua. Selain orang tua yang peduli dengan pendidikan, ada juga orang tua yang merasa anaknya tidak perlu sekolah tinggi-tinggi. Orang tua yang masuk tipe kedua ini biasanya lebih sulit untuk diberikan masukan tentang pentingnya pendidikan bagi anak. Terlepas dari hal ini, orang tua yang masuk dalam tipe kedua ini sebenarnya memiliki pemikiran agar anaknya juga bahagia terlepas dari mereka bisa sekolah atau tidak. Hal ini karena mereka terlalu terfokus pada mahalnya biaya pendidikan saat ini.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya pendidikan di Indonesia setiap tahunnya selalu naik (sekitar 15%). Nah, kondisi ini memang tidak bisa dihindari dan cukup menjadi beban bagi orang tua khususnya yang memiliki kondisi finansial kurang stabil. Untuk itulah, kali ini kita ada di sini untuk membahas mengenai cara dan tips mempersiapkan biaya pendidikan anak. Pembahasan ini penting untuk siapapun anda yang memiliki peran sebagai orang tua. Terlepas dari mahalnya biaya pendidikan, anda harus tetap ingat bahwa pendidikan bisa membuat hidup anda, anak dan juga keluarga anda secara keseluruhan menjadi lebih baik lagi.

Tips dan Cara Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

Sekali lagi, untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak, anda jelas membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain memberikan semangat anak untuk terus belajar demi meraih prestasi, anda tentu harus mendukung mereka secara finansial. Memang saat ini ada banyak sekali bantuan atau beasiswa dari pihak swasta atau pemerintah yang bisa dimanfaatkan untuk membantu pendidikan anak. Namun, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak lebih awal bukan?

Nah, bagi anda yang memang memiliki rencana untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak sejak dini, berikut ini ada beberapa tips dan cara yang bisa anda ikuti. Simak ulasan berikut ini ya..

  1. Tips dan Cara Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak – Estimasi Waktu Anak Masuk Sekolah

Secara umum estimasi waktu anak masuk sekolah disesuaikan dengan usia anak. Misalkan saja untuk anak yang masih belum sekolah alias balita maka anda sebagai orang tua masih memiliki waktu yang banyak untuk menyiapkan biaya pendidikan. Ada cukup banyak strategi menyisihkan uang uang bisa anda lakukan sebelum anak memasuki usia sekolah. Namun, perlu anda ingat bahwa meskipun waktunya cukup lama tapi biaya sekolah tiap tahun selalu meningkat (estimasi 15% per tahun). Jadi saat melakukan simpanan sebaiknya anda memperhitungkan peningkatan ini.

Kemudian untuk anak yang sudah bersekolah, ada beberapa estimasi waktu yang harus anda perhatikan. Misalkan anak yang masih SD, SMP, atau SMA ada dua hal yang harus anda ingat yaitu:

  • Biaya Bulanan

Biaya bulanan di sini termasuk biaya SPP, buku dan lain sebagainya yang pengeluarannya pasti tiap bulan. Anda harus mengestimasikan berapa total biaya bulanan sekolah anak hingga lulus nanti.

  • Biaya Masuk Sekolah

Nah, biaya kedua adalah biaya masuk sekolah. Biaya ini biasanya akan dirasakan saat anak masuk ke SMP, SMA dan juga Universitas. Di awal pendaftaran tentu anda akan dibebankan biaya-biaya dengan nominal cukup besar seperti uang gedung.

  1. Tips dan Cara Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak – Lakukan Pengecekan Biaya Masuk Sekolah

Setelah ataupun sebelum melakukan saving anda bisa mencoba untuk melakukan pengecekan biaya sekolah anak. Pengecekan ini berfungsi untuk membantu anda dalam mengestimasikan biaya yang dibutuhkan. Untuk melakukan pengecekan, anda bisa langsung datang ke sekolah, mencari lewat internet ataupun bertanya pada keluarga, saudara ataupun rekan yang sudah berpengalaman.

Saat melakukan pengecekan ini, anda tidak harus terpaku dengan jumlah yang anda dengar. Sebaliknya simpan dan catat besaran masing-masing biaya untuk referensi ke depan nantinya, mengingat biaya sekolah tiap tahun memang berubah cenderung meningkat.

Pengecekan biaya sekolah ini juga tidak harus dilakukan di satu sekolah saja. Sebaiknya anda melakukan pengecekan di beberapa sekolah untuk mendapat informasi lebih lengkap.

  1. Tips dan Cara Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak – Estimasi Biaya Keperluan Sekolah

Selain biaya masuk dan juga biaya bulanan, faktanya anak sekolah juga memiliki biaya keperluan sekolah. Biaya ini meliputi biaya buku, seragam, perlengkapan sekolah/belajar, uang saku, study tour atau wisata hingga biaya les yang mungkin dibutuhkan nanti.

Beberapa orang tua nyatanya ada yang menyepelekan alokasi biaya keperluan sekolah dan hanya fokus pada biaya masuk atau biaya utama saja, mengingat biaya keperluan sekolah biasanya memang ada di kisaran angka yang lebih kecil jika dibandingkan dengan biaya masuk sekolah. Tapi anda harus menyadari bahwa biaya-biaya kecil ini akan menjadi besar bila disatukan dalam satu pos.

Tidak mengestimasikan biaya keperluan sekolah ini jelas membuat kegiatan anda dalam menyiapkan biaya pendidikan anak terganggu. Karena itu salah satu tips dari kami adalah anda juga harus fokus pada estimasi biaya keperluan sekolah agar ke depannya anda tidak kesulitan dalam membayar setiap kebutuhan sekolah anak anda.

  1. Tips dan Cara Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak – Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan bisa dibilang sebagai salah satu cara yang populer dalam mempersiapkan biaya pendidikan anak. Jenis tabungan ini dinilai cukup sukses dan sangat membantu dalam pembiayaan pendidikan buah hati. Anda bisa mendaftarkan diri di bank swasta atau bank pemerintah yang memiliki fasilitas ini. Untuk masalah besarnya dana yang disetor tentu sesuai dengan kesepakatan antara anda dan juga pihak bank.

Jika anda memiliki akun di bank tersebut, maka biasanya pihak bank akan langsung memotong setoran dari dana simpanan anda setiap bulannya. Selain berfungsi sebagai simpanan, tabungan pendidikan yang bersifat jangka panjang ini juga bisa memberikan manfaat asuransi terhadap anak lho.

  1. Tips dan Cara Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak – Mengajukan KTA

Pengajuan KTA bisa menjadi pilihan paling akhir untuk anda yang mungkin memang belum mempersiapkan biaya pendidikan anak sama sekali. Misalkan anda membutuhkan dana cepat untuk membayar biaya masuk sekolah maka anda bisa mengajukan KTA.

Namun, perlu anda ingat saat mengajukan pinjaman KTA anda harus menyesuaikan nominalnya dengan kebutuhan pendidikan anak. Jangan sekali-kali mencoba untuk meminjam dana lebih besar karena ini akan menjadi kebiasaan buruk nantinya dan anda bisa kesulitan dalam membayar cicilannya. Sebisa mungkin jangan meminjam lebih dari 1 kali karena akan lebih baik jika anda memulai persiapan dana sendiri setelahnya.

  1. Tips dan Cara Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak – Investasi Bisa Membantu

Meskipun tidak semua orang menganggap investasi pendidikan penting karena mayoritas orang lebih fokus pada tabungan. Tapi faktanya investasi adalah sebuah cara yang sangat baik untuk mengembangkan dana yang anda miliki. Berbeda dengan tabungan yang bunganya tidak seberapa, maka investasi lebih cenderung memberikan kesempatan bagi anda sebagai investor untuk menyesuaikan keuntungan yang diinginkan dengan jenis investasi yang ada.

Pilihan untuk berinvestasi lebih awal bisa menjadi jalan untuk anda yang mencari solusi biaya pendidikan anak. Reksadana adalah pilihan aman bagi anda yang masih awam dalam dunia investasi. Dengan reksadana, anda sudah bisa berinvestasi mulai dengan dana Rp. 100.000 perbulannya.

Selaras dengan program pemerintah yaitu keluarga berencana dua anak cukup, sebenarnya salah satu cara utama dalam mempersiapkan biaya pendidikan anak adalah dengan membatasi jumlah anak. Anda tentu tahu bahwa biaya pendidikan akan selalu naik dan semakin banyak anak yang anda miliki maka semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan.

Anda harus tahu bahwa, anda memiliki tanggung jawab penuh terhadap kehidupan anak-anak anda termasuk dalam hal pendidikan. Karena itu, batasi jumlah anak jika memang anda memiliki kondisi finansial yang kurang stabil.

Kesalahan Dalam Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

Selain tips dan cara mempersiapkan biaya pendidikan anak, faktanya anda juga harus mengetahui tentang beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan saat mempersiapkan biaya ini. Kesalahan-kesalahan yang muncul ini bisa dilakukan dengan sengaja ataupun tidak sengaja. Dengan informasi tambahan mengenai hal ini, kami harap anda bisa lebih siap dalam mempersiapkan biaya pendidikan anak anda.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang biasa terjadi:

  1. Tidak Memiliki Perencanaan

Rencana adalah salah satu faktor utama dalam mempersiapkan biaya pendidikan anak. Tanpa perencanaan yang matang maka anda bisa saja kewalahan dalam memenuhi tanggung jawab anda untuk memberikan pendidikan yang layak bagi anak. Rencana yang jelas dalam mempersiapkan biaya pendidikan akan memberikan anda gambaran tentang berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan.

  1. Terlambat Dalam Memulai

Memang lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Tapi faktanya, terlambat memulai persiapan bisa berakibat fatal lho. Biaya pendidikan yang naik setiap tahun dan juga inflasi bisa ikut mempengaruhi harga apapun termasuk perlengkapan sekolah serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pendidikan anak.

Menunda adalah salah satu kebiasaan buruk manusia yang cukup sulit untuk dihilangkan. Dalam hal ini, menunda untuk memulai mempersiapkan biaya pendidikan anak bisa berakibat fatal lho. Ingat, berdasarkan pengalaman 80% hal yang diawali dengan menunda akan berakhir dengan kegagalan. Anda tentu tidak ingin gagal dalam memberikan pendidikan yang layak bagi anak anda kan?

  1. Mengabaikan Inflasi atau Kenaikan Harga

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, inflasi atau kenaikan harga akan selalu muncul setiap tahun. Biaya pendidikan tahun ini dan 5 tahun yang akan datang tentu berbeda. Banyak orang tua yang menyepelekan hal ini dan akhirnya kewalahan dalam membayar biaya pendidikan anak.

Pada dasarnya para orang tua tidak sepenuhnya berniat untuk mengabaikan inflasi atau kenaikan harga yang terjadi. Lebih dari itu kadang-kadang mereka kurang memahami tentang inflasi dan kenaikan harga dalam bidang pendidikan. Kurangnya sarana dan pengetahuan ini jelas membuat orang tua lebih sulit dalam mempersiapkan biaya pendidikan anak. Untuk itu, anda bisa menghubungi layanan perencanaan keuangan agar bisa lebih mudah dalam merencanakan, mengestimasi dan juga mempersiapkan biaya pendidikan anak anda.

  1. Salah Estimasi Waktu

Salah mengestimasikan waktu dalam perencanaan pendidikan anak bisa berakibat fatal lho. Sebagai orang tua terkadang anda merasa lengah soal estimasi waktu dan tidak memperkirakannya dengan benar. Padahal dengan menentukan estimasi waktu dan biaya yang dibutuhkan dengan tepat bisa membuat persiapan biaya pendidikan anak lebih lancar.

Pada dasarnya jika buah hati anda masih batita atau masih berusia kurang dari 1 tahun, ada baiknya untuk memulai mengestimasikan waktu dan biaya pendidikan yang dibutuhkan. Misalkan saja untuk jenjang pendidikan yang pertama yaitu PG (Playgroup) dan TK, yang dimulai 1-3 tahun dari sekarang tergantung usia anak anda. Anda bisa mulai mempersiapkan biaya pendidikannya dengan investasi jangka menengah.

Berbeda lagi untuk jenjang Sekolah Dasar yang akan dimulai saat anak berusia 7 tahun. Anda bisa menggunakan investasi jangka menengah dan jangka panjang untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak masuk SD. Kemudian untuk jenjang SMP, SMA dan Universitas, anda bisa menerapkan strategi investasi jangka panjang karena estimasi waktunya cukup lama yaitu sekitar 12-18 tahun.

  1. Menabung atau Investasi Terlalu Sedikit

Faktanya tabungan atau investasi yang anda lakukan demi mempersiapkan dana pendidikan anak bisa saja gagal hanya karena nominal yang terlalu sedikit. Memang sebenarnya tidak ada keharusan tentang berapa jumlah tabungan atau investasi yang harus anda lakukan. Tapi setidaknya perhitungkan dengan matang, setidaknya jikapun saat anak mulai sekolah nanti, anda tidak harus menutupi kekurangan dana dengan jumlah yang terlalu banyak.

  1. Tidak Merencanakan Investasi

Investasi menjadi salah satu cara utama dari para orang tua untuk bisa memenuhi kebutuhan untuk biaya pendidikan anak. Berbagai jenis investasi tersedia saat ini dan anda tinggal memilih investasi mana yang sesuai. Faktanya, apakah anda tahu bahwa anda sebenarnya tidak boleh sembarangan berinvestasi atau berinvestasi tanpa rencana.

Misalkan investasi saham, reksadana, forex dan emas. Keempatnya memiliki nilai ROI, likuiditas dan juga sistem  yang tidak sama. Sebelum anda termakan iklan-iklan dari para broker dan kawan-kawan, sebaiknya anda mencari tahu dulu spesifikasi lengkap dari setiap jenis investasi yang ada. Pengetahuan ini penting untuk bisa mengestimasikan berapa keuntungan yang bisa anda peroleh dalam jangka waktu tertentu. Anda juga bisa dengan mudah menyesuaikan investasi dengan jumlah modal atau dana yang anda miliki.

Nah, semoga beberapa tips, cara dan juga ulasan di atas bisa bermanfaat dalam kegiatan anda mempersiapkan biaya pendidikan anak ya. Ingat bahwa pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia.

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *