Memilih Web Hosting Yang Baik

Anda pengguna blog dan sering memposting pengalaman atau ilmu dalam blog anda? Blog anda juga banyak dikunjungi oleh netizen? Atau mungkin anda berniat untuk membangun blog maupun website untuk keperluan bisnis? Bila iya maka pastinya anda juga mengenal istilah web hosting. Web hosting ialah jasa layanan penyewaan server untuk keperluan web server dan mail server sehingga file atau data anda yang berupa tulisan, script, gambar, aplikasi dan lainnya dapat tersimpan di internet dengan aman.

Web Hosting

Web hosting sendiri ada yang berbayar dan ada pula yang gratis seperti blogger.com atau wordpress.com. Perbedaan antara web hosting berbayar dengan web hosting gratis terletak pada fasilitas,TOS dan bagaimana membangun reputasi web yang lebih handal dan professional ketimbang web hosting yang gratis. Tak heran bila peminat web hosting berbayar terus meningkat setiap tahunnya dan mulai muncul pula penyedia web hosting dengan beragam penawaran mereka.

Sumber: http://www.jokosusilo.com/

Sumber: http://www.jokosusilo.com/

Bagi anda yang masih tergolong baru dalam menggunakan jasa web hosting ini tentunya menginginkan jasa penyedia web hosting yang professional sehingga website anda mampu bekerja maksimal. Berikut tips dan trik yang bisa anda jadikan referensi dalam memilih web hosting yang baik :

a. Tentukan Kebutuhan Anda

Dalam memilih web hosting yang baik tentunya juga perlu dipertimbangkan dahulu kebutuhan dan keuangan anda. Harga dari web hosting tentu saja beragam sehingga anda perlu menyesuaikan dengan budget yang anda miliki.

b. Jangan Lupakan Storage Dan Bandwidth

Selain itu anda juga perlu melihat ruang penyimpanan dan bandwidth yang disediakan oleh pihak penyedia web hosting. Anda tentu telah memikirkan berapa kapasitas penyimpanan data yang anda butuhkan untuk website atau blog anda. Disarankan untuk memilih untuk paket penyimpanan dan bandwidth yang bisa diupgrade sehingga bila suatu saat website ataupun blog anda mengalami trafik maka sistem masih bisa bekerja secara optimal.

c. Lihatlah Dukungan Scriptnya

Jangan lupa pula untuk mengecek dukungan script yang disediakan seperti bila menggunakan wordpress untuk CMS pada website yang akan anda gunakan maka gunakan support pada script wordpress CMS. Biasanya beberapa penyedia web hosting akan menawarkan built – in paket script lengkap dengan isntalasi platform blogging. Beberapa host juga ada yang membatasi jumlah database MySQL sehingga anda harus menjalankan wordpress menggunakan program lainnya.

d. Fitur dan Fasilitas

Beberapa klien biasanya menginginkan fitur atau fasilitas tertentu pada website atau blognya. Tak ada salahnya untuk melihat demo Cpanel terbaru yang disediakan penyedia jasa hosting bila memang ada. Dari demo tersebut anda bisa melihat fitur yang tersedia dan bisa digunakan. tidak lupa untuk menanyakan hak atas kepemilikan hosting yang disewa sehingga bila sewaktu – waktu ingin pindah ke provider jasa lain anda tak menemui kendala di masa mendatang. Pastikan anda memiliki hak akses penuh atas hosting yang telah anda sewa nantinya.

e. Cek Customer Review

Jika anda kurang yakin dengan kinerja web hosting anda maka ada baiknya untuk melihat customer review mereka. Ulasan customer akan menguatkan keputusan anda dalam memilih web hosting yang baik. Hostgator dan Bluehost umumnya mendapatkan rekomendasi positif dari klien mereka.

f. Customer Service yang Responsif

Pelayanan dari customer service yang knowledgeable tentu akan memudahkan anda memilih web hosting yang baik. Anda bisa menanyakan permasalahan yang anda hadapi terkait web hosting terlebih bila anda hanya memiliki pengetahuan dasar mengenai blog. Tentunya anda tak ingin membuat pilihan yang salah dan mengecewakan, bukan!.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *