Memilih Sosial Media untuk Berbisnis

Kita ketahui bahwa bisnis online sudah menjamur di kehidupan berbisnis. Bisnis online dipilih menjadi alternatif lain agar orang lain lebih mudah melakukan transaksi dan tidak perlu repot untuk datang ke toko fisik. Bisnis online juga dimanfaatkan bagi orang yang tidak mempunyai modal besar untuk membangun toko fisik.

Bisnis online ada kaitannya dengan sosial media. Sekarang bisnis online tidak hanya dipasang di website atas nama bisnis kita, namun memanfaatkan sosial media menjadi pilihan yang terbaik. Berbagai macam jenis sosial media yang ada sepertiFacebook, Twitter, Google +, Path, dll. Melalui sosial media, kita dapat menggunakan jaringan relasi yang memang dibangun sebagai dasar fitur dari kegunaan sosial media. Sosial media juga menjadi alternatif pemasaran yang murah dimana kita hanya perlu mendaftar saja dan tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

Namun begitu banyaknya sosial media yang sudah beredar membuat kita sulit menentukan sosial media seperti apa yang cocok bagi keperluan bisnis kita? Pemilihan sosial media sangat penting dimana kita dapat fokus melakukan pemasaran di satu atau beberapa tempat. Anda tidak perlu menggunakan semuanya. Percuma jika tidak menggunakan sosial media dengan maksimal dan hanya membuang waktu saja. Terus bagaimana cara memilih sosial media yang tepat untuk berbisnis? Berikut langkah-langkahnya.

1.Seperti apa kebutuhan bisnis anda?

Ketika pertama kali anda akan menggunakan sosial media, pikirkan terlebih dahulu seperti apa kebutuhan bisnis anda. Jika anda mentargetkan customer yang berusia muda (17 – 30 tahun), anda harus memilih sosial media yang demografinya sesuai dengan customer anda yang masih muda. Anda dapat memilih Instagram, Pinterest yang sering dipakai anak muda untuk mengungkapkan kata-kata mereka melalui foto atau gambar.

Kedua anda harus mengetahui kedalaman pesan, frekuensi pesan atau berapa banyak pesan yang akan anda sering sampaikan. Jika anda sering mengupdate pesan, maka anda juga harus memilih platform yang sesuai dengan itu. Begitu juga dengankonten pesan yang anda ingin sampaikan. Anda ingin menyampaikan lewat text, video atau gambar?

Media sosial juga mendukung kegiatan bisnis bagi kita. Biasanya mereka juga menyediakan konten iklan bagi kita yang mau mempromosikan produk. Anda tidak perlu bersusah payah mengupdate produk anda. Sosial media akan menampilkan iklan anda dimana pun dan di saat apa pun orang membuka sosial media. Namun anda perlu mengeluarkan biaya lagi untuk hal ini.

2. Identifikasi tujuan dari media sosial anda

Setelah itu identifikasikan tujuan anda memasarkan produk melalui sosial media. Sosial media memang menjadi ajang yang menarik untuk mendapatkan pelanggan. Namun pelanggan seperti apa yang anda cari? Pelanggan yang dapat membeli barang anda yang terjangkau atau produk anda yang branded dan mahal? Anda ingin mendapatkan pelanggan yang baru atau mempertahankan pelanggan lama?Anda menggunakan sosial media untuk berhubungan dengan organisasi lain atau hanya dengan partner bisnis anda?

3. Pilihlah sosial media yang tepat untuk anda

Setelah anda melakukan kedua langkah di atas, sekarangpikirkan kembali sosial media mana yang tepat bagi bisnis anda.

– Facebook

Jika anda menggunakan Facebook, anda akan mendapatkan banyak relasi atau pelanggan baru karena pengguna terbanyak ada di sosial media ini. Jika mau mendapatkan pelanggan baru, sosial media ini cocok karena dapat menjangkai jaringan yang luas. Anda dapat mempromosikan produk anda melalui gambar, video ataupun text.

– Twitter

Twitter bermanfaat jika anda harus sering menyampaikan pesan anda dengan frekuensi yang tinggi. Ditelusuri lebih lanjut, twitter menjadi tempat berbagi informasi di bidang apapun seperti olahraga, artis, berita terkini.

– Google +
Google plus menjadi pilihan yang baik ketika anda juga ingin melakukan diskusi terkait produk yang anda tawarkan.

– Pinterest & Instagram
Kedua media sosial ini dipakai untuk mengungkapkan pendapat atau kesan melalui visual atau gambar. Biasanya yang tertarik menggunakan sosial media ini adalah anak muda atau wanita yang sering menggambarkan visual media melalui grafik.

– Youtube
Jika perusahaan anda mempunyai video presentasi atau penawaran produk, youtube juga sangat cocok untuk penggunaan pemasaran bisnis yang menggunakan video.

Masih banyak sosial media lainnya yang anda dapat gunakan untuk memasarkan produk anda. Telusuri lebih lanjut terlebih dahulu sosial media yang akan anda pakai. Selamat berbisnis dengan sosial media!

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *