Memilih Rekan Bisnis Yang Tepat

Manusia disebut sebagai mahluk sosial yang perlu berinteraksi antara satu sama lain. Kita bisa saja menganggap hal yang sama terhadap kebutuhan akan bisnis yang membutuhkan pula rekan yang dapat saling membatu satu sama lain demi kemajuan perusahaan yang bekerjasama tersebut. Maka dari itu, sangat penting ketika harus menjaga hubungan dengan sangat baik tidak hanya terhadap konsumen tetapi juga terhadap rekanan perusahaan, apalagi perusahaan yang berperan juga sebagai langganan tetap/konsumen setia.

Nah, ketika kita memutuskan untuk merambah perusahaan dan mengaku membutuhkan dukungan dari perusahaan lain dan dijadikan sebagai rekan perusahaan. Dan untuk mendapatkan rekanan yang tepat, tentu tidak bisa segampang membalikkan telapak tangan. Karena jika asal dalam memilih rekan bisnis, bisa-bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh perusahaan. Maka dari itu, berikut beberapa tips yang bisa dijadikan referensi sebelum Anda memilih rekan bisnis yang tepat bagi bisnis Anda.

Memiliki kesamaan visi, misi dan tujuan yang sama terutama terhadap kerjasama yang akan dijalin. Memiliki tujuan yang sama tentu saja penting, karena hal tersebut merupakan fondasi dari kokohnya kerja sama yang dijalin. Jika saja ternyata terdapat perbedaan apalagi yang sifatnya fundamental, salah-salah akan menyebabkan perdebatan yang tak kunjung usai dalam jalinan tersebut. Hal tersebut tentu saja akan sangat disayangkan karena lebih baik membahas hal-hal baru dalam usaha memajukan perusahaan, bukan membahas hal tidak penting yang harusnya dibahas dan dipilih pertama kali sebelum kerja sama dijalin.

Bicarakan komitment Anda dan partner terhadap bisnis yang akan dijalankan. Kondisi ini tidak dapat diremehkan, karena tidak jarang partner bisnis “cerai” dengan alasan sulit bertemu, ataupun Anda merasa tidak fair karena partner bisnis anda tidak pernah mengunjungi usaha anda. Adapun jika anda/partner bisnis Anda ternyata tidak memiliki waktu yang cukup, maka Anda harus mengetahui bagaimana rekan anda komitment terhadap bisnis.

Memperhatikan track record rekan bisnis Anda juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Setelah mempunyai kesamaan visi, poin selanjutnya yang harus dicermati adalah track record rekan bisnis Anda. Apakah rekan bisnis Anda memiliki kejujuran dalam karir atau usaha yang digelutinya selama ini? Hal paling mendasar seperti kejujuran dalam berbisnis menjadi sangat penting, karena itu akan menjadi pintu bagi keterbukaan yang merupakan faktor krusial untuk pegangan selama menjalani bisnis. Tak hanya rekan bisnis, Anda pun harus jujur terhadap diri Anda sendiri, terutama soal kekuatan serta kelemahan yang ada pada diri Anda.

Pembagian Tanggung Jawab yang Jelas.  Anda dan rekan bisnis harus menyadari benar tugas serta tanggung jawab masing-masing. Setelah komitmen pembagian kerja sudah jelas, maka komunikasi bisnis pun bisa terjalin dengan baik hingga tujuan dari usaha Anda dapat tercapai. Jangan lupa untuk saling melakukan check and balance terhadap kinerja masing-masing.

Modal dan pembagian keuntungan. Hal ini sangat jelas, jangan sampai ada rasa ketidakadilan di salah satu pihak. Tentu saja ketika berpartner harus saling mengeluarkan modal, walaupun sedikit. Karena hal ini dapat membuat Anda atau rekan Anda serius untuk menjalankan bisnis. Jika salah satu tidak mengeluarkan modal, akan serasa tidak ada resiko bagi salah satu pihak. Cara yang adil adalah berkomitmen untuk berbagi modal dan keuntungan dengan seadil-adilnya agar tidak terjadi kesalah-pahaman yang dapat merusak hubungan, bukan menguntungkan satu sama lain.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *