Memilih Profesi yang Tepat

Bagi anda yang merupakan seorang pelajar atau mahasiswa seringkali mempertanyakan profesi apa yang tepat bagi anda kelak. Anda juga ingin memastikan apakan profesi yang dipilih nanti adalah profesi yang akan terus ditekuni sampai masa tua nanti. Anda tak ingin profesi yang anda pilih tidak membuat anda nyaman dan bahagia.

Memilih profesi pekerjaan bukanlah hal yang mudah karena bukan hanya berpatokan pada mendapatkan penghasilan. Disisi lain anda juga memerlukan kenyamanan dan kepuasan dalam bekerja. Memilih profesi pekerjaan adalah salah satu kunci sukses menuju keberhasilan anda. Berikut saya sampaikan tips memilih profesi yang tepat:

Sesuai karakter atau sifat

Jika anda seorang yang sabar dan tekun.maka ada baiknya anda memilih pekerjaan yangberhubungan dengan pengajaran, analisatau pekerjaan yang sesuai dengan karakter anda. Jangan memaksakan diri untuk memilih profesi yang mungkin menghasilkan keuntungan yang besar namun tak sesuai dengan karakter anda. Jika sudah terlanjur, lama-lama anda akan merasakan beban yang berat ketika bekerja nantinya.

Love your job

Benar, anda harus memilih profesi yang anda sukai misalnya anda menyukai menggambar dan biasa melakukannya dengan menggunakan perangkat teknologi komputer. Profesi yang tepat untuk kesukaan anda adalah animator atau desain grafis.

Anda pernah mendengar istilah “Do what you love and love what you do”?Anda harus memilih pekerjaan karena anda menyukainya dan ketika anda bekerja nanti, pekerjaan tersebut merupakan kesenangan bagi anda. Anda tidak akan mendapatkan stress nantinya.

Abaikan penghasilan semata

Carilah pekerjaan yang cocok dengan anda dan abaikan dulu besar penghasilan yang anda dapatkan. Jika anda menginginkan anda tidak akan beralih di posisi lain, maka anda harus bekerja bukan karena uang semata-mata. Memang penghasilan sangat penting namun begitu penting jika anda merasakan kegembiraan di saat bekerja.

Peluangkerja di masa depan

Jika anda mungkin bercita-cita menjadi orang yang suksees dan ingin memastikan bahwa profesi yang anda pilih merupakan profesi yang karirnya cemerlang atau berpenghasilan besar, maka carilah berbagai sumber informasi mengenai profesi yangpaling dicari selama 5 tahun ke depan. Dengan cara ini anda akan dapat memilih pendidikan selanjutnya sesuai dengan profesi yang dipilih.

Ikutites potensi kerja

Banyak tempat yang menawarkan untuk melihat potensi anda. Bahkan psikolog pun dapat ikut terlibat dan melihat potensi apa yang anda miliki sehingga anda lebih mudah memilih profesi tersebut. Anda hanya tinggal mengikuti tes yang diberikan, selanjutnya psikolog akan menginformasikan kepada anda juga bagaimana anda melatih potensi anda agar lebih berkembang. Dengan mengikuti tes ini, anda juga akan memahami potensi yang miliki namun anda tak menyadarinya.

Memilih lokasi yang tepat

Jika suatu saat anda akan memilih, maka anda harus mempertimbangkan lokasi pekerjaan yang cocok dengan anda. Anda harus yakin jika lokasi tersebut nyaman dengan anda. Bagi anda yang tidak mau berjauhan dengan keluarga, maka anda harus mencari pekerjaan di daerah anda. Ini merupakan salah satu faktor yang anda harus pertimbangkan karena mungkin di daerah anda hanya ada beberapa profesi tertentu yang ada. Misalnya anda tinggal di daerah gunung, anda dapat memilih menjadi petani atau profesi lainnya.

Anda sudah mengerti bukan bagaimana caranya memilih profesi yang tepat? Yakini terlebih dahulu potensi anda, maka anda tidak sulit menemukannya. Setelah itu, pertimbangan beberapa hal yang membuat anda betah dan bertahan lama pada profesi tersebut. Good luck!

 

 

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *