Memilih Media Sosial yang Tepat untuk Promosi Bisnis Anda

Apakah anda sudah bersiap untuk sibuk dengan mempromosikan bisnis anda secara online? Maka anda perlu bertanya kemudian, situs apa yang paling bisa memberikan anda pundi-pundi harta? Bagaimana anda bisa mengggunakan waktu anda dengan efisien? Lantas, bagaimana pula anda berkomunikasi dengan fans, teman, follower, dan pelanggan?

Pada dasarnya, tidak ada satu media sosial yang bisa memenuhi semua kebutuhan promosi bisnis anda. Hal ini tergantung pada marketing plan yang sesuai dengan kekuatan dan kepribadian anda. Untuk menemukan yang lebih tepat, anda perlu merubuhkan kebingungan ini dengan membaginya dalam beberapa komponen dasar.

Ada empat metode dasar untuk dapat berkomunikasi secara online:

  1. Teks.Biasanya yang termasuk dalam kategori ini adalah twit pendek di Twitter, update status di Facebook, artikel pendek di blog, pesan yang dikirim via email, dan sebagainya. Jika anda punya kemampuan menulis yang cukup, ini adalah cara paling mudah dan umum untuk dapat berkomunikasi secara online.
  2. Audio.Jika anda merasa memiliki suara yang baik untuk berbicara, dan anda merasa nyaman melakukan itu, anda bisa saja merekam suara anda sendiri untuk memberikan tips atau komentar atas topik tertentu. Pilihan lainnya adalah anda bisa memproduksi podcast anda sendiri. Podcast ini pada dasarnya sama dengan pemutaran radio online. Memang dibutuhkan lebih banyak waktu dan keterampilan, tetapi bagaimanapun podcast adalah pilihan yang bagus untuk promosi via audio.
  3. Video.Video menjadi salah satu cara populer bagi seseorang untuk mendapatkan informasi secara online. Ada beberapa cara anda dapat menyampaikan pesan melalui video, seperti: merekam diri anda berbicara, melakukan wawancara dengan pengusaha dan para pakar bisnis, membuat tutorial tertentu, wawancara dengan fans, merekam video di balik layar, dan masih banyak lainnya.
  4. Gambar.Gambar yang dimaksud adalah gambar diam, biasanya bisa berupa foto produk sebagai promosi ataupun event-event tertentu. Gambar ini juga bisa ditemukan dalam foto yang biasanya dibuat juga ketika memproduksi video, sudut gambarnya sama. Atau bisa jadi menggunakan model manusia untuk promosi produk anda.

Cara tambahan untuk menggunakan gambar adalah mengunggah gambar dari produk anda, kartu nama bisnis, desain kaos, standing banner, dan semua hal yang akan menarik perhatian dan membujuk mereka untuk berhenti sejenak melihat apa yang sedang anda lakukan.

Jadi, situs apa yang perlu anda fokuskan untuk promosi online? Berikut empat tips yang mungkin bisa membantu: 1) ketika kekuatan anda adalah tulisan, maka WordPress, Blogger, atau Tumblr barangkali situs terbaik untuk anda; 2) ketika anda lebih pada bicara, maka Soundcloud ataupun membuat podcast sendiri bisa jadi yang terbaik; 3) ketika anda memiilih format video, maka Youtube atau Vimeo (sayang sekali kini masih diblokir di Indonesia) adalah situs terbaik, dan 4) ketika anda pandai membuat gambar yang menarik, Pinterest dan Instagram akan jadi pilihan tepat.

Nah, setelah mengetahui media sosial apa yang paling tepat sebagai bahan promosi anda, kini saatnya untuk mengetahui enam ide yang bisa anda gunakan untuk materi promosi anda:

  1. Konten original.Konten ini bisa berisi tentang apa yang sejak awal anda pikirkan soal produk anda. Misalnya, bisa jadi ini mengenai tulisan anda tentang pengalaman yang menginspirasi anda membentuk strategi pelayanan yang baru. Atau bisa juga video singkat seseorang yang mendatangi event yang anda gelar. Tidak hanya itu, hal yang bersifat personal semacam ringkasan dari buku baru yang jadi favorit anda, komentar anda tentang berita, ataupun foto anda ketika melakukan perjalanan, ini bisa menjadi konten yang menarik untuk diperlihatkan kepada publik sebagai bahan promosi bisnis anda.
  2. Konten terpilih.Anda tidak harus menuliskan semua hal (seperti saran di atas) kepada semua follower anda. Bisa saja anda memilih konten-konten yang sudah anda pilih sebelumnya, konten-konten yang lebih diminati dan dinikmati oleh pelanggan. Apapun bisnis anda, anda bisa memberikan kepada follower anda artikel yang bagus, video, wawancara, dan segala hal yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Dengan melakukan hal ini, para pelanggan akan melihat anda sebagai sumber informasi yang terpercaya dalam topik anda. Ketika anda konsisten melakukannya, anda akan menarik lebih banyak fans.
  3. Memposting hal personal.Ketika semua informasi dan pesan anda bersifat bisnis melulu, barangkali follower anda akan merasa bosan. Untuk itu anda perlu memposting juga informasi personal yang sedang anda hadapi dalam hidup anda?entu ada batasnya. Hal ini akan membantu para fans untuk merasakan dan mengenal anda sebagai manusia, sebaik mereka mengenal anda sebagai seorang pengusaha.
  4. Menuliskan humor.Biasanya orang cerdas akan menghasilkan humor yang cerdas juga. Ketika anda memiliki selera humor yang baik, coba bagikan itu dalam media sosial anda. Bisa jadi yang anda bagi itu komentar anda terhadap yang lucu tentang komentar anak anda yang masih kecil, ataupun hal-hal konyol dan menggelikan yang terjadi di jalan raya yang anda alami. Ketika anda tertawa, tersenyum, ataupun menangis soal sesuatu, ini adalah kesempatan baik bagi anda untuk mengajak fans melakukan hal yang sama.
  5. Kutipan.Ketika anda benar-benar tidak tahu harus menuliskan apa di media sosial anda, anda bisa menuliskan kutipan lucu ataupun bijak. Pengalaman Mitch Meyerson, kontributor di entrepreneur.com, membuktikan bahwa kutipan ini akan banyak dishare dan dikomentari. Dengan mudah anda bisa mendapatkannya kutipan ini pada berbagai situs yang ada, jadi anda tidak akan kesulitan menemukan kutipan yang memiliki makna dalam dengan cepat.
  6. Promosi dan penjualan secara langsung. Terakhir, tapi sangat penting bagi anda. Banyak pengusaha yang mengira mereka harus menuliskan hal ini tiap kali mengupdate informasi di media sosial mereka. Terus terang saja, ini bukan strategi yang cerdas, selain sangat mengganggu. Kata kuncinya adalah soal menemukan keseimbangan. Idealnya, dari 10 postingan anda, cukuplah menuliskan 3 postingan tentang bagaimana pelanggan dapat menemukan informasi soal cara membeli, informasi workshop dan seminar, dan penjualan langsung.

Itu tadi cara memilih media sosial yang tepat untuk promosi bisnis anda, serta apa saja yang perlu ditulis untuk memenuhi kebutuhan itu. Ketika anda memposting informasi secara teratur, dan secara berkala juga mengawasi dan menanggapi komentar, orang akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan anda. Akibatnya, peluang keberhasilan promosi anda akan lebih besar, dan bersiaplah untuk menikmati kenaikan penjualan produk anda.

Artikel Terkait