Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat (Part I)

Memilih jurusan ketika berencana kuliah itu tidak bisa dianggap remeh, terutama bagi Anda yang peduli terhadap masa depan Anda atau bagi Anda yang ingin memberikan rekomendasi yang baik terhadap anak Anda yang akan berkuliah. Mengapa tidak bisa dianggap remeh? Karena, memilih jurusan kuliah itu seperti menentukan apa yang akan terjadi di masa depan dan bagaimana menjalani kehidupan setelah mendalami ilmu tertentu selama berkuliah. Jadi, hal tersebut harus dilakukan dengan sangat hati-hati, jangan sampai salah memilih jurusan kuliah. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap semangat dan minat dalam menjalani kehidupan selama kuliah. Salah-salah malah merugi. Sudah buang-buang uang tapi jarang masuk kuliah hingga akhirnya putus ditengah jalan. Hmmm..

Untuk memilih jurusan kuliah, lebih baik disesuaikan dengan minat dan bakat yang memang membuat Anda tertarik. Agar bisa ada kenyamanan ketika menjalani proses kuliah itu sendiri. Jadi seperti menjalani hobi yang tidak membuat seseorang merasa tertekan. Namun terkadang, memang sebagian orang juga tidak atau belum tahu apa sebenarnya yang mereka mau atau apa sebenarnya kemampuan yang mereka miliki. Nah, bagi Anda yang masih bingung tentang apa yang akan dilakukan kedepannya, sebagai referensi berikut beberapa jurusan kuliah yang paling diminati seperti yang dilansir harian kompas yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk masuk jurusan apa saat kuliah nanti. Dan kebanyakan jurusan tersebut dibawah ini dipilih karena gampangnya mendapat lapangan pekerjaan setelah lulus. Jadi, apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

Kedokteran
Peringkat pertama dipegang oleh jurusan kedokteran. Hal ini tentu saja tidak mengejutkan karena bidang ini terbilang cukup stabil dan permintaan untuk tenaga medis cukup banyak. Nah, bagi yang ingin memilih jurusan ini tentu harus mempersiapkan diri dengan baik karena persaingannya sangat ketat. Kemudian jangan lupa juga untuk memilih universitas yang memiliki jurusan kedokteran berkualitas.

Ilmu Komputer
Jurusan ini menempati posisi kedua setelah kedokteran. Tentu saja, karena perkembangan teknologi saat ini cukup pesat sehingga orang-orang yang memiliki kemampuan ini sangat dicari. Yang membuat jurusan ini menjadi pilihan, lulusan dari jurusan ini berkesempatan memperoleh pekerjaan dengan bayaran yang tinggi.

Hukum
Seperti jurusan kedokteran, jurusan ini merupakan salah satu subjek yang menerima banyak permintaan lulusan baru yang memiliki reputasi bagus. Namun tentu saja, untuk sukses di bidang hukum ini tidak boleh asal memilih universitas yang menawarkan jurusan hukum.

Ekonomi
Untuk jurusan non-eksakta, Ekonomi menduduki peringkat kedua setelah hukum. Meski lulusan yang berasal dari bidang ini cukup banyak, permintaan perusahaan tetap tinggi. Tujuan anak-anak yang memilih jurusan ini tentu saja agar mudah mendapatkan pekerjaan setelah selesai melanjutkan pendidikan tinggi.

Teknik Mesin
Jurusan ini banyak dilirik oleh anak-anak yang baru saja lulus SMA karena menawarkan pekerjaan dengan honor tinggi. Meski persaingan untuk masuk ke jurusan ini terbilang sulit, tapi minat untuk masuk jurusan ini tetap saja tinggi. Untuk itu, bagi yang berminat bisa menyiapkan diri saat ini.

Psikologi
Selain jurusan kedokteran, ada satu jurusan yang tidak berbeda jauh yaitu jurusan psikologi. Jurusan ini selalu masuk dalam 10 jurusan terpopuler di Inggris dan bahkan dunia. Hal ini terbukti dengan banyaknya minat anak-anak yang lulus SMA memilih jurusan psikologi sebagai pendidikan lanjutan.

Teknik Elektro
Untuk bidang teknik, jurusan teknik elektro menjadi jurusan kedua yang paling banyak diminati setelah teknik mesin. Jurusan ini terbilang unik karena menawarkan lahan kerja yang sangat disukai anak-anak masa kini yang senang dengan teknologi atau gadget.

Matematika
Jurusan selanjutnya adalah matematika. Meski ilmu ini adalah ilmu dasar, permintaan akan ahli matematika tetap saja tinggi. Pasalnya, ahli matematika saat ini memiliki lahan kerja yang sangat luas dibandingkan jurusan lain.

Fisika
Tidak berbeda jauh dengan jurusan matematika, jurusan fisika juga banyak diminati. Uniknya, minat di jurusan fisika ini meningkat karena banyaknya film bertema science seperti The Big Bang Theory membuat anak-anak muda berubah pikiran bahwa menjadi ilmuwan ternyata keren.

Geografi
Jurusan yang terakhir ini baru-baru saja banyak diminati yaitu jurusan geografi. Mempelajari ilmu ini banyak dibilang orang membosankan tapi karena banyaknya permintaan terhadap ahli geografi maka jurusan ini menjadi satu yang diminati.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *