Memilih Asuransi Pendidikan Yang Baik

Bagi anda yang telah berkeluarga tentunya menginginkan pendidikan yang layak dan terbaik bagi putra -putri dan anggota keluarga lainnya. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang mampu berpengaruh pada kesuksesan seseorang di masa depan. Tak heran bila para orang tua tersebut berlomba – lomba memberikan segala fasilitas yang memadai demi kelancaran pendidikan anak – anak mereka. Sayangnya hal ini bertolak belakang dengan biaya pendidikan yang selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Asuransi Pendidikan

Diperkirakan pertumbuhan inflasi biaya pendidikan saat ini mencapai 15 % tiap tahun. Angka yang besar untuk sebuah kebutuhan pokok, hal ini membuat beberapa anak – anakpun harus rela putus sekolah akibat kekurangan biaya.Pada akhirnya para orang tua menggunakan asuransi pendidikan sebagai salah satu solusi dalam menghadapi tingginya biaya pendidikan di negeri ini. Asuransi pendidikan ini seperti asuransi pada umumnya namun lebih berfokus pada pendidikan dengan premi yang beragam.

Sumber: http://ibudanmama.com/

Sumber: http://ibudanmama.com/

Semakin tinggi peminat asuransi pendidikan ini tentu membuat anda semakin selektif dalam memutuskan mana yang lebih baik dari para perusahaan asuransi tersebut. Berikut tips dan trik dalam memilih asuransi pendidikan yang baik diantaranya adalah:

a. Rencanakan Dahulu

Sebelum memilih jenis asuransi pendidikan yang dikehendaki alangkah baik bila anda merencanakan seberapa tinggi pendidikan yang diingin untuk sibuah hati. Apakah hanya sampai sekolah menengah atas, sarjana atau bahkan master. Setelah itu lakukan riset mendalam tentang biaya sekolah yang harus dikeluarkan hingga jenjang pendidikan yang diinginkan. Rincian biaya ini akan membantu anda dalam memberikan gambaran biaya yang harusnya anda keluarkan di masa depan.

b. Cari dan Seleksi

Setelah selesai melakukan perencanaan dan riset maka langkah selanjutnya ialah mencari dan menseleksi perusahaan asuransi yang hendak digunakan. Gunakanlah perusahaan asuransi yang terpercaya dan memiliki track record yang baik. Anda juga bisa menggunakan testimoni para klien perusahaan asuransi tersebut sebagai tolak ukur kinerja mereka.

c. Cek Kemampuan Finansial

Anda juga patut mempertimbangkan kemampuan finansial anda saat menentukan pilihan. Bagi anda yang memiliki kemampuan finansial yang lebih juga bisa berinvestasi dengan menggunakan asuransi pendidikan ini. Banyak perusahaan asuransi juga menawarkan asuransi unit link yang menggabungkan manfaat asuransi dan investasi. Pemegang polis akan ditawarkan beberapa investasi seperti obligasi, ekuitas ataupun pasar uang serta investasi lainnya. Hasil dari investasi tersebut akan digunakan untuk membayar biaya asuransi dan sisanya dapat dicairkan dalam bentuk dana pendidikan.

d. Gunakan Polis Fleksibel

Asuransi tidak sama dengan tabungan yang bisa diambil sewaktu-waktu sehingga pilihlah asuransi yang fleksibel. Asuransi yang memiliki sistem fleksibel akan membantu anda saat hendak mengajukan klaim untuk kebutuhan anak anda. Beberapa jenis asuransi pendidkan memiliki jenis asuransi berjangka panjang sehingga dana bisa dicairkan bilamana anak anda telah mencapai usia tertentu. Anda bisa melihat fasilitas yang disediakan oleh perusahaan asuransi tersebut melalui website mereka atau bertanya langsung pada agennya. Tak jarang asuransi pendidikan juga ditambahi fasilitas lain seperti jaminan kesehatan. Biarpun nampak fasilitas tambahan yang menggiurkan namun selalu kedepankan prioritas utama anda.

 e. Hati-Hati Penipuan

Jangan lupa untuk selalu waspada agar terhindar dari penipuan berkedok asuransi yang semakin marak. Agen asuransi terpercaya tentu akan memberikan anda penjelasan yang mendetail.Anda bisa menceknya dengan melihat perusahaan asuransi yang anda pilih terdaftar atau tidak di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Cek pula website mereka dan informasi yang tersedia pada laman tersebut sesuai atau tidak dengan agen asuransi anda.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *