Memilih Asuransi Mobil Yang Baik

Kendaraan merupakan salah satu asset yang hampir dimiliki setiap orang sebab selain menunjang transportasi untuk kebutuhan pribadi nyatanya kendaraan sangat dibutuhkan ketika bekerja. Biarpun harganya tak bisa dibilang sedikit namun peminatnya terus bertambah setiap tahunnya. Tidak hanya motor yang menjadi favorit namun juga mobil. Kendaraan roda empat yang mampu menampung banyak orang ini bahkan bisa dikatakan sebagai rumah kedua oleh beberapa orang. Ada pula yang rela menggelontorkan ratusan ribu hingga juta untuk perawatan mobilnya.

Asuransi Mobil

Mobil merupakan investasi yang bisa diperjualbelikan ketika anda sangat membutuhkan dana cepat. Sayangnya kini banyak terjadi tindak kriminal seperti pencurian khususnya mobil berkeliaran di sekitar kita. Belum lagi kecelakaan yang mampu membuat mobil rusak bahkan tak bisa digunakan lagi. Alasan diataslah yang membuat munculnya asuransi mobil seperti yang kita kenal saat ini. Asuransi mobil ini tentu sangat membantu melindungi mobil anda atas kejadian yang tak terduga di masa depan.

Sumber: http://assets.kompas.com/

Sumber: http://assets.kompas.com/

Peminat asuransi mobil yang tinggi membuat jasa layanan ini menjamur dan mudah anda temukan. Untuk itu anda perlu mencermati beberapa hal dalam memilih asuransi kendaraan diantaranya sebagai berikut :

a. Tentukan Dahulu Jenis Asuransinya

Dalam asuransi kendaraan terdiri dari dua sistem asuransi yakni all risk dan total loss only. Perbedaan antara keduanya teretak pada seberapa besar kerusakan mobil yang perlu mendapatkan pergantian. Bila anda menghendaki mobil anda mendapatkan penggantian dari segala resiko mulai dari yang kecil hingga besar maka sebaiknya anda menggunakan asuransi kendaraan dengan sistem all risk.

Jika anda hanya menghendaki pergantian dari kerusakan yang berat saja sedangkan kerusakan ringan anda tanggung sendiri maka anda bisa menggunakan asuransi kendaraan dengan sistem total loss only. Sistem total loss only ini memang hanya akan menjamin kerusakan kendaraan di atas 75 % saja dan kurang dari itu tidak akan mendapatkan penggantian.

b. Cek Pasar

Semakin banyaknya jasa layanan asuransi tentu membuat perusahaan asuransi tersebut kian gencar berpromosi misalnya saja dengan menawarkan beragam fasilitas. Disinilah anda perlu melakukan perbandingan dan menentukan kepuusan berdasarkan penawaran yang paling baik dan mumpuni bagi diri anda.

c. Sesuaikan Budget

Jika anda telah menetukan beberapa pilihan namun masih bingung memutuskan maka coba tengok dulu kondisi keuangan anda. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan membayar anda agar tidak terjadi penunggakan di masa depan. Tidak perlu memaksakan dirii menggunakan asuransi dengan premi yang tinggi sehingga membebani anda sebab manfaatnya tidak bisa anda rasakan secara langsung dan tak terencana.

d. Rekomendasi Pihak Ketiga

Pihak dealer mobil tak jarang juga merekomendasikan jasa penyedia asuransi kendaraan yang dapat menjadi salah satu solusi alternatif anda dalam memilih asuransi kendaraan yang baik. Pihak dealer ini tentunya akan memberikan klien mereka agen asuransi yang memang menjanjikan dan terpercaya.

e. Review Pelanggan

Untuk melihat kinerja perusahaan asuransi tentunya pelanggan membawa dampak yang sangat signifikan. Anda bisa melihat review pelanggan mereka yang telah menggunakan produk asuransi dalam perusahaan tersebut. Anda bisa menilai dari segi prosedur klaim apakah berbelit – belit atau tidak. Anda bisa melihat pula jumlah keluhan yang masuk dan melakukan penilaian atas kredibilitas perusahaan asuransi tersebut. Perusahaan asuransi yang baik biasanya memiliki bengkel rekanan yang banyak sehingga mempermudah nasabah dalam melakukan perbaikan. Selain itu perusahaan asuransi tersebut umumnya memiliki call center 24 jam serta memiliki reputasi yang baik di masyarakat.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *