Membeli Emas Lelang

Membeli emas, di toko emas langganan yang terpercaya memang sudah lazim. Tapi bagaimana dengan membeli emas di tempat-tempat lain? Seperti misalnya di tempat yang biasa melelang emas-emas yang digadaikan atau barang-barang second-hand. Salah satu tempat tersebut adalah, pegadaian.

Pegadaian itu sendiri merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sehingga merupakan tempat jual beli yang dapat dipercaya karena meskipun barang-barang tersebut barang second-hand, misalnya. Pegadaian ini tetap memperhatikan kualitas dan menjamin keaslian barang-barang yang digadaikan, apalagi dilelangkan. Terutama dalam hal ini adalah emas. Biasanya tidak ada kekurangan yang berarti dari emas-emas yang dijual di pegadaian ini, karena masalahnya memang karena emas tersebut melewati batas penebusan yang harusnya dilakukan pemilik sebelumnya.

Membeli emas lelang ini menarik bagi banyak orang. Karena biasanya, diharapkan harganya bisa lebih rendah dibanding harga pasaran. Apalagi jika Anda beruntung dan mendapat barang yang sedang dalam keadaan lelang turun. Lelang turun disini merupakan adalah ketika emas/barang lainnya ditawarkan dalam harga tinggi pada awalnya kemudian semakin turun dan menemukan pembeli yang bersedia membayar dengan harga terendah dari penawaran. Namun, hal ini jarang terjadi. Karena yang sering terjadi adalah jenis lelang naik.

Lelang naik itu sendiri merupakan keadaan dimana pada awalnya penawaran berada pada harga rendah, kemudian naik dan semakin naik hingga menemukan pembeli yang hendak membayar dengan harga paling tinggi dan tidak ada yang mampu menawar lagi selain harga tersebut.

Seperti halnya pelelangan lainnya, pelelangan di pegadaian bisa dilakukan siapa saja dengan mendatangi pegadaian secara langsung. Tanyakan saja pada petugasnya kira-kira kapan akan diadakan pelelangan. Biasanya membutuhkan syarat kartu identitas yang resmi dan masih berlaku, mengisi formulir dan membayar sejumlah uang sebagai jaminan.

Tetapi, jangan pula ceroboh untuk sembarangan membeli emas karena harganya murah. Perhitungkan pula harga jual kembalinya jika memang Anda membeli emas di pelelangan untuk dijual lagi. Apakah harganya memang akan lebih tinggi, atau karena modelnya sudah lama jadi kurang menarik lagi. Atau misalnya Anda kurang memperhatikan faktor-faktor lain seperti harga emas pasaran saat Anda mengikuti lelang, apakah sedang naik atau sedang rendah? Jangan sampai Anda membayar lebih tinggi dari pasaran karena tidak tahu harga emas pada saat itu. Lebih baik membeli emas baru, jika begitu keadaannya. Model atau warnanya bisa memilih sendiri, tidak terbatas seperti membeli emas di pegadaian.

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan mengenai pegadaian.

Hindari calo. Dimana-mana dapat dipastikan ada calo. Meskipun terdengar menggiurkan ketika mendengar penjelasan/ajakan calo untuk menjual barang-barang yang hendak digadaikan pada mereka, hindarilah. Karena biasanya harga yang ditawarkan calo lebih rendah.

Gadaikanlah barang-barang yang tidak mengalami penyusutan signifikan atau bisa bertambah nilainya di masa depan. Barang yang paling memungkinkan adalah logam-logam mulia. Salah satunya adalah emas. Menggadaikan emas bisa bermanfaat, tentu saja. Daripada emas itu disimpan di rumah, misalnya. Keamanan emas tersebut tentu tidak sebaik ketika disimpan di pegadaian. Dan jika hilang tentu akan diganti oleh pegadaian. Selain itu, jika memiliki emas di rumah akan merasa memiliki uang sehingga bisa diambil dan dijual kapan saja, sedangkan niat awal membeli emas adalah untuk diinvestasikan.

Selain itu, Anda akan mendapat uang sebagai ganti dari emas yang digadaikan, meskipun pada akhirnya harus dibayar. Tetapi dengan uang tersebut Anda bisa saja menggunakannya sebagai modal awal usaha kecil-kecilan dan mengembangkannya sebaik mungkin. Emas tersimpan, uang terus mengalir. Semuanya tentang bagaimana memutarkan uang.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *