Mau Investasi Kondotel? Baca Ini Dulu!

Anda pasti pernah mendengar istilah kondotel, atau kependekan dari kondominium hotel. Melalui artikel ini kami akan membagikan kepada anda informasi mengenai peluang investasi yang bisa anda usahakan melalui kondotel ini. Satu hal penting yang kami ajukan adalah investasi pada kondotel ini adalah investasi dengan harga yang relatif tinggi dan jangka panjang. Namun itu bukanlah halangan melainkan peluang karena harga penjualan yang kian meroket dari waktu ke waktu.

Awalnya kita perlu mengenal terlebih dahulu apa yang dinamakan dengan kondotel. Dari luar kita bisa melihat bahwa kondotel adalah bangunan vertikal yang terdiri dari unit-unit kamar, persis seperti apartemen. Di dalam kamarnya itu ada fasilitas kamar, dapur, ruang tamu, dan fasilitas lain seperti yang ada di apartemen. Biasanya kondotel ini menawarkan fasilitas yang kurang lebih sama dengan hotel berbintang, seperti tempat karaoke, restoran, ruang pertemuan, dan sebagainya. Unit kamar ini nantinya dibeli oleh seseorang yang disebut dengan investor, lalu disewakan.

Perbedaan kondotel dengan apartemen terletak pada pengelolaannya. Pada kondotel investor akan membeli unit kamar, lalu disewakan kepada konsumen dan pengelolaanya itu diserahkan kepada pengurus kondotel, tidak diserahkan kepada pemiliknya seperti apartemen. Perbedaan kondotel dengan hotel adalah kepemilikanya. Pemilik unit kondotel adalah seseorang yang kemudian disebut sebagai investor. Mereka nantinya juga memiliki peluang untuk menginap di kamar tersebut secara gratis. Sedangkan unit-unit pada kamar hotel itu tidak dijual kepada seseorang, tetapi disewakan begitu saja kepada pelanggan atau tamu yang menginap.

Baca Juga:

Nah, untuk itu kami akan menginformasikan beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum berinvestasi pada kondotel. Semoga informasi ini bisa menjadi dasar referensi anda sebelum mengambil keputusan. Berikut uraiannya:

:: Lokasi yang Tepat

Lokasi kondotel jadi pertimbangan sangat penting sebelum anda investasi di dalamnya. | via www.pinterest.com

Kendati harga tanah selalu meroket setiap tahunnya, kita tetap perlu memerhatikan lokasi di mana kondotel itu dibangun. Seperti halnya investasi pada jenis properti lainnya, faktor lokasi ini menjadi faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Cara paling mudah yang bisa anda lakukan adalah mendatangi lokasi langsung dan menanyakan apa rencana tata ruang yang berada di kawasan tersebut. Hal ini akan memengaruhi prediksi harga dan tingkat keuntungan yang akan didapatkan.

Misalnya, ketika kita akan membeli ruko, pastikan di sekitar lokasi itu terdapat hunian warga atau perkantoran. Kalau kita mau membeli rumah kos, pastikan di sekitar lokasi itu ada perkantoran ataupun kampus. Nah, kalau kita mau membeli sebuah unit kondotel, pastikan ada fasilitas wisata di sekitar lokasi kondotel tersebut. Mengapa demikian? Karena penggunaan kondotel adalah disewa oleh tamu yang biasanya memang berwisata.

Ambil contoh, Yogyakarta memiliki berbagai macam wisata yang ditawarkan, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam. Maka investasi kondotel di Yogyakarta adalah keputusan yang sangat tepat mengingat potensi wisata yang begitu besar mendatangkan wisatawan yang akan singgah beberapa hari saja.

:: Harga yang Sesuai dengan Lokasi dan Fasilitas

Perlu diakui bahwa rata-rata dana yang harus anda keluarkan untuk berinvestasi sebuah unit kamar kondotel memang relatif besar. Rata-rata harganya bisa mencapai Rp 1 miliar atau lebih tergantung dari lokasi dan fasilitas (atau tipe kamar) yang ditawarkan oleh kondotel tersebut. Satu hal yang pasti, jangan sampai anda membeli investasi yang terlalu mahal (over priced) untuk satu unit kondotel.

Selain harga beli yang wajar dan sesuai harga lain yang juga harus anda pertimbangkan adalah harga sewa yang berlaku. Kalau soal harga sewa ini, semakin tinggi tentu semakin bagus karena itu berarti anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Semakin besar keuntungan yang anda peroleh, semakin cepat pula anda akan mengalami balik modal. Namun berhati-hatilah untuk harga sewa yang terlalu mahal. Alih-alih mendapatkan untung, anda bisa jadi mengalami kerugian karena para calon tamu berpaling ke kondotel yang punya harga sewa lebih wajar.

:: Faktor Perjanjian dan Perijinan Pembangunan

Pastikan urusan perijinan pembangunan kondotel sudah beres sebelum anda berinvestasi. | via konsultanlingkungan.net

Hal yang ingin dijelaskan dari poin ini ada dua hal. Pertama adalah soal perjanjian antara anda sebagai investor dengan pihak pengelola kondotel. Pastikan perjanjian yang anda buat sudah clear, tidak merugikan anda, dan memiliki kekuatan hukum. Bukannya kita tidak menaruh kepercayaan, tetapi barangkali ini penting untuk dilakukan sebagai langkah antisipasi bila suatu saat terjadi masalah yang perlu diselesaikan secara hukum.

Hal kedua adalah soal perijinan pembangunan. Kita bisa lebih memahami soal ini dengan membaca peraturan daerah yang mengatur soal perijinan tersebut. Dokumen untuk mendapatkan ijin pembangunan haruslah lengkap mulai dari analisis mengenai dampak lingkungan, komitmen penggunaan air PDAM (bukan air tanah), komitmen untuk mengembangkan perekonomian warga sekitar, dan sebagainya. Pasalnya di Yogyakarta, misalnya, banyak terjadi penolakan pembangunan oleh warga sekitar karena dianggap cacat prosedur perijinan, serta tidak mendapatkan ijin dari warga sekitar. Bila diperkarakan dan pembangunan harus terhenti tentu saja itu mengganggu pencapaian investasi kita.

:: Reputasi yang Baik dari Pengembang dan Pengelola

Selain dari faktor legalitas dan perijinan kita juga perlu melihat kredibilitas dari pengembang dan pengelola kondotel tersebut. Paling tidak kita bisa menelusuri rekam jejak prestasi pengembang tersebut. Kita perlu berhati-hati apabila ternyata pengembang pernah terjerat masalah hukum karena pelangaran-pelanggaran yang dilakukan di masa lalu. Atau kemungkinan lain adalah anda bisa melihat apakah pengembang tersebut direkomendasikan oleh para investor yang pernah bekerja sama sebelumnya.

Ini bukanlah perkara kita harus bersikap curiga terhadap pengembang, tetapi lebih kepada upaya antisipasi. Investasi kondotel termasuk investasi dengan nilai dana yang sangat besar, jangan sampai kita bermain-main dengan pengembang yang tidak kredibel. Bilapun nama pengembang pernah tercoreng karena kasus di masa lalu, kita juga bisa melihat dari bagaimana cara mereka menyelesaikan persoalan yang pernah mereka alami. Bagaimana mereka memperlakukan investor sebagai rekanan kerja mereka juga perlu ditilik sebagai sebuah pertimbangan.

:: Pastikan Mendapatkan Laporan Hasil Audit

Audit adalah bentuk kontrol dari investor kepada pengelola kondotel. | via www.akuntansiitumudah.com

Sebagai bentuk manajemen kontrol yang bisa dilakukan oleh investor, pastikan anda juga medapatkan laporan audit setiap tahunnya. Bila perlu, pastikan bahwa audit itu dilakukan oleh akuntan publik untuk menjaga objektivitasnya. Tentu saja sangat dimungkinkan untuk mempertimbangkan juga akuntan publik yang punya kredibilitas yang baik, sehingga hasil pelaporannya juga bisa dipercaya.

Apa poin pentingnya? Investor adalah salah pihak utama atas penyelenggaran sebuah kondotel. Maka sudah sepantasnya dia mendapatkan hasil audit penapatan pengelolaan kondotel. Informasi hasil audit ini penting bagi investor untuk melihat wajarkah keuntungan yang mereka dapatkan setiap bulannya. Jadi bisa dikatakan, hasil pelaporan audit ini adalah jaminan dari proses perjanjian yang telah mereka lakukan di awal.

:: Proses Pembelian Bisa Menggunakan KPA

Kita tentu sudah sering mendengar fasilitas pinjaman dana dari bank ketika kita akan membangun atau membeli rumah, yaitu Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Tentu saja fasilitas ini sangat membantu kita yang akan memiliki rumah. Dalam hal investasi kondotel, berbagai informasi menyebutkan bahwa anda juga bisa mengambil fasilitas pinjaman dana dari bank dalam wujud Kredit Pemilikan Apartemen (KPA).

Carilah informasi sedetil mungkin soal bagaimana prosedur untuk bisa mendapatkan pinjaman dana untuk berinvestasi pada bidang kondotel. Lakukanlah perhitungan yang tepat soal berapa besar kemampuan anda untuk membayar cicilan kredit setiap bulannya. Ketika beban kredit dan potensi keuntungan anda sudah bisa dihitung dengan detil maka jangan ragu lagi untuk mengambil fasilitas ini.

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada kondotel. Seperti halnya investasi yang lain, investasi kondotel ini memiliki kelebihan maupun keterbatasan, tetapi hal tersebut akan dibahas pada sebuah artikel yang lain. Bagaimanapun investasi pada kondotel ini adalah alternatif investasi properti yang patut untuk anda pertimbankan karena harga yang kian meroket dari waktu ke waktu.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *