Marketing Online untuk Agen Real Estate

Pasar real estate terkini sangat kompetitif. Persaingan yang tinggi menuntut agen real estate untuk memiliki lebih banyak kelebihan. Oleh karena itu, memiliki lisensi saja tidak cukup. Agen real estate harus menggunakan seluruh keterampilan yang dimiliki untuk mendukung pekerjaan mereka. Saat ini, taktik memasarkan secara online seyogyanya juga harus mereka kuasai, sebab semakin banyak orang yang menggunakan internet untuk mencari informasi mengenai rumah yang mereka idamkan, atau sejumlah properti real estate untuk kebutuhan investasi. Hal ini menjadi wajar sebab rumah seringkali menjadi aset terbesar mereka. Pilihan untuk mencari informasi di internet menjadi menarik sebab menghemat waktu dan tenaga mereka. Itu sebabnya, seorang agen real estate online dituntut untuk tidak hanya memiliki website sendiri, blog, dan juga Facebook business page. Anda jelas membutuhkan strategi yang tepat dan efektif untuk membantu Anda mencari celah dan kesempatan yang baik untuk memasarkan real estate Anda. Dan saat ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk memasarkan diri Anda secara online dan meraih berbagai keuntungan dari memasarkan real estate lewat internet.

Lantas, apa lagi yang masih dibutuhkan oleh agen real estate yang mencoba memasarkan secara online? Jika Anda seorang agen real estate, atau tertarik untuk mencoba bisnis ini, maka simak terus tulisan di bawah ini.

1. Desain web yang responsif (mobile-friendly)

Perlu disadari bahwa saat ini semakin banyak orang yang berselancar di internet menggunakan smartphone. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa halaman web Anda tetap dapat diakses dan dilihat dari layar yang berukuran kecil. Gambar atau foto-foto rumah yang Anda tawarkan harus terlihat jelas secara visual, serta dengan pencahayaan yang baik agar menarik. Begitu juga dengan teks atau tulisan sebagai informasi atau keterangan. Usahakan untuk menggunakan font yang sederhana namun menarik, dan jangan terlalu kecil sehingga nyaman untuk dibaca. Desain tampilan web pun harus dibuat semenarik mungkin, baik ketika dilihat dari layar yang besar, maupun dari layar yang kecil. Desain web yang responsif ini akan menarik lebih banyak lagi pengunjung, serta akhirnya berpotensi untuk meningkatkan penjualan Anda. Sebab orang akan memberikan apresiasi karena website Anda memiliki aksesibilitas yang baik, yakni dapat diakses dari berbagai perangkat.

2. Mengenal karakter daerah tempat real estate yang Anda tawarkan

Informasi mengenai daerah tempat real estate yang Anda tawarkan ini akan sangat berguna bagi Anda ketika memasarkannya secara online. Perlu dipahami bahwa kebanyakan pembeli tidak hanya mencari rumah yang indah secara tampilan, tetapi juga lingkungan sosial yang nyaman dan aman, sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan. Sebab di rumah itulah mereka akan tinggal, menghabiskan banyak waktu, beraktivitas, serta berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Ada banyak kasus di mana konsumen tidak kerasan tinggal di rumah yang mereka beli bukan karena faktor rumah tersebut, tetapi karena lingkungan sekitar tempat mereka tinggal yang dinilai tidak nyaman.
Biasanya orang akan meminta detail informasi mengenai lingkungan sekitarnya, seperti karakter demografis dari masyarakat sekitar, serta fasilitas-fasilitas publik misalnya seperti:

?Sekolah terdekat, baik di tingkat terendah hingga tertinggi
?Tempat berbelanja di sekitar lokasi rumah, misalnya seperti warung, pasar tradisional, supermarket, swalayan, pusat pertokoan, mall, dan sebagainya
?Tempat rekreasi atau taman bermain di sekitar lokasi rumah
?Tempat-tempat yang menyediakan makanan, seperti rumah makan, restauran, dan sebagainya
?Kisaran harga rumah-rumah di daerah tersebut
?Tingkat keamanan di lingkungan tersebut
?Karakter penduduk sekitar
?Jaringan telekomunikasi, seperti apakah kawasan tersebut blank spot atau tidak
?Tempat ibadah terdekat, seperti masjid, gereja, pure, wihara
?Jalur transportasi di sekitar rumah, seperti jalur bus yang terdekat, dan sebagainya.

Oleh karena itu, seyogyanya Anda tidak hanya menguasai properti yang Anda tawarkan, tetapi Anda juga harus mengenali lingkungan sekitar real estate tersebut.

3. Buatlah daftar calon pembeli

Anda dapat memanfaatkan data dari pengunjung website Anda. Anda memang tidak dapat mengubah seorang pengunjung website menjadi seorang pembeli dalam semalam, tetapi Anda dapat mempromosikan properti dengan memanfaatkan data e-mail mereka. E-mail dapat menjadi alat yang efektif untuk berpromosi, termasuk untuk mengirimkan undangan ketika Anda mengadakan open-house, mengirim informasi terkini atas properti real estates, dan lain sebagainya.

4. Meminta review atau ulasan dari pelanggan

Ketika Anda telah sukses melakukan transaksi dengan pelanggan, bangunlah relasi yang positif dengan mereka. Sebab, hal ini juga akan berpengaruh positif terhadap reputasi Anda. Anda bisa mendapatkan manfaat positif dari kepercayaan yang telah terbangun karena mereka akan mereferensikan Anda sebagai agen jika ada kerabat atau teman mereka yang juga membutuhkan properti. Selain itu, mintalah pelanggan Anda untuk me-review atau mengulas kinerja Anda. Ulasan yang baik dapat Anda terbitkan di website Anda sebagai testimonial dari pelanggan.

5. Gunakan foto yang besar dan atraktif

Karena Anda memasarkan secara online, maka gunakan foto yang baik ketika Anda menawarkan real estate. Foto yang baik adalah foto yang dapat memberikan gambaran kepada konsumen tentang rumah yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, jangan pelit dalam memasang foto. Pasanglah foto dari rumah yang Anda tawarkan dari berbagai sisi, misalnya baik dari luar, maupun juga interiornya. Pasang juga foto yang memuat detail dari keunggulan rumah tersebut, misalnya kamar mandi yang cantik, dapur yang minimalis namun fungsional, atau halaman belakang indah. Jangan ragu untuk menampilkan beberapa pencahayaan, misalnya seperti suasana pencahayaan taman di waktu malam, permainan pencahayaan di dalam rumah, dan sebagainya. Lagipula, foto yang cantik juga akan terlihat sangat menarik ketika Anda pasang di akun media sosial Anda seperti Facebook, Twitter, dan lainnya bukan?

6. Rutin menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk di forum real estate

Forum-forum ini sangat populer dan menjadi titik pertemuan yang efektif bagi pembeli, penjual, serta agen real estate. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk dengan baik dapat meningkatkan reputasi Anda dan mendorong orang untuk membuka dan menelusuri lebih jauh penawaran-penawaran yang Anda lakukan, baik di website maupun di sosial media. Bahkan, mereka mungkin ingin bertemu secara langsung dengan Anda. Supaya tidak memberatkan, disiplinkan diri Anda dengan cara menyediakan waktu 30 menit saja dalam sehari untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bagus. Aktivitas ini membuat Anda selalu terhubung dengan konsumen Anda.

Kesuksesan seorang agen real estate online tidak hanya tergantung pada keahlian Anda di bidang teknologi informasi saja. Meskipun keterampilan di bidang teknologi informasi mutlak diperlukan, tetapi hal itu tetap saja hanya sebuah sebuah alat atau teknologi yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda. Kuncinya ada pada komitmen Anda sendiri untuk terus meningkatkan diri agar menjadi agen yang handal.