Maju Bersaing Dalam Bisnis

Memperoleh bisnis yang maju dan lancar merupakan impian setiap pengusaha. Hampir setiap orang jika ditanya apakah ingin sukses atau tidak, pasti akan menjawab ingin berhasil. Tetapi jika saya tawarkan anda modal untuk menjual produk yang laris manis tetapi produk tersebut sudah dijual juga oleh orang lain? Pasti akan berkeluh kesah karena harus bersaing dengan orang lain dulu bukan?

Bersaing dalam berbisnis itu merupakan hal yang wajar. Masing-masing orang pasti mempunyai tujuan yang besar dan memiliki hasrat untuk mencapainya. Anda yang baru mulai berbisnis, pasti mengetahui bahwa anda harus bersaing ketat dalam memperjuangkan bisnis anda. Mungkin bukan dalam bisnis saja. Bahkandalam kehidupan sehari-hari, anda harus bersaing ketat untuk mendapatkan apa yang anda inginkan bukan? Misalnya bersaing mendapatkan nilai tertinggi di sekolah, bersaing mendapatkan hati seseorang yang anda cintai, bersaing mendapatkan pekerjaan yang anda impikan atau juga bersaing mendapatkan keuntungan yang banyak ketika berbisnis.

Bersaing itu merupakan tantangan yang besar bagi kita. Bersaing juga memacu kita untuk tidak hanya berada di zona nyaman dan diam di tempat. Dalam berwirausaha, anda harus konsistensi mempertahankan bisnis anda agar dapat bersaing di tengah-tengah perusahaan yang muncul secara besar-besaran. Bayangkan jika anda menyerah, dalam beberapa bulansaja pesaing anda mungkinsudah mempunyai ide atau produk yang baru.Lalu bagaimana dengan anda, dalam setahun sudah melakukan terobosan apa saja? Apakah metode pemasaran anda masih sama? Keuntungan anda masih di angka yang sama? Jika sudah tahu, maka mulailah melangkah meskipun hanya 1 langkah.

Bersaing itu tidak perlu dengan cara yang licik. Lebih baik lagi anda menganggap pesaing anda adalah sebagai motivator kesuksesan anda. Lalu bagaimana cara yang baik menghadapi pesaing anda?

1. Tidak putus asa

Jika anda sudah mau menyerah karena belum memiliki ide bisnis yang baru, maka tamat sudah riwayat bisnis anda. Pastinya anda tidak mau bukan jika bisnis anda hancur begitu saja? Anda harus tenang. Jika pesaing anda berhasil melakukan terobosan yang besar bagi perusahaannya, maka anda juga dapat melakukan seperti pesaing yang anda lakukan. Yakinkan diri anda terlebih dahulu untuk tidak putus asa karena ketika anda berusaha, anda pasti akan mendapatkan ide yang lebih baik. Ketika pesaingmu sudah satu langkah lebih maju, maka anda dapat menghadapinya dengan cara tidak cepat untuk berputus asa.

2. Up to date

Tips lainnya agar dapat menghadapi persaingan adalah up to date segala berita yang baru mengenai bisnis anda. Mungkin selama ini anda tidak terlalu peduli dengan isu-isu yang ada mengenai produk yang diminati oleh banyak orang. Mungkin juga anda belum jeli mengenal tipe pelanggan anda. Mulailah cari tahu tentang kabar terbaru mengenai semua hal yang meningkatkan citra perusahaan anda. Kemudian jangan terlalu lama untuk mengambil keputusan yang lebih baik lagi.

3. Menerima kritikan

Perusahaan anda sering mendapatkan kritikan namun anda tidak pernah peduli dengan itu. Kritikan memang kan menyakitkan hati anda tetapi jadikan kritikan sebagai kesempatan memperbaiki performa kerja anda. Oleh karena itu lebih terbuka ketika anda mendapatkan kritikan.

4. Percaya diri dengan kelebihan

Anda tidak perlu ragu ketika anda mempunyai ide yang baru. Setiap orang diciptakan mempunyai kelebihannya masing-masing. Pesaing anda memiliki kelebihan menciptakan produk yang baru tetapi jika anda pandai melakukan pemasaran, kenapa harus minder?

5. Belajar keahlian baru

Poin selanjutnya yaitu belajar keahlian atau keterampilan baru. Ilmu pengetahuan selalu berkembang oleh karena itu anda wajib belajar keterampilan yang akan membantu anda mengoperasikan perusahaan. Anda juga dapat mengundang tenaga ahli untuk mengajarkan karyawan-karyawan di perusahaan baru.

6. Memahami tipe pesaing anda

Kenali terlebih dahulu pesaing dalam bisnis apa. Anda harus mengenali setiap kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya. Jangan anggap remeh setiap kelebihan mereka. Teruslah memacu diri anda untuk berinovasi lebih baik lagi.

7. Menciptakan sesuatuyang unik

Unik disini adalah melakukan perbedaan yang cukup besar untuk kemajuan perusahaan anda. Misalnya selama ini kemasan produk anda tidak pernah diganti sehingga konsumen jenuh dengan itu. Oleh karena itu carilah sesuatu pembeda yang dapat menciptakan pasaran produk anda lebih laku.

8. Servis yang terbaik

Ibarat kata pelanggan adalah raja kita. Pelanggan yang selalu bertahan adalah pelanggan yang selalu puas dengan pelayanan kita. Berikan servis yang terbaik ketika pelanggan membutuhkan sesuatu. Ciptakan kesan yang baik di hati pelanggan, otomatis pelanggan tidak akan pernah melirik produk yang lainnya.

9. Tingkatkan kapasitas keberanian anda

Persaingan itu mutlak ada di setiap bisnis. Jika selama ini anda masih takut dengan pesaing anda, maka tidak ada harapan lagi untuk kemajuan bisnis anda. Tingkatkan lebih lagi kapasitas keberanian anda. Pesaing anda saja dapat melakukan inovasi baru, mengapa anda tidak melakukannya juga?

10. Singkirkan ide buruk

Selama ini anda memang selalu kalah ketika bersaing dan seketika anda akan menggunakan ide yang buruk untuk menghancurkan pangsa pasar pesaing anda. Lebih baik anda langsung menyingkirkan ide yang licik. Mungkin saja bukan harapan anda yang tercapai tetapi anda pula yang jatuh terjerembab. Bisnis yang sehat tidak akan melakukan sesuatu yang buruk. Ketika anda sudah melakukan yang terbaik dan tidak pernah menyerah, disitulah anda yang jadi pemenangnya.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *