Mahalnya Memelihara Binatang Peliharaan

Dalam kehidupan, uang atau materi memang merupakan hal yang penting. Karena itu banyak orang bekerja keras untuk mendapatkan materi. Banyak yang bilang uang atau materi tidak dapat membeli kebahagiaan. Sebenarnya opini itu tidak salah, hanya saja agak kurang tepat. Karena kebahagian masing-masing orang itu tidak sama dan tentu saja standar bahagianya juga berbeda. Biasanya orang akan merasa bahagia saat melakukan hobi, nah yang namanya hobi itu seringkali membutuhkan dana yang tidak sedikit. Memang semuanya tergantung pada hobi masing-masing orang sih. Salah satu hobi yang digemari banyak orang adalah memelihara hewan peliharaan. Cukup banyak varietas hewan atau binatang yang dapt diperlihara. Beberapa diantaranya adalah kucing, anjing, ikan hias, burung hingga hewan-hewan liar seperti ular. Merawat hewan peliharaan Khusus untuk hobi memelihara hewan anda harus tahu bahwa biaya yang diperlukan tidaklah sedikit. Tetapi bagi orang yang benar-benar cinta kepada binatang maka biaya yang dikeluarkan untuk merawat binatang-binatang tersebut tidaklah dipikirkan. Nah berikut ini ada sedikit contoh tentang perhitungan biaya untuk merawat hewan peliharaan ( kucing) :

1. Biaya Kepemilikan

Untuk memiliki hewan peliharaan yang resmi biasanya anda akan dihadapkan pada biaya kepemilikan atau biaya adopsi. Dan besaran biaya adopsi ini berbeda untuk masing-maing hewan. Ada yang berharga 1 juta hingga belasan juta untuk memiliki sertifikat dan silsilah yang jelas . dan sebelum melakukan pengadopsian tentu anda harus menyediakan berbagai perlengkapan untuk hewan peliharaan anda seperti tempat makan & minum (100rb), tempat tidur (antara 100rb hingga 300rb), kandang (500rb hingga 3 juta), alat pembersih (100rb), biaya kebiri sekitar 200rb.

2. Biaya Makanan

Untuk makanan anda akan membutuhkan makanan utama dan snack bagi binatang peliharaan anda. untuk biaya makanan anda akan membutuhkan biaya sekitar Rp. 100.000 hingga Rp. 500.000 per bulannya.

3. Biaya Untuk Mainan

Mainan diperlukan hewan agar mereka tidak bosan dan stress. Selain berfungsi sebagai media untuk bersenang-senang, mainan juga membantu hewan peliharaan anda untuk mengembangkan kepandaiannya. Estimasi biaya untuk mainan sekitar Rp. 200.000 hingga 2 juta per tahunnya.

4. Biaya Perawatan

Untuk perawatan anda biasanya akan berhubungan dengan salon hewan. Dimana tariff yang tersedia bervariasi tergantung perawatan apa yang anda perlukan. Dan masalah perawatan ini masing-masing hewann memiliki kebutuhan yang berbeda. Perkiraan biaya perawatan yang anda butuhkan sekitar Rp. 50.000 sampain Rp. 200.000 per bulannya.

5. Biaya Kesehatan

Sama dengan manusia, hewan juga bisa sakit. Oleh karena itu anda wajib membawa hewan peliharaan anda untuk check up ke dokter setidaknya setahun sekali. Dan biaya untuk check up ke dokter berkisar pada angka Rp. 200.000 hingga Rp. 500.000. selain itu anda juga harus menyediakan beberapa obat seperti obat kutu, obat jamur, obat cacing ataupun vitamin yang terkadang diperlukan di saat-saat yang tidak tentu.

6. Biaya Penitipan

Pada Pet Care Biaya ini memang tidak harus dikeluarkan setiap hari, karena tidak setiap hari pula anda akan meinggalkan hewan peliharaan anda sendirian. Biasanya biaya ini keluar dan membengkak saat musim liburan atau saat dimana anda sedang mengambil cuti untuk berlibur atau bepergian tanpa membawa hewan peliharaan anda. untuk wilayah Jakarta sendiri tariff penitipan hewan berkisar pada harga RP. 50.000 per harinya. Sebagai tips ada beberapa breeder yang terkadang bersedia anda titipi hewan peliharaan anda tanpa biaya, tapi dengan kondisi hubungan anda dengan breeder adalah cukup dekat.

Biaya-biaya yang telah dijelaskan diatas menurut saya sudah mencakup keseluruhan biaya yang harus anda keluarkan. Jika memang ada yang kurang, anda dapat menambahkan di box comment.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *