Lelang Pegadaian

Dapat membeli barang yang diidamkan tentu sangat membahagiakan. Apalagi jika dapat membelinya dengan harga miring alias murah. Namun kenyataan saat ini jarang ditemukan. Jikapun kita menemukannya pun kualitas yang dimiliki berbeda dengan barang yang dijual dengan harga tinggi. Melihat hal ini membuat kita harus berfikir beberapa kali untuk membelinya karena tidak jarang kita bisa tertipu dengan kualitasnya. Akan tetapi anda tidak perlu bingung saat ini. Pegadaian adalah solusi yang bisa dicoba.

Lelang Pegadaian

Ya, yang kita ketahui selama ini pegadaian adalah tempat untuk menggadaikan barang pribadi agar mendapatkan uang yang dibutuhkan sesuai dengan harga kesepakatan. Hal inilah yang menarik minat banyak orang untuk langsung menggadaikan barang miliknya ketika memiliki kebutuhan mendadak. Pegadaian akan menghitung serta mengoreksi barang yang gadaian kemudian mereka akan memberikan harga terhadap barang tersebut. Jika deal dengan harga yang diberikan maka kita bisa membuat kesepakatan dan membawa pulang uang tunai. Kemudian Pegadaian akan memberikan jangka waktu tertentu untuk kita melakukan pengangsuran atau pembayaran dari harga barang yang telah diterima.

Sumber:http://cdn.klimg.com/

Sumber:http://cdn.klimg.com/

Hal ini jelas terdengar mudah dan sederhana. Tetapi ada kalanya beberapa orang tidak dapat membayar barangnya kembali yang mengakibatkan barang yang digadaikan harus berpindah tangan menjadi milik Pegadaian tersebut. Hal ini tentunya tidak hanya terjadi pada 1 atau 2 pelanggan saja. Banyak pelanggan yang memiliki nasib sama dengan orang-orang. Jika hal ini terjadi, maka gudang penyimpanan Pegadaian tentu akan penuh sesak dengan barang jaminan yang tidak bisa ditebus kembali. Apabila barang ini kecil tentu bukan masalah, namun jika barang ini benda bergerak yang wujudnya besar maka gudang penyimpanan ini tentu akan penuh sesak.

Maka dari itu setiap periodenya pegadaian akan melelang barang tersebut. Inilah yang menjadi incaran para pembeli. Lelang yang dilakukan oleh Pegadaian ini berbeda dengan lelang pada umumnya. Jika lelang biasanya dilakukan dengan cara memajang barang tertentu kemudian menawarkan dengan harga terendah yang selanjutnya siapa yang berani menawar dengan harga tinggi maka dialah yang akan mendapatkan. Pada lelang Pegadaian ini barang akan dipajang didepan kantor Pegadaian. Kemudian barang tersebut akan dipasang nomor. Peminat akan menyebutkan nomor barang kepada petugas. Jika transaksi berhasil dan menghasilkan kesepakatan diantara kedua belah pihak maka barang tersebut bisa dimiliki. Barang lelangan Pegadaian banyak diminati karena ada kalanya pada barang tertentu lebih murah dari harga pasar pada umumnya. Barang ini contohnya adalah perhiasan emas.

Harga pasar emas lebih mahal karena dikenai biaya pembuatan dimana ini tidak berlaku pada harga lelang Pegadaian. Harga emas di lelang Pegadaian hanya melihat kadar emas dan beratnya saja. Kendati demikian anda tidak perlu ragu akan kualitasnya karena sudah dipastikan oleh pihak Pegadaian saat transaksi. Akan tetapi berkaca dari pepatah untuk tidak besar pasak dari pada tiang maka kita juga perlu selektif dalam membeli barang termasuk barang yang ada di Pegadaian ini. Seperti yang dikatakan diatas bahwa tidak semua barang dikenai harga miring seperti pada emas. Salah seorang kepala cabang PT Pegadaian persero Jakarta Pusat mengungkapkan bahwa barang yang dilelang dipegadaian dipatok dengan harga yang sama dengan dipasaran pada umumnya. Hal ini terjadi karena sudah ada perjanjian yang disepakati. Oleh sebab itu akan lebih baik jika anda memilah barang yang memang diperlukan sebelum membelinya.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *