Kunci sukses itu simple sekali

Banyak orang ingin sukses dan berpikir apa yang harus dilakukan agar menjadi sukses. Kesuksesan seseorang dapat terjadi jika tujuan yang diharapkan dapat tercapai pula. Kesuksesan untuk setiap orang berbeda karena setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Sesungguhnya kunci sukses adalah hal yang sangat simple yaitu konsistensi. Yang sulit adalah melakukan konsistensi tersebut.

Untuk dapat meraih sesuatu, kita perlu membuat suatu perencanaan terlebih dahulu. Setelah itu konsistensi dalam melaksanakan rencana yang sudah kita buat. Berikut contoh konsistensi yang dapat membawa kesuksesan:

  • Sebagai karyawan dan ingin meraih kenaikan gaji dan promosi, maka rencana yang dibuat adalah datang ke kantor selalu 15 menit sebelum jam masuk dan menghabiskan 1 jam pada malam hari untuk belajar dan meningkatkan kemampuan. Walau rencana ini terlihat mudah, namun apalagi sang karyawan dapat melakukannya secara konsisten, maka ia dapat mencapai tujuannya.
  • Untuk menjadi atlit yang sukses tentu perlu konsistensi dalam latihan dan hal tersebut terkadang sangat membosankan. Seorang atlit perlu melakukan latihan terus-menurus secara konsisten agar dapat meraih juara. Hal ini sesuai dengan kata-kata bijak “Practice makes perfect”.

consistency

  • Dalam bisnis juga dibutuhkan konsistensi, misalnya seorang sales mengetahui bahwa dari menawarkan produk ke orang lain, peluang terjualnya adalah 10%. Untuk berhasil menjual 5 produk sebulan, maka ia harus menawarkan ke 50 orang dalam sebulan, atau 2 orang per hari. Seorang sales yang sukses akan melakukan apa yang diperlukan untuk mencapai konsistensi yaitu menawarkan produknya ke dua orang per hari.
  • Konsistensi juga di perlukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan. Misalnya rencana kita untuk menurunkan berat badan adalah hanya memakan buah-buahan pada malam hari. Jika berhasil hanya makan buah-buahan pada malam hari secara konsisten maka tujuan akan tercapai.
  • Bagi perusahaan konsistensi sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Dari konsistensi akan lahir reliabilitas dan kemudian lahir kualitas. Jika produk yang kita jual secara konsisten cacatnya minim, maka publik akan menggangap produk kita berkualias dan membelinya.
  • Seseorang yang yang ingin kaya dapat membuat rencana untuk berinvestasi di reksadana tiap bulannya 1 juta selama 10 tahun. Kunci suksesnya adalah konsistensi dalam menabung satu juta tiap bulannya dan menginvestasikannya ke dalam reksadana selama 10 tahun.

Umumnya dalam melakukan suatu hal secara konsisten banyak sekali godaannya, misalnya tidur terlalu malam, malas bangun, godaan dari teman, televisi atau capek.
Satu strategi untuk membangun konsistensi adalah melakukannya secara perlahan atau gradual, karena perubahan yang drastis umumnya ditolak oleh tubuh. Contohnya jika target kita adalah belajar 1 jam ketika malam setiap harinya, maka untuk 1 bulan pertama bisa diluangkan hanya setengah jam per hari. Setelah berhasil melakukan apa yang sudah direncanakan selama 1 bulan, maka umumnya bulan-bulan berikutnya akan lebih mudah dan kita dapat meningkatkan waktu belajar menjadi 1 jam per hari.

Setelah berhasil secara konsisten melakukan rutinitas tertentu selama satu bulan, maka rutinitas tersebut akan menjadi suatu kebiasaan, sehingga dapat berjalan secara tidak kita sadari atau didorong oleh alam bawah sadar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *