Kuliah Sambil Bekerja? Kenapa Tidak

Bekerja merupakan salah satu cara manusia untuk bertahan hidup, karena dengan bekerja manusia akan mendapatkan kompensasi berapa hang yang dapat dipergunakan untuk membiayai segala kebutuhannya. Lalu kapan seseorang harus bekerja? Pada dasarnya tidak ada ketentuan pasti untuk kapan seseorang harus bekerja. Setidaknya seseorang yang telah menyelesaikan pendidikannya dapat melanjutkan ke dunia kerja.

Kuliah Sambil Bekerja

Di Indonesia sendiri banyak lapangan pekerjaan yang saat ini mengutamakan strata pendidikan seseorang. Jika dulu lulusan SMP masih bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan maka mini untuk lulusan SMA saja sudah semakin sulit mencari kerja. Fenomena ini mendorong banyak orang untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi seperti tingkat strata satu ataupun master. Namun sudah menjadi rahasia umum bahwa melanjutkan pendidikan di jenjang universitas itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika Anda termasuk orang atau keluarga yang memiliki tingkat perekonomian cukup, tentu biaya kuliah bukan lah hal sulit. Hal ini berbanding terbalik dengan beberapa orang yang hidup serba kekurangan.

Sumber :http://uceng999.com/

Sumber :http://uceng999.com/

Sebenarnya siapapun Anda, entah kata ataupun miskin memiliki kesempatan yang sama dalam hal pendidikan. Asalkan Anda memang memiliki niat dan tekat untuk melanjutkan pendidikan. Salah satu fenomena di dunia pendidikan yang sudah berlangsung cukup lama adalah maraknya mahasiswa atau mahasiswi yang melanjutkan kuliah sambil bekerja. Hal ini juga didukunv boleh kebijakan universitas dan sekolah tinggi yang menyediakan kelas malam atau sore. Dimana program tersebut mempermudah mahasiswa dan mahasiswinya untuk bekerja di siang hari dan menimba ilmu di bangku universitas pada sore atau malam hari.

Keputusan seseorang untuk kuliah sambil bekerja ini memang bukan keputusan yang mudah untuk diambil. Disaat orang lain fokus dengan kuliahnya maka Anda harus membagi waktu, tenaga, pikiran dan kemampuan Anda untuk bekerja dan kuliah setiap harinya. Ketika weekend tiba pun belum tentu Anda memiliki waktu luang, karena mungkin saja tugas kantor atau tugas kuliah sudah menanti untuk diselesaikan. Hal inilah yang terkadang membuat banyak orang berpikir ke sekian kali untuk kuliah sambil bekerja. Sebagai bahan pertimbangan berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk kuliah sambil bekerja :

Kerugian

1. Waktu Luang Semakin

Sedikit Kuliah sambil bekerja jelas menyita waktu Anda, disaat teman kuliah Anda bisa berlibur atau hangout saat weekend, belum tentu Anda bisa melakukannya. Jika Anda memutuskan untuk kuliah sambil bekerja maka Anda harus siapa untuk tidak bisa menikmati waktu luang sebanyak dulu.

2. Kemungkinan Fisik Menurun

Menjalani dua aktivitas panjang dalam sehari dan berkelanjutan sudah pasti menguras tenaga Anda. Jika Anda tidak menjaga pola hidup sehat maka kemungkinan besar Anda bisa sakit. Kemungkinan terkecil Anda akan mengalami penurunan berat badan, letih, tidak bersemangat dan lain-lain.

3. Kehilangan Keduanya

Kemungkinan terburuk untuk Anda yang menjalani kuliah sambil bekerja adalah kehilangan keduanya. Hal ini sangat mungkin terjadi jika Anda tidak memiliki manajemen waktu yang baik. Kesibukan Anda bekerja sudah pasti berdampak terhadap prestasi akademik Anda di kampus. Sebaliknya, banyak nya tugas atau kegiatan dari kampus bisa membuat Anda tidak konsentrasi saat bekerja sehingga mempengaruhi prestasi Anda di kantor. Kunci dari semua ini adalah manajemen waktu dan Anda bisa menjalani keduanya.

Keuntungan :

1. Memiliki Pengalaman Kerja Meskipun Fresh Graduate

Seperti yang kita ketahui bahwa kini dunia kerja memiliki persaingan yang sangat ketat. Memiliki gelar sarjana tidak menjamin Anda dengan mudah dapat memperoleh pekerjaan. Oleh karena itu dengan kuliah sambil bekerja, Anda akan memiliki nilai plus jika dibandingkan dengan fresh graduate lain nya. Orang yang sudah pernah merasakan dunia kerja itu berbeda dengan seseorang yang hanya mengerti dari teori.

2. Mendapatkan Koneksi Lebih Banyak

Dunia kerja akan membuat Anda memiliki koneksi beragam. Selain rekan kerja sekantor tentu Anda mengenal klien atau siapapun yang Anda temui saat bekerja. Satu hal yang pasti, semakin banyak koneksi Anda maka semakin mudah Anda melakukan segala hal ke depannya. Setidaknya Anda memiliki lebih banyak pilihan saat Anda membutuhkan bantuan orang lain dalam hal apapun.

3. Memiliki Pola Pikir yang Lebih Luas

Percaya atau tidak, seseorang yang sudah bekerja dengan orang yang belum bekerja memiliki pola pikir yang berbeda. Segala hal baik dan buruk yang Anda temui saat bekerja akan membantu Anda berpikir Dari sudut pandang lain. Bekerja juga membuat Anda mendapatkan ilmu dari atasan, klien dan juga rekan kerja Anda.

Segala hal di dunia ini memang memiliki resiko, sama halnya dengan kuliah sambil bekerja. Namun Anda juga harus tahu bahwa resiko akan membuat Anda lebih baik kedepannya. Selain itu hidup di zona nyaman itu memang mudah namun sama sekali tidak menyenangkan. Jadi apakah Anda siapa untuk kuliah sambil bekerja?

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *