Kredit Tanpa Agunan

Dalam membangun sebuah usaha ada kalanya perihal modal menjadi masalah tersendiri yang sulit untuk diacuhkan. Pinjaman bank kerap menjadi solusi beberapa orang untuk masalah ini yang sulit untuk tidak dilakukan. Pinjaman bank ini biasanya menuntut aset anda untuk dijaminkan namun ada pula yang tidak membutuhkan jaminan. Pinjaman bank yang tidak memerlukan jaminan sering dikenal dengan kredit tanpa agunan. Meski beresiko kredit macet jenis kredit ini laris manis di pasaran. Tentunya pihak bank sangat berhati-hati dalam memilih nasabah untuk jenis pinjaman satu ini. Riwayat kredit menjadi salah satu poin penting yang wajib diselidiki oleh pihak bank.

Kredit Tanpa Agunan

Bank-bank yang memberikan layanan kredit diantaranya adalah Danamon, HSBS, BNI,CIMB,Citibank,Bukopin, ANZ,BNP,Mandiri,BCA,Permata,Maybank,Standar, Niaga, Panin dan lain sebagainya. Pihak bank juga tidak mempermasalahkan tujuan nasabah dalam melakukan kredit di bank namun sebagian besar pengguna layanan ini mempergunakan dananya untuk kebutuhan konsumsi. Ada nasabah yang menggunakan kredit tanpa agunan untuk biaya pernikahan, renovasi rumah, modal usaha sampai pengobatan.

Sumber: https://kreditgogo.com/

Sumber: https://kreditgogo.com/

Keuntungan mempergunakan kredit tanpa agunan sangat banyak terlebih bila anda membutuhkan dana instan yang cepat. Diantaranya menyangkut masalah syarat yang diajukan kepapembayarada nasabah seperti memiliki pendapatan bersih sebesar 3 juta per bulan yang berlaku untuk semua kalangan. Berwarganegaraan Indonesia serta masih dalam rentan usia yang diperbolehkan mengamil kredit tanpa agunan yakni 21 tahun – 60 tahun. Adapun beberapa dokumen yang wajib disediakan nasabah bilamana ingin mengajukan kredit ini sebagai berikut :

a. Sertakan slip gaji anda

b. Fotokopi identitas diri contohnya paspor ataupun KTP

c. Bila anda hendak meminjam dana diatas 50 juta maka sertakan pula fotokopi npwp

d. Fotocopi cover buku tabungan anda

e. Bila memiliki kartu kredit silahkan menyertakan fotokopi kartu kredit dari bank lain yang mana keanggotaan anda minimal sudah setahun

f. Fotokopi mutasi rekening bank anda untuk 3 bulan terakhir

Untuk mengurangi kredit macet maka bank akan melakukan penilaian dan mengajukan limit pinjaman yang bisa anda ambil. Biasaya pihak bank akan menggunakan analisis debt ratio agar tercapai keuntungan untuk kedua belah pihak. Bila anda berhasil mengajukan kredit tanpa agunan ini maka anda berhak memilih metode pembayarannya. Metode pembayaran yang ditawarkan bisa melalui teller,ATM bahkan menggunakan auto debet dari rekening kreditur. Untuk masalah besaran angsuran anda bisa memilih jumlah angsuran yang dibayarkan telah ditentukan bank ditambah bunga flat atau menyesuaikan dengan kemampuan debitur.

Biarpun tanpa jaminan bukan berarti pihak bank tidak memberikan biaya pada pinjamannya. Beberapa biaya yang akan dikeluarkan nasabah dalam proses pengajuan kredit ini diantaranya meliputi biaya provisi yang nilainya hampir sama dengan biaya administrasi. Ada pula biaya dimuka yang merupakan angsuran awal dari nasabah. Biaya materai,pinalti dan bunga juga akan dikenakan kepada nasabah. Biaya pinalti umumnya mencapai 5-6 persen dari sisa tagihan kredit tanpa agunan anda.

Bila anda telah siap dan setuju dengan syarat dan ketentuan kredit tanpa agunan yang diajukan bank maka saatnya untuk mengikuti prosedur lengkapnya supaya pengajuan anda disetujui. Prosedur kredit tanpa agunan dimulai dari memenuhi syarat pribadi yang diminta meliputi identitas diri serta beberapa dokumen pendukung yang diakui keasliannya. Dokumen pendukung tersebut berupa Surat Izin Praktik bagi profesional ataupun SIUP/TDP bagi pengusaha ,NPWP, Kartu Keluarga, Akta Nikah (jika sudah menikah), Surat Keterangan Penghasilan bagi karyawandan lain sebagainya.

Catatan kartu kredit serta status pekerjaan anda saat ini ditambah analisis debt ratio yang tidak boleh melebihi 30 persen dari penghasilan anda supaya terhindar dari kredit macet. Setelah semuanya selesai akan dilanjutkan dengan verifikasi dan menunggu putusan dari bank.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *