Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Apa Itu Kredit Tanpa Agunan (KTA) ?

Kredit Tanpa Agunan atau disingkat KTA dan sering disebut dengan Personal Loan (PL) adalah sebuah produk bank, dimana nasabah dapat meminjam sejumlah dana / uang dari bank tanpa harus memberikan jaminan atau agunan seperti sertifikat rumah, BPKB, SK, dll. Produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) diperkenalkan di indonesia pertama kali oleh Standard Chartered Bank kemudian diikuti oleh bank-bank asing lain di indonesia. Kredit Tanpa agunan biasanya dikhususkan untuk usia produktif dalam hal ini karyawan dan wiraswasta yang berusia 21 s/d 60 tahun, plafond kredit yang diberikan oleh bank berkisar antara 10 s/d 250jt dengan bunga/interest variatif berkisar antara 1,55% sd 2,2% Flat per bulan.

Bagaimana Cara Kerja KTA ?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa KTA merupakan Kredit yang diberikan tanpa jaminan, bukan berarti untuk mendapatkan KTA tidak diperlukan syarat sama sekali, melainkan dibutuhkan juga komponen kredit dari orang yang mengajukan KTA itu sendiri yaitu terutama catatan kemampuan mengelola kredit atau keuangan yang pada umumnya terekam di buku tabungan yang didaftarkan di bank tertentu. Sehingga bisa dikatakan bahwa satu-satunya jaminan dari pinjaman KTA adalah kemampuan dari bank tertentu dalam menganalisa kemampuan membayar nasabah yang akan dipinjami dana tersebut.

Bagaimana Cara Mendapat KTA ?

Tentukan Bank yang akan diajukan KTA

Menentukan bank pilihan yang sesuai dengan kebutuhan juga merupakan komponen terpenting dalam mengajukan KTA. Karena kenyamanan dalam pelayanan yang ditawarkan oleh bank yang sesuai dengan keinginan akan menjadi poin lebih dalam menentukan kesehatan pembayaran kredit itu sendiri.

Memiliki kartu kredit menjadi poin lebih

Kepemilikan kartu kredit adalah yang paling utama dalam pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Karena melalui kartu kredit, pihak bank penyedia fasilitas KTA dapat memantau bagaimana pola pembayaran calon nasabah. apakah baik (tidak ada keterlambatan & pemakaian limit yang terkontrol) atau buruk (keterlambatan pembayaran tagihan & over limit pemakaian karu) oleh karena itu dibutuhkan setidaknya masa terbit/berlaku sudah 1 tahun dari kartu kredit tersebut.

Persiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan

Jika ingin mendapatkan fasilitas pinjaman ini, biasanya nasabah harus menyertakan beberapa persyaratan. yakni berupa foto copy kartu kredit dan Foto copy KTP atau ada juga tambahan beberapa persyaratan yang lainnya jika diperlukan seperti misalnya fotokopi NPWP, slip gaji (jika karyawan) atau fotokopi SIUP (jika punya usaha).

Datangi Bank atau daftar via online

Datangi bank yang menjadi tujuan Anda untuk mengajukan KTA. Isi formulir dan sertakan persyaratan yang dibutuhkan. Saat mengisi formulir, isi sesuai fakta yang sebenarnya. Atau Anda bisa coba juga untuk mengajukan KTA secara online. Saat ini banyak bank yang sudah menyediakan fasilitas pengajuan KTA lewat internet.

Verifikasi dan Survei

Bank akan mengabari Anda dan melakukan verifikasi. Wawancara bisa dilakukan secara langsung atau lewat telepon. Verifikasi ini untuk mengecek kelangkapan persyaratan untuk pengajuan KTA. Bank kemudian akan melakukan survei ke rumah atau kantor Anda. Karena itu sebaiknya nomor telepon yang Anda masukkan dalam formulir harus selalu aktif.

Tunggu Kabar 

Tunggulah kabar baik dari bank. Mereka akan menginformasikan apakah KTA yang Anda ajukan disetujui atau tidak. Jika disetujui, maka Anda bisa lakukan pencairan dana yang akan Anda pinjam. Biasanya, setelah semua proses diatas selesai satu atau dua minggu waktu kerja KTA sudah menuju proses pencairan, tetapi agar dapat pasti jika setelah waktu tersebut belum ada kelanjutan kabar dari pihak bank, lebih baik hubungi pihak bank dan meminta kepastian yang diinginkan.

Fasilitas Kredit Tanpa Agunan ( KTA ) sangat flexibel dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan misalnya untuk tambahan modal usaha, pernikahan, renovasi rumah, biaya pendidikan, liburan atau keperluan lainnya yang membutuhkan dana cash. Yang penting adalah bagaimana mengelola uang pinjaman KTA tersebut agar bisa mengembalikan pinjamannya dan mendapat kepercayaan dari bank jika ingin mengajukan lagi pinjaman dilihat dari catatan pembayaran KTA sebelumnya yang baik.

|

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *