Anda Korban Banjir? Ayo Ikut Asuransi Banjir

Musibah merupakan hal yang di turunkan tuhan di muka bumi ini tanpa ada yang mengetahuinya. Namanya juga musibah, pasti kebanyakan merugikan. Jika Tuhan sudah berkehendak kita semua pasti akan mengalaminya. Namun tidak salah jika kita sebagai manusia berusaha untuk mencegah musibah tersebut. Namun jika kita tidak bisa mencegahnya, mungkin kita harus mempersiapkan diri akan datangnya hal yang tak diinginkan tersebut. Salah satu musibah yang bisa kita alami misalnya adalah bencana alam. Di Indonesia bencana alam yang yang memiliki potensi sering dan akan terjadi contohnya adalah banjir. Ini juga disebabkan oleh latak geografis serta keadaan alam indonesia.

Asuransi Banjir

Bagi warga ibukota jakarta misalnya, banjir bisa dikatakan sebagai ‘kegiatan tahunan’ yang rutin terjadi. Jika bencana banjir datang, barang berharga serta rumah anda bisa rusak. Oleh karena itu banyak persiapan yang harus dilakukan agar barang berharga serta rumah kita tidak rusak sebelum tamu yang tak diundang ini datang. Jika kita harus mencegah banjir cara yang tepat adalah tentu tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang hutan dan masih banyak lagi. Namun hal tersebut bukan hal yang bisa dilakukan secara perorangan. Butuh kerjasama antar sesama lainnya. Kita perlu persiapan sendiri untuk menjaga barang berharga agar tidak rusak saat banjir datang.

Sumber:http://cdnku01.autobild.co.id/

Sumber:http://cdnku01.autobild.co.id/

Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan menggunakan asuransi banjir. Memangnya ada asuransi banjir ? jawabannya ada. Namun asuransi ini berbeda dengan asuransi yang biasanya kita miliki seperti misalnya asuransi rumah atau asuransi kecelakaan kerja. Asuransi seperti ini dapat kita cairkan ketika kita mengalami kecelakaan. Asuransi ini sedikit berbeda. Asuransi ini tidak dapat langsung dicairkan jika terjadi banjir. Asuransi ini sebenarnya adalah penjabaran lain dari asuransi properti yang digunakan untuk mengasuransikan barang-barang yang kita miliki termasuk rumah. Setelah kita mengasuransi properti yang kita miliki kita bisa mengajukan asuransi banjir. Asuransi banjir ini juga diikuti dengan pembeyaran premi.

Harga premi tersebut juga beragam tergantung dengan intensitas dan lama jangka asuransi yang kita ajukan. Oleh karena itu sebelum mengikuti asuransi ini lebih baik jika anda tanya terlebih dahulu premi yang dikenakan pada properti anda. Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika anda ingin mengklaim asuransi yang telah anda miliki. Misalnya saja pada mobil anda. Ada beberapa hal tentang keadaan mobil yang menjadi syarat agar bisa mencairkan asuransi tersebut. Berikut keadaan mobil yang harus anda perhatikan :

1. Mobil yang akan diklaim asuransinya tidak boleh rusak akibat dipaksakan melewati genangan banjir atau di nayalakan saat terendam banjir.

2. Mobil juga tidak boleh dihidupkan setelah terendam banjir walaupun sudah terlihat kering. Ini untuk memastikan bahwa di bagian mesin mobil juga sudah kering dan belum terendam air

3. Asuransi yang di klaim tidak boleh lebih dari 5 x 24 jam setelah waktu mobil terkena banjir.

Hal tersebut perlu anda perhatikan agar klaim anda dapat diterima oleh perusahaan asuransi. Hal ini juga didasari agar tidak adanya hal yang sembrono dilakukan oleh pemilik asuransi. Jika kerusakan disebabkan oleh kesengajaan oleh daripada pemiliknya maka asuransi tetap tidak bisa diklaim. Sedikit rumit ya ? memang asuransi ini sedikit rumit dari prosedur asuransi lainnya. Namun jika anda menggunakannya maka rumah dan barang anda yang terkena banjir tahunan akan dapat diselamatkan oleh asuransi yang anda miliki. Anda berminat menggunakan asuransi banjir ini ?

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *