Kiat Sukses Menekuni Bisnis Camilan

Memutuskan untuk memulai usaha tentu tidaklah mudah. Banyak alasan yang sering menghalangi untuk memulai sebuah usaha. Beberapa alasan gagalnya membuka usaha yang sering terdengar seperti tidak memiliki modal yang cukup, tidak memiliki keahlian dan alasan lain seperti takut untuk mengambil resiko. Tentu saja semua usaha memiliki resiko kalo tidak untung ya rugi. Sayangnya banyak orang yang takut untuk mengambil resiko tersebut sehingga tidak jadi membuka usaha.

Bisnis Cemilan

Salah satu contoh peluang bisnis yang tidak memerlukan modal besar dan juga memiliki resiko kecil adalah membuka bisnis camilan contohnya saja bisnis kue kering. Siapa sih yang tidak suka dengan camilan? Semua orang pasti suka akan camilan, dari anak-anak hingga kakek nenek pun suka menikmati camilan. Apalagi camilan sangat cocok untuk menemani waktu bersantai bareng keluarga. Kebanyakan orang akan senang ngemil sambil menonton TV bersama keluarga dirumah. Oleh karena itu bisnis camilan akan bisa suskses apabila dijalankan dengan serius.

Sumber:http://1.bp.blogspot.com/

Sumber:http://1.bp.blogspot.com/

Jika anda ingin memulai bisnis camilan anda bisa menentukan terlebih dahulu bisnis camilan seperti apa yang akan anda pilih. Apakah anda ingin memproduksi camilan sendiri atau bertindak sebagai supplier yang mengambil dari produsen kemudian dikemas dan dipasarkan ulang. Tentu untuk anda yang pemula bertindak sebagai supplier adalah pilihan yang disarankan karena resiko yang mungkin terjadi cukup kecil dan tidak membutuhkan modal terlalu banyak. Anda hanya harus memilih produsen yang memiliki produk yang berkualitas dan harga yang terjangkau sehingga untung yang akan anda dapatkan lebih besar. Pilihlah camilan yang paling diminati oleh masyarakat namun jika anda memilih untuk memproduksi camilan anda tentu anda harus memastikan bahwa camilan yang anda buat akan disukai pasar. Pilihlah bahan yang berkualitas supaya camilan yang dihasilkan juga berkualitas.

Tentukan target pasar yang akan anda bidik untuk camilan anda. Anda bisa memulai dengan menitipkan camilan anda ketoko disekitar rumah anda. Jika mendapat respon yang bagus anda bisa memulai dengan menawarkan di swalayan, pasar, kantin sekolah ataupun menjual langsung kepada konsumen akhir. Setelah target pasar sudah anda tentukan anda juga harus melakukan survey pasar supaya mengetahui apa yang pembeli inginkan. Kemasan produk merupakan poin penting dalam bisnis camilan anda. Kemaslah produk anda dengan menarik supaya produk akan terlihat lebih cantik. Usahakan menawarkan sesuatu yang berbeda dengan kemasan produk anda agar pembeli lebih tertarik.

Berikan pelayanan yang ramah dan cepat kepada para pelanggan anda. Tentunya selain rasa dan kemasan yang menarik pelayanan yang cepat dan ramah akan dapat menarik pembeli. Pembeli cenderung merasa puas dan senang jika mendapatkan pelayanan prima, mereka akan merasa diutamakan. Pastikan kepuasan pelanggan menjadi tujuan utama yang harus anda jaga. Untuk menambah layanan anda bisa menambahkan kontak atau nomor yang dapat dihubungin sehingga pelanggan anda bisa memesan jika menginginkan camilan lagi. Jangan lupa berikan layanan cepat antar supaya pelanggan anda makin senang terhadap pelananan anda tersebut.

Hal yang paling penting dari semua itu adalah anda harus memiliki tekat yang kuat dan juga keyakinan bahwa bisnis camilan yang akan anda jalankan akan sukses. Sebenarnya menciptakan bisnis itu tidak terlalu sulit, asal anda mau bekerja keras dan tidak mudah putus asa. Setiap bisnis pasti memiliki resikonya masing-masing jadi jangan takut untuk menghadapi setiap resiko yang mungkin hadir. Dan jika anda gagal jangan ragu untuk mencoba kembali. Jadi mulailah bisnis anda dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *