Kiat Sukses Berdagang Ala Orang China

Tentu sudah bukan rahasia lagi jika banyak orang keturunan China yang sukses membangun usaha di nusantara ini. Bahkan lebih dari 30% perusahaan besar di Indonesia dikuasai oleh orang- orang China. Nah, Anda pasti terheran- heran bagaimana bisa orang- orang China lebih sukses dalam membangun usaha jika dibandingkan dengan orang- orang lokal?

Pasti ada tips rahasia dalam membangun usaha yang sukses layaknya orang China. Berikut ini 4 Kiat Sukses Berdagang ala Orang China. Baca, pelajari dan implementasikan!

Memiliki Jiwa Mandiri di Usia Muda

Salah satu perbedaan anak- anak Indonesia dan anak- anak keturunan Tionghoa terletak pada jiwa mandiri yang mereka milki. Orang- orang China selalu menanamkan kemandirian dalam jiwa anak- anak mereka baik itu secara teori maupun dalam bentuk tindakan.

Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya anak- anak keturunan China yang tak segan membantu bisnis orang tua mereka, bahkan beberapa dari mereka tak malu melakukan pekerjaan yang umumnya dilakukan oleh kuli seperti mengangkat dan memindahkan barang- barang berat bahkan tak jarang dari mereka yang bekerja sebagai sales yang terjun langsung melayani para customernya.

Sehingga tak heran jika jiwa mandiri orang- orang China tumbuh dan tertanam hingga mereka tua. Bandingkan dengan orang- orang pribumi yang menganggap masa muda adalah masa untuk bersenang- senang tanpa memikirkan pekerjaan apa yang cocok bagi mereka di kemudian hari.

Disiplin Waktu

Kiat Sukses Berdagang ala Orang China selanjutnya adalah disiplin waktu. Jika Anda pernah bekerja dengan orang China, atau setidaknya mencermati gerak- gerik mereka, Anda pasti akan tahu jika orang China adalah salah satu tipe orang yang mengganggap Time is Money.

Mereka menganggap bahwa uang dapat diperoleh hanya karena adanya disiplin waktu, sehingga setiap detik waktu merupakan kehidupan yang sangat berharga bagi mereka. Tak heran jika karyawan mereka juga selalu disiplin dan on time.

Uniknya lagi, kebanyakan orang- orang China sangat jarang memberikan pujian kepada anak, keluarga atau bahkan karyawannya, sebab mereka menganggap bahwa pujian akan membuat mereka besar kepala dan membuat mereka merasa puas sehingga kinerja akan menurun.

Besar Pasak Dari Pada Tiang Tidak Berlaku Bagi Orang China

Salah satu penyebab tenggelamnya suatu usaha adalah karena lebih besar pasak dari pada tiangnya. Hal tersebut tentu berlaku bagi mereka yang seringkali membelanjakan uang untuk kebutuhan – kebutuhan yang kurang atau bahkan tidak penting sama sekali. Perilaku seperti ini hampir tidak pernah dilakukan oleh mereka para pelaku bisnis dan dagang yang dimanage oleh orang China.

Kebanyakan orang China menganut asas hemat dengan cara membelanjakan uang pada tempatnya sesuai kebutuhan mereka, sehingga tak jarang usaha orang China akan sukses di pasaran. Bahkan jika Anda cermati, kebanyakan dari mereka bisa bekerja secara multi-fungsi yang artinya si pemilik usaha bisa merangkap menjadi sales di depan toko dan bahkan mereka juga tak segan membantu para pegawainya melakukan pekerjaan kasar seperti mengangkat, menata dan memindahkan barang.

Itulah yang disebut dengan efisiensi waktu, semakin banyak yang bekerja maka pekerjaan akan semakin cepat selesai.

Siap Menerima Risiko dan Konsekuensi Pahitnya

Jika kebanyakan orang- orang Indonesia masih berpikir dua kali atau bahkan seribu kali sebelum memulai usahanya dikarenakan faktor resiko dan kompetitor yang sengit di pasaran, namun hal demikian tidak berlaku bagi orang China.

Bagi mereka rugi, gagal dan bangkrut adalah bagian dari perjuangan. Mereka percaya bahwa kerja keras tidak akan membohongi hasil. Keduanya akan berjalan sinergis dan tidak akan bertolak-belakang. Mereka selalu memetik hikmah dari segala kegagalan yang didapatkan, bahkan tak jarang mereka bisa bangkit kembali dengan membangun usaha yang sama, tentunya dengan ilmu-ilmu dan strategi baru dari pengalaman kegagalan yang mereka dapatkan sebelumnya.

Bagi mereka kegagalan dan kebangrutan adalah sesuatu yang berharga untuk bisa menjadi pelajaran dalam membangun usaha – usaha berikutnya.

Nah, semoga kiat- kiat sukses berdagang ala orang China dapat Anda pelajari dan Anda implementasikan sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *