Kiat Mengantisipasi Pengeluaran Tak Terduga

Seharusnya patut disyukuri bahwa kini semakin banyak orang yang sadar untuk membuat anggaran keuangan secara berkala. Membiasakan untuk membuat anggaran akan membantu anda mengatur pengeluaran dan pemasukan secara optimal. Siapapun tentu ingin segala sesuatunya sesuai dengan rencana yang telah dibuat, tidak terkecuali dengan perencanaan financial anda. pengeluaran tak terduga Niatan membuat anggaran di awal tahun agar selama setahun kedepan anda dapat dengan mudah mengontrol keuangan. Namun sebagai manusia biasa memang wajar jika anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Cukup banyak orang yang gagal dalam mengatur keuangannya meskipun sudah ada perencenaan anggaran sebelumnya. Menurut beberapa pakar keuangan, alasan utama sering gagalnya perencanaan anggaran yang telah anda buat adalah munculnya pengeluaran tak terduga atau pengeluaran yang sudah diduga namun muncul terlalu awal dan mungkin saja nominalnya lebih dari yang diperkirakan.

Pengeluaran tidak terduga

Beberapa contoh pengeluaran tidak terduga yang seringkali muncul adalah biaya berobat dimana sakit yang anda derita muncul diluar dugaan. Biaya service kendaraan dimana biaya service ini tidak termasuk biaya pemeliharaan rutin seperti mungkin kendaraan anda rusak ditabrak atau menabrak. Atau mungkin biaya sehari-hari yang ternyata tagihannya lebih besar dari nominal yang dianggarkan. Hal ini sebenarnya wajar karena memang seringkali anggaran yang anda tetapkan ternyata lebih sedikit dari fakta yang ada di lapangan. Jika hal-hal tersebut diatas sering anda alami maka kali ini kita akan mebahasa tentang kiat untuk mengntisipasi pengeluaran tak terduga tersebut.

Berikut ini adalah tips untuk mengatasi pengeluaran tak terduga dari Safir Senduk, yaitu salah satu pakar perencanaan keuangan di Indonesia.

1. Tidak Semua Harus Dituruti

Pada dasarnya pengeluaran tak terduga dibagi menjadi 2 bagian yaitu pengeluaran tak terduga yang bisa dihindari dan pengeluaran tak terduga yang tidak bisa dihindari. Pada poin ini andalahKiat Mengantisipasi Pengeluaran Tak Terduga yang memiliki peran penting dalam memilah mana pengeluaran yang harus anda prioritaskan. Untuk pengeluaran tak terduga yang masih bisa dihindari, usahakan agar anda benar-benar menghindarinya. Biasanya berbelanja adalah salah satu contoh pengeluaran tak terduga yang masih bisa dihindari. Lebih baik prioritaskan barang yang memang anda butuhkan daripada barang yang nda suka. Berbelanjalah dengan akal sehat bukan dengan nafsu.

2. Bayar dari Uang Simpanan

Mungkin anda memang sudah merencanakan anggaran untuk pengeluaran-pengeluaran yang memang rutin anda keluarkan tiap bulannya. Namun apa yang harus anda lakukan terhadap pengeluaran-pengeluaran tidak rutin (termasuk pengeluaran tak terduga) ? anda tidak boleh membayar pengeluaran tidak rutin tersebut dengan anggaran untuk pengeluaran rutin anda. Karena hal ini dapat merusak seluruh anggaran yang anda buat. Untuk mengantisipasi hal ini akan lebih baik jika anda memiliki simpanan uang tunai. Dengan simpanan ini anda akan dengan mudah membayar pengeluaran tak terduga yang muncul tanpa mengganggu anggaran yang sudah anda siapkan sebelumnya. Tetapi tetap ingat poin pertama tadi, hindari pengeluaran tak terduga yang memang masih bisa dihindari.

3. Ikutlah Beberapa Asuransi

Dari beberapa pengeluaran tak terduga, ada beberapa diantaranya yang bisa diasuransikan. Contohnya pengeluaran tak terduga karena kendaraan anda dicuri, anda dapat mengantisipasinya dengan ikut mengasuransikan kendaraan anda. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengeluaran tak terduga tersebut. Beberapa asuransi yang dapat anda pertimbangkan adalah asuransi rumah, jiwa, kesehatan, kendaraan, kecelakaan dan juga asuransi rumah. Sebenaranya sistemnya hampir sama antara ikut asuransi dan tidak ikut asuransi karena untuk ikut asuransi anda tetap harus mengeluarkan biaya tetapi biaya asuransi ini bisa anda masukkan kedalam pengeluaran rutin.

Nah semoga tips diatas dapat membantu anda mengantisipasi pengeluaran-pengeluaran tak terduga. Sukses selalu untuk anda semua..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *