Keuntungan dan Kerugian Investasi Rumah Kos

Anda sudah memutuskan untuk menginvestasikan dana anda pada bidang properti? Keputusan yang sangat tepat! Lantas, jenis properti apa yang akan anda jadikan sebagai ladang emas anda? (baca juga: 10 Tips Investasi Properti) Ada berbagai macam jenis investasi properti yang bisa anda pilih, tentu harus menyesuaikan dengan besaran dana yang anda miliki dan peluang yang sekarang sedang di depan mata. Pada artikel lain dalam website ini anda sudah diperkenalkan kelebihan dan kekurangan investasi rumah sewa. Nah, kali ini anda akan terinformasi mengenai keuntungan dan kerugian investasi rumah kos. Apa saja yang perlu anda ketahui?

.: Keuntungan

Peminat masih tinggi

Ini adalah salah satu peluang utama bagi anda yang hendak menginvestasikan dana anda dalam rumah kos: peminatnya masih begitu tinggi. Barangkali ini bukan hanya masalah minat, tetapi sebuah kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi oleh seseorang yang masih lajang dan berkuliah atau bekerj a di suatu daerah. Rumah kos anda ini akan menjadi tempat yang sangat dibutuhkan, apalagi bila berada di dekat kampus, sekolah, ataupun perkantoran. Fasilitas yang anda berikan juga bisa beragam, tergantung pada siapa yang menjadi target penyewa kamar kos anda. Bagi anda yang membuka usaha ini di kota-kota besar mungkin perlu mempertimbangkan membangun parkiran mobil bagi penghuni kamar kos. Ini adalah fasilitas yang sangat menarik karena tidak banyak kamar kos yang menyediakan fasilitas ini. Atau jika rumah kos anda di kota kecil, bisa anda sediakan fasilitas parkir motor yang memadahi. Hal-hal spesifik seperti ini bisa mengundang minat calon penghuni kamar kos anda.

Capital gain relatif tinggi

Sama dengan jenis investasi properti yang lainnya, anda dapat mengamati capital gain dari investasi rumah kos ini dalam jangka waktu menengah hingga panjang. Perlu diingat bahwa harga tanah di Indonesia ini dapat dikatakan mengalami kenaikan setiap detiknya. Maka investasi properti, apapun bentuknya, pasti menguntungkan bila dilakukan untuk tujuan investasi jangka panjang. Namun bila dibandingkan dengan investasi rumah sewa atau lahan kosong, para pakar menyebutkan bahwa investasi rumah kos ini menawarkan nilai capital gain yang lebih tinggi. Apa sebab? Ketika anda menginvestasikan rumah kos, sebenarnya anda tidak hanya menjual fisik bangunan saja, tetapi juga menjual jasa.

Bisa menambah nilai jual

Dalam investasi rumah kos ini anda dapat memutar otak untuk membuka lahan bisnis baru yang masih dibutuhkan oleh para penghuni kos untuk menambah nilai jual kos anda. Misalnya, di dalam lokasi yang sama itu anda menambahkan bisnis laundry kiloan untuk penghuni kos ataupun untuk umum. Sebagai penghuni kos yang bermobilitas tinggi, fasilitas ini pasti akan sangat membantu. Selain itu banyak juga yang lalu membuka warung makan di dekat rumah kos ini untuk melayani para penghuni kos yang tidak ingin jauh-jauh untuk mencari makan. Ada juga ide yang butuh persiapan tetapi akan sangat laris karena sudah menjadi trend. Saat ini sedang trend penghuni kos yang memiliki hewan peliharaan, entah itu anjing, kucing, hamster, landak kecil, burung, ikan, dan sebagainya. Anda bisa melihat pemeliharaan itu sebagai ladang bisnis anda dengan menawarkan jasa penitipan. Jadi memang ada banyak peluang bisnis yang bisa dikembangkan hanya dari investasi rumah kos saja.

Pemasukan tiap bulan

Sebenarnya ini tergantung dari sistem pembayaran yang anda atur di awal kesepakatan. Ada yang sebulan sekali penghuni diminta membayar, ada yang tiga bulan, enam bulan, bahkan ada juga yang satu tahun sewa kamar harus dilunasi di awal. Namun, sebagian besar rumah kos mengatur pembayaran itu dilakukan per bulan pada awal bulan. Jika anda juga menerapkan sistem yang per bulan itu berarti anda mendapatkan pendapatan bulanan secara rutin. Katakanlah anda memiliki 10 kamar yang disewakan dengan harga masing-masing Rp500 ribu. Maka setiap bulannya anda mendapatkan passive income sebesar Rp5 juta, atau Rp60 juta per tahun, belum ditambah dengan peluang bisnis lain yang bisa anda kembangkan tadi.

.: Kerugian

Perlu pengaturan ketat

Dengan beredarnya kabar yang buruk mengenai rumah kos pada awal tahun ini, kita tentu sadar bahwa kita membutuhkan aturan yang cukup ketat dan mengikat bagi penghuni kamar kos yang kita punya. Mungkin tidak dalam aturan yang banyak hingga membuat penghuni kos seperti merasa terpenjara, tetapi paling tidak anda sebagai pemilik ataupun orang lain sebagai penjaga kos, harus mengenal penghuni kos secara pribadi dan memiliki data-data yang cukup mengenai identitas dirinya bila suatu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengawasan butuh waktu

Karena anda butuh menjalankan fungsi pengawasan, maka itu sebenarnya butuh waktu yang sebenarnya bisa anda gunakan untuk keperluan lain. Sedangkan ketika anda tidak bisa memberikan waktu, artinya anda harus mengeluarkan biaya untuk menggaji penjaga kos yang bisa menjaga 24 jam secara penuh. Untuk itu anda perlu setidaknya dua orang penjaga untuk menjaga kos anda. Biaya untuk itu tentu tidak sedikit, tapi bisa dianggarkan sejak awal. Anda juga harus membuat sistem pengawasan yang tetap membuat penghuni kos merasa nyaman. Jika sistem pengawasan yang anda buat itu justru membuat penghuni kos merasa tidak nyaman, anda malah berisiko kehilangan mereka karena berpindah ke rumah kos lain yang lebih nyaman.

Risiko kehilangan barang

Rumah kos biasanya memiliki banyak penghuni, dan kalau kebanyakan penghuni kos itu adalah mahasiswa, biasanya akan ada banyak tamu teman mahasiswa yang menjadi penghuni kos. Bukannya bermaksud mencurigai setiap tamu yang datang, tapi tentu anda sering mendengar kabar pencurian barang-barang di kamar kos yang sedang ditinggalkan oleh pemiliknya. Barang-barang yang sering dicuri itu misalnya laptop, dompet, handphone, dan barang-barang elektronik lain yang berharga tapi berukuran kecil sehingga mudah untuk dibawa pergi tanpa terlihat. Langkah pencegahan yang bisa anda lakukan adalah memastikan setiap kamar kos terkunci, bangun pengamanan yang baik pada jendela, dan tekankan pada penghuni kos untuk bertanggungjawab pada setiap tamu yang mereka bawa ke area kos anda. Sampaikan bahwa ini adalah langkah pencegahan yang berguna untuk keamanan mereka sendiri.

Perawatan lingkungan

Seringkali kita temui rumah kos yang terkesan kumuh karena barang-barang penghuni kos yang diletakkan dengan tidak rapi di luar kamar. Barang-barang itu misalnya sepatu yang tidak tertata rapi, keranjang sampah di luar kamar, hingga pakaian basah dan mantol hujan yang tergantung di depan kamar kos. Belum juga misalnya ceceran oli yang muncul di bawah sepeda motor yang diparkirkan, serta lumut yang tumbuh di lantai sekitar halaman kos. Untuk itu anda perlu dengan rutin menganggarkan biaya untuk membersihkan lingkungan kos untuk menjaga supaya tetap bersih dan menarik bagi calon penghuni kos anda. Ada juga beberapa kos yang membentuk sistem kerja bakti atau giliran piket bagi para penghuni kos untuk membersihkan kos dalam jangka waktu tertentu, tapi cara ini tidak selalu baik karena aktivitas penghuni kos yang berbeda-beda.

Pembayaran yang tertunda

Bukan bermaksud untuk mendiskreditkan penghuni kos yang mahasiswa atau pegawai yang mengalami masalah keuangan, tetapi sering juga dijumpai penghuni kos yang mengalami penunggakan dalam pembayaran biaya kos anda. Penunggakan pembayaran ini biasanya diakibatkan karena kiriman orangtua yang tidak lancar, atau memang sedang terlilit utang dan pembiayaan yanag besar hingga tidak dapat melunasi uang kos dengan tepat waktu. Anda boleh saja memberikan toleransi kepada penghuni kos yang sedang mengalami masalah keuangan. Namun pastikan penghuni kos tidak pergi dari kos dengan meninggalkan utang yang mungkin tidak terbayarkan.

Nah, itu tadi keuntungan dan kerugian investasi rumah kos yang dapat anda jadikan pertimbangan sebelum menanamkan investasi pada bidang ini. Investasi kos memang mendatangkan keuntungan yang besar, terutama bila lokasinya berada di dekat kampus atau perkantoran, tapi memang ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mengantisipasi kerugian yang mungkin akan anda terima. Jadi, sudah siap untuk berinvestasi rumah kos?