Kesalahan Wanita dalam Mengelola Uang

Wanita sekarang ini memiliki kedudukan yang tidak kalah penting dengan pria dalam hal pengelola keuangan. Mereka yang sudah berkeluarga harus bisa mengatur dan menyeimbangkan antara gaji suami dan pengeluaran rumah tangga tiap bulannya. Wanita karir yang masih single juga harus pandai-pandai mengatur keuangan agar bisa mendapatkan tabungan pribadi yang kelak akan sangat dibutuhkan. Namun, wanita yang dikenal serba bisa ternyata juga dapat membuat kesalahan yang banyak dilakukan dalam mengelola keuangan. Apa sajakah itu?

Pengelolaan Uang

1. Melalaikan Anggaran Bulanan/Tahunan

Langkah pertama dan utama dalam mengelola keuangan adalah membuat daftar anggaran bulanan/tahunan. Memiliki anggaran bulanan akan memberikan dampak yang positif karena dapat mengatur pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan setiap bulannya/tahun. Sering kali uang yang dimiliki habis entah untuk membelanjakan apa. Dengan melihat anggaran bulanan kita dapat melihat kemana uang dibelanjakan dan untuk apa saja. Jangan sampai terjadi minus tiap bulannya dan terjerumus kedalam sistem gali tutup lubang atau berhutang.

Sumber::http://www.suara-islam.com/

Sumber::http://www.suara-islam.com/

2. Uang Dibelanjakan Untuk Sesuatu Yang Bukan Prioritas

Setelah menerima gaji seringkali wanita lupa akan apa prioritas yang harus didahulukan. Melihat diskon ataupun promo-promo yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan pada saat itu akan membuat wanita ingin membeli tanpa mempertimbangkan faktor kegunaan. Hal pertama yang seharusnya dilakukan setelah menerima gaji hasil kerja keras adalah membeli kebutuhan pokok, membayar tagihan-tagihan, dan lain-lain yang memang harus dilakukan saat itu.

3. Mengelola Uang Hanya Untuk Jangka Pendek

Sering kali wanita hanya memikirkan kepentingan jangka pendek dalam mengelola keuangan. Fikiran bahwa uang yang didapatkan bulan itu akan dihabiskan pada bulan itu juga merupakan tindakan yang salah. Dalam mengelola keuangan harus ada perbendaan antara pengeluaran jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Wanita harus pintar mengalokasikan uangnya untuk keperluan jangka panjang agar mememiliki dana darurat yang siap setiap saat.

4. Banyak Mengeluarkan Uang Untuk Hal-Hal Yang Sifatnya Konsumtif

Lingkungan mudah mempengaruhi pemikiran wanita termasuk juga dalam segi keuangan. Semisalnya lingkungan sedang memiliki trend fashion yang banyak digunakan, kecenderungan untuk membeli barang tersebut akan sangat besar. Ibu rumah tangga sangat mudah tergiur dengan sale, apalagi kalau sale tentang kebutuhan si buah hati. Wanita single memiliki ketertarikan akan barang kosmetik yang sedang menjamur saat itu ataupun baju-baju trendi yang bisa ia kenakan tiap hari. Jangan sampai godaan sementara tersebut membuat pengeluaran untuk segi konsumtif lebih besar daripada pengeluran untuk kebutuhan pokok.

5. Membeli Sesuatu Hanya Karena Kenal Dengan Pedagangnya

Keluarga ataupun sahabatan merupakan bagian penting yang tidak dapat diacuhkan oleh wanita. Karena hal ini juga banyak wanita mudah mengeluarkan uang mereka hanya karena sanak family ataupun kerabatnya menawarkan sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu penting.

6. Investasi Adalah Hal Menakutkan Dimata Wanita

Masih berkaitan dengan tidak adanya pemikiran wanita menyisihkan uang untuk keperluan jangka panjang, salah satunya adalah takut berinvestasi. Banyak wanita menanggap investasi, dana pensiun, dll adalah urusan laki-laki. Padahal tidak semua laki-laki dapat melakukan investasi meskipun kecenderungannya lebih kecil. Takut mengambil resiko mungkin itulah yang ada difikiran wanita. Resiko akan kehilangan membuatnya lebih baik untuk dihindari.

Tidak semua wanita melakukan kesalahan-kesalahan dalam mengelola keuangan seperti yang dijabarkan diatas. Di Indonesia sendiri bahkan memiliki menteri keuangan wanita yang memiliki sepak terjang yang telah diakui dunia. Termasuk wanita jenis manakah anda? Jika termasuk yang sering melakukan salah satu atau bahkan banyak kesalahan diatas, sudah waktunya untuk melakukan pembenahan diri. Jangan sampai kesalahan yang sebenarnya dapat dihindari menjadi kebiasaan yang akan susah untuk dirubah kembali. Demikian beberapa kesalahan wanita dalam mengelola uang. Semoga dengan artikel diatas membantu menyelesaian masalah keuangan yang kerap hadir pada wanita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *