Kesalahan-Kesalahan Pengusaha Dalam Mengelola Keuangan

Banyak pengusaha yang menemukan kesalahan ketika mengelola keuangan, terutama selama di hari-hari awal, Meskipun sulit, mengelola keuanganadalah sesuatu yang benar-benar penting untuk keberhasilan usaha Anda. Berikut adalah beberapa kesalahan-kesalahan yang pengusaha lakukan ketika melakukan pengelolaan uang dan bagaimana Anda dapat menghindari kesalahan-kesalahan tersebut.

– Tidak mengembangkan rencana keuangan yang jelas

Mengembangkan rencana keuangan yang jelas dari hari pertama akan membantu untuk menjaga keuangan Anda di jalur yang benar. Selain itu,memastikan bahwa uang Anda dihabiskan di daerah yang paling penting dari bisnis Anda untuk meningkatkan keuntungan dan memberikan Anda keuntungan terbaik atas investasi Anda. Mengembangkan rencana keuangan yang jelas akan membantu Anda untuk menghindari resiko kerugian. Jika selama ini Anda terlalu sibuk dengan tugas-tugas bisnis sehari-hari dan lupa untuk mengelola keuangan anda, maka bukan kemajuan yang didapatkan tetapi kemunduran yang beresiko tinggi terhadap perusahaan Anda. Sebuah rencana keuangan sederhana termasuk perkiraan arus kas yang rinci akan membantu Anda untuk selalu tahu di mana Anda berada. Dengan ini akan merencanakan masa depan dan mendorong bisnis Anda ke depan.

– Tidak memahami arus kas

Arus kas yang baik membuat bisnis Anda berdetak lebih. Namun belum banyak pengusaha memahami pentingnya tindakan ini. Arus kas yang buruk benar-benar dapat melumpuhkan bisnis Anda. Ituberarti bahwa Anda tidak punya simpanan uang lainuntuk mengembangkan bisnis, jadi pastikan Anda meletakkan prosedur yang ketat dan disediakantempat untuk mengelolanya. Hal lainnya yang menjadikesalahan umum dalam bisnismisalnya, tidak membuatkan faktur bagi pelanggandan sesuatu yang sederhana seperti mempercepat proses penjualan, padahaldapat meningkatkan arus kas dan kinerja bisnis Anda. Ingat bahwa tidak memiliki catatan dan proses formal akan membuatpengusaha tidak menyadari ketika seseorang belum membayar faktur atau berutangterhadap mereka.

– Tidak menggunakan bantuan akuntan profesional dengan alasan biaya

Banyak pengusaha menolak ide menggunakan jasa seorang akuntan yang berkualitas atau pembukuan karena biaya, namun hal ini tidak membuktikan kan menghemat biaya usaha. Seorang profesional keuangan sering bisa melihat cara-cara untuk meningkatkan arus kas dan profitabilitas bisnis. Ada juga manfaat lain yaitu menghemat waktu. Perencanaan keuangan dan menyusun laporan keuangan memang sangat sulitdan memakan banyak waktu, sehingga dengan menggunakan jasa profesional, Anda dapat membebaskan diri untuk berkonsentrasi pada hal-hal yang Anda sukaidan berhenti menekankan diri di atas pencatatan keuangan dan pajak.

– Kurangnya pengetahuan akuntansi

Banyak pengusaha baru tidak tahu atau mengerti catatan keuangan dasar atau beberapa istilah keuangan seperti omset, laba kotor dan bersih, arus kas, laba dan rugi, dan neraca. Bahkan jika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa seorang akuntan profesional, Lebih baik Anda memahami istilah-istilah kunci keuangan, apa yang mereka lakukan dan mengapa bisnis Anda membutuhkan mereka. Pengetahuan penting seperti itu diperlukan oleh setiap pengusaha untukdapat membantu Anda untuk mengelola bisnis dan rencana untuk masa depan.

– Tidak menyadari pentingnya pengelolaan uang dari hari pertama

Banyak perusahaan dan pengusaha hanya mewujudkan manajemen keuangan ketika terjadi dampak yang buruk pada bisnismereka. Padahal hal itu sudah terlambat. Dengan mengambil pengelolaan uang serius dari satu hari ke haridan jika perlu, mendapatkan nasihat atau bantuan dari seorang profesional, Anda dapat menghentikan masalah yang mengancam bisnis seperti masalah arus kas dan keputusan investasi yang buruk sebelum mereka menjadi masalah utama pada bisnis Anda.

– Mencampur bisnis dan pribadi keuangan

Sebuah kesalahan umum yang dibuat oleh pengusaha baru yang beroperasi sebagai pedagang adalah mencampur keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Sebaiknya sangatpenting bahwa Anda tetap memisahkan antara bisnis dan pribadi. Mengapa? Karena catatan rekening bisnis Anda akan mencatat setiap transaksi yang terjadi pada bisnis Anda. Anda juga mengetahui berapa keuntungan ataukerugian yang didapatkan.

– Tidak mencari tahu tentang dasar pengelolaan keuangan

Kini sudah banyak beredar informasi tentang pengelolaan uang, perencanaan keuangan dan pencatatan keuangan gratis yang dapat anda pelajari. Banyak pengetahuan melaluionline yang dapat membantu Anda untuk mengatur informasi keuangan Anda. Terkadang juga sudah disertakan contoh dokumen yangmemberi tahu Anda sesuatu untuk bekerja dari dokumen tersebut dan Anda hanya tinggal mempelajarinya saja. Bank juga akan dapat menawarkan saran bisnis dan manajemen keuangan.Anda juga dapat mempertimbangkan menggunakan akuntan profesional. Mungkin juga teman-teman Anda yang lebih dahulu sukses di bidang bisnis dapat membantu Anda.

| updated