Kerja Paruh Waktu, Why Not?

Pernah mendengar istilah tentang “kerja ga harus ngantor” di suatu tempat atau mungkin yang diucapkan teman Anda? Hal tersebut memang tidak hanya terjadi pada saat ini, tetapi mungkin dulu istilah tersebut belum sepopuler sekarang apalagi dengan adanya teknologi internet yang memungkinkan seseorang bisa bekerja dimana saja dan yang perlu dilakukan adalah menyetorkan pekerjaan melalui internet juga. Menyenangkan bukan? Ingin juga seperti itu? Baca artikel dibawah ini :

Pertama, jika Anda memiliki pekerjaan jangan berani-berani keluar dan memutuskan untuk bekerja sambilan jika belum punya cadangan pekerjaan yang akan membuat Anda aman dan yang akan dijadikan sebagai pengganti pekerjaan utama Anda jika kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri.

Kemudian, carilah referensi pekerjaan yang cocok sebagai pengganti pekerjaan Anda saat ini, Anda bisa mencarinya di internet, jika bahasa Inggris Anda baik, carilah pekerjaan paruh waktu yang disediakan oleh orang luar, karena gajinya pun menggiurkan. Anda bisa membuka website semacam www.odesk.com atau www.freelancer.com dan website-website penyedia lapangan pekerjaan paruh waktu lainnya. Di website tersebut, tentu saja Anda tidak hanya akan bekerja pada satu client, Anda bisa bekerja pada beberapa client, hanya Anda harus pintar-pintar mengatur waktu jika Anda direkrut beberapa client. Bukannya memberikan reputasi yang baik bagi Anda, salah-salah malah membawa petaka bagi Anda meskipun pekerjaannya bersifat remote dan pure dari internet.

Selain mencari pekerjaan di Internet, Anda juga bisa mencari pekerjaan pada rekan-rekan kerja yang Anda kenal. Lebih baik lagi jika teman Anda telah mengerti dunia pekerjaan paruh waktu. Tidak perlu menjelaskan banyak hal, biasanya orang yang telah mengerti pekerjaan paruh waktu akan sangat menganggap orang seperti Anda yang telah berpengalaman merupakan aset penting bagi perusahaan meskipun hanya sebagai pekerja paruh waktu.

Carilah pekerjaan yang cocok dengan Anda. Untuk apa Anda memaksakan keluar dari pekerjaan sebelumnya jika pada saat melakukan pekerjaan paruh waktu, Anda tidak menikmatinya? Such a waste. Anda bisa mencari pekerjaan yang selama ini Anda kerjakan di perusahaan sebelumnya. Atau, jika kebetulan tidak ada pekerjaan yang dimaksud, coba cari pekerjaan lain yang mungkin sesuai dengan cita-cita masa kecil Anda dan Anda tahu kalau Anda mengetahui memiliki kemampuan di bidang tersebut, mengapa tidak?

Jangan menyerah. Mencari pekerjaan paruh waktu yang gajinya sesuai dengan keinginan Anda, dengan jam kerja yang juga sesuai dengan keinginan Anda tidaklah mudah. Apalagi jika Anda tidak memiliki pengalaman sama sekali sebelumnya. Tapi jika Anda berhasil, Anda akan mendapatkan pekerjaan impian yang juga diinginkan oleh kebanyakan orang saat ini. Misalnya, bayangkan saja, Anda bisa bekerja dimana saja yang Anda inginkan, selama Anda memiliki koneksi internet. Seperti bekerja di rumah. Anda tetap bisa membantu keperluan istri/anak Anda, jika bekerja di kantor membuat Anda dan keluarga merasa jauh, dengan bekerja paruh waktu Anda bisa mewujudkan semuanya.

Namun tetap saja, segala sesuatu itu tentu saja terdapat kelebihan dan kekurangannya. Jika yang dipaparkan di atas lebih kepada yang menjadi kelebihan bekerja paruh waktu, maka yang menjadi kekurangan dari paruh waktu adalah salah satunya tidak adanya jaminan-jaminan pekerjaan yang biasanya diberikan di perusahaan yang Anda datangi setiap harinya di kantor. Seperti Tunjangan Hari Raya, Tunjangan Jabatan, Tunjangan Kesehatan dan bentuk-bentuk bonus keuangan lainnya. Tetapi, hal tersebut masih bisa diakali dengan mencari pekerjaan dengan gaji yang bisa mengganti tunjangan-tunjangan tersebut. Sebagai bahan penyemangat Anda, baiknya gunakan mesin pencari Anda dan lakukan pencarian mengenai berapa penghasilan para pekerja paruh waktu, untuk mempersempit, coba cari penghasilan pekerja paruh waktu yang bekerja di internet seperti link di atas.

So, tertarik untuk bekerja paruh waktu? Jika memang diperlukan bekerja paruh waktu, mengapa tidak? Bukannya hidup terlalu singkat untuk melakukan apa yang sebenarnya tidak ingin kita lakukan? So, be wise 😉

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *