Kenapa Sample Gratis Sangat Penting?

Berbisnis merupakan usaha yang membutuhkan kecermatan untuk melihat peluang yang ada dalam masyarakat. Selain pandai melihat peluang, seorang pebisnis juga dituntut agar menguasai kemampuan untuk bisa memasarkan produknya kepada konsumen. Ada banyak cara yang dilakukan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen, salah satunya yaitu dengan memberikan sample gratis.

Sample Gratis

Saat bertemu dengan orang yang baru tentu saja kesan pertama sangat penting, begitu juga dengan memberikan kesan pertama kepada produk bisnis anda. Ajak orang untuk bisa merasakan produk baru anda dan berikan kesan yang baik agar kedepannya akan memberikan dampak positif kepada anda. Keuntungan yang bisa didapat oleh seorang pebisnis tentu saja sangat banyak sekali. Beberapa keuntungan saat memberikan sample gratis kepada calon konsumen adalah sebagai berikut :

Sumber:http://simpq-indonesia.com/

Sumber:http://simpq-indonesia.com/

1. Memberikan Kesan yang Baik

Alasan pertama kenapa sample gratis sangat penting karena sample bisa menjadi media untuk memperkenalkan produk pertama kali kepada konsumen. Kebanyakan orang sangat senang menerima hadiah atau barang gratisan, manfaatkan peluang tersebut untuk menjadi media perkenalan produk baru anda. Gabungkan dengan media sosial untuk menjadi sarana promosi secara tidak langung. Konsumen yang berkesempatan merasakan sample gratis tersebut akan memberikan tanggapan terhadap produk sample anda.

Jangan sekali-kali memberikan produk cacat sebagai sample karena akan memberikan nilai minus pada produk baru anda di mata konsumen. Selain itu, konsumen yang mendapat sample tentu akan berbicara kepada para tetangga ataupun saudara. Hal tersebut secara tidak langsung bisa menjadi media perantara untuk mengenalkan produk baru anda ke dalam lingkup masyarakat.

2. Sebagai Bahan Riset

Produk baru belum tentu banyak disukai oleh masyarakat. Berikan sample sebagai umpan ke konsumen dan mintalah tanggapan atau review dari mereka. Dengan demikian anda akan mengatahui kelemahan, kelebihan, serta produk apa saja yang sekarang sedang banyak dicari oleh masyarakat. Memberikan sample secara cuma-cuma tidak akan membuat anda rugi. Justru dengan memberikan sample anda bisa memberikan pembenahan terhadap produk anda jika ada yang dirasa kurang sebelum diproduksi masal. Lebih baik berkorban kecil daripada terjadi kerugian besar akibat tidak lakunya produk dipasar karena kurangnya kepedulian terhadap minat masyarakat bukan?

3. Menjalin Kepercayaan kepada Konsumen

Sekarang marak sekali toko online yang menjajakan jualan di dunia maya tanpa memiliki toko fisik yang nyata. Kepercayaan tentu saja harga mutlak untuk bisa berkecimpung dalam bisnis online ini. Disinilah pentingnya memberikan sample gratis kepada calon konsumen untuk meyakinkan mereka bahwa anda benar-benar toko online yang serius dalam bisnisnya, bukan toko abal-abal. Perlu diketahui jika kepercayaan konsumen sangat penting untuk membangun sebuah bisnis. Konsumen akan merasa nyaman dan aman berbelanja di toko online tanpa perlu memikirkan hal-hal negative yang mungkin akan menimpa mereka.

4. Meningkatkan Penjualan

Alasan terakhir kenapa anda harus memberikan sample gratis tentu saja untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Konsumen yang telah merasakan produk anda, jika terkesan dan menyukainya maka tak akan ragu untuk membeli kembali saat mereka membutuhkannya.

Trik sample tersebut jika dikombinasikan dengan srategi pasar anda lainnya jika dilakukan dengan tepat tentu dapat meningkatkan jangkauan pasar dan tentu saja meningkatkan keuntungan bisnis anda. Maka janganlah ragu untuk memberikan sesuatu secara gratis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi di kemudian hari. Tidak perl takut untuk mencobanya terlebih anda juga akan mendapatkan feedback dari konsumen yang memberikan manfaat bagi produk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *