Kenapa Blog Saya Sepi Pengunjungnya?

Tags:

Blog yang sepi pengunjung tentu tidak diinginkan bagi pelaku bisnis yang menggunakannya sebagai strategi marketing. Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa blog mereka sepi meski sudah memiliki banyak konten seperti artikel. Artikel memang hal yang penting dalam mendatangkan pengunjung blog, namun terdapat berbagai faktor lain yang menunjang peningkatan pengunjung blog tersebut. Kesehatan blog merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi banyak sedikitnya jumlah pengunjung.

Blog

Yang dimaksudkan dengan kesehatan blog disini adalah meliputi beberapa aspek seperti duplicate title, broken link, unnatural link, kalitas artikel dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa penyebab kenapa blog sepi pengungjung:

Sumber:https://1.bp.blogspot.com

Sumber:https://1.bp.blogspot.com

1. Blog baru

Blog yang masih baru cenderung sepi karena masih butuh penyesuaian dan pengenalan terlebih dahulu. Wajar jika blog baru memiliki sedikit pengunjung, karena semuanya butuh proses tidak bisa pengunjungnya langsung membludak ketika baru bikin. Namun meskipun demikian janganlah anda berputus asa, tetaplah konsisten dalam mengurus blog anda.

2. Artikel kurang berkualitas

Kualitas artikel sangat mempengaruhi jumlah pengunjung blog anda. Jika blog yang anda miliki sudah lama dan masih sepi pengunjung, maka lihatlah apakah artikel yang anda miliki berkualitas atau tidak. Meskipun memiliki artikel dalam tersebut banyak namun jika tidak berkualitas atau hanya copy paste tentu saja pengunjung malas membaca artikel anda. Artikel yang anda posting haruslah memiliki kualitas yang bagus untuk menarik minat pembaca. Hindari plagiarisme dan angkat konten yang unik dan ngetrend.

3. Tema blog

Jika anda merupakan bloger pemula akan lebih baik jika memilih tema blog yang unik dan sesuai dengan gaya anda. Setiap tema pada blog memiliki tingkat persaingan yang berbeda, untuk itu sebaiknya anda menghindari tema blog yang sudah banyak ditulis.

4. Loading blog yang berat

Loading blog yang berat juga merupakan faktor kenapa blog sepi pengunjung. Banyak pembaca, termasuk saya yang tidak sabar menunggu loading blog yang lama, jika seperti itu pasti pengunjung akan mencari arlikel pada blog lain.

5. SEO tidak maksimal

Jika SEO maksimal maka artikel yang kita miliki akan mudah muncul pada halaman pertama pencarian di Google. Hal ini tidak menuntut kemungkinan blog yang kita miliki akan banyak pengunjung. Jika kita tidak memaksimalkan penerapan SEO makin kecil kemungkinan artikel kita akan muncul pada halaman pertama dalam pencarian di Google dan membuat pengunjung blog makin sepi.

6. Kurang Sharing

Ada baiknya jika anda sering sharing artikel pada blog anda di media sosial lain. Banyak pengguna yang aktif setiap hari dari media sosial seperti facebook, twitter, dan lainnya yang bisa anda gunakan untuk share artikel pada blog anda. Jika anda sharing pada sosial media dan terlihat artikel menarik tidak menuntut kemungkinan blog anda akan ramai pengunjung. Selain itu berinteraksi dengan blog lain juga akan membantu mendatangkan pengunjung.

7. Jarang posting artikel

Blog yang rutin dalam update sebuah artikel lebih berpeluang mendapat banyak pengunjung dari pada yang pasif. Untuk itu sangat penting rutin memperbaharui postingan yang ada dalam blog anda. Jika sudah mengetahui berbagai faktor yang menyababkan pengunjung blog anda sepi, maka mulailah perbaiki blog anda dari sekarang. Selain faktor diatas faktor lain juga dapat memicu sepinya pengunjung blog. Faktor lain bisa saja karena ganguan server pada domain hosting atau perubahan yang terjadi pada algoritma Google.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *