Kenali Resiko Diri Anda Ketika Memulai Bisnis

Berbisnis merupakan salah satu usaha yang bisa dilakukan semua orang untuk memenuhi kebutuhannya, namun tidak semua orang bisa menjalankan sebuah bisnis yang berkelanjutan. Dalam bisnis selalu ada resiko yang mungkin akan dihadapi, baik resiko dari diri sendiri maupun resiko luar. Untuk itu ketika memulai bisnis akan lebih baik memahami segala macam resiko yang akan mungkin terjadi terlebih dahulu. Tidak hanya itu kita juga harus memahami karakter diri kita sendiri untuk menekan terjadinya resiko nantinya.

Resiko Diri

Mengenali karakter diri sendiri merupakan langkah pertama yang harus kita lakukan ketika akan memulai sebuah bisnis. Pada dasarnya seorang pengusaha haruslah memiliki karakter yang baik untuk menunjang keberhasilan usahanya. Berikut ini sikap pemimpin seorang pengusaha yang harus dimiliki :

Sumber:http://cdn.jitunews.com

Sumber:http://cdn.jitunews.com

1. Percaya diri

Baca Juga:

Memiliki rasa percaya diri sangat penting, dengan rasa percaya diri akan selalu menumbuhkan sikap optimis terhadap usahanya.

2. Berani

Kita semua tahu bahwa dalam usaha selalu ada resiko yang akan dihadapi, jika usaha yang tengah anda hadapi ingin sukses tentu saja anda harus berani mengambil resiko tersebut. Dibalik resiko yang mungkin terjadi akan ada keuntungan besar pula yang datang, untuk itu beranikah anda mengambil resiko?

3. Disiplin

Disiplin merupakan salah satu modal dasar yang harus dimiliki untuk keberhasilan seseorang dalam berbisnis. Seseorang yang memiliki kedisiplinan akan dapat memotivasi diri sendiri agar berkerja keras dan bersungguh-sungguh. Dengan memiliki sikap disiplin secara otomatis kita juga akan teliti dalam melihat masalah maupun peluang baru yang ada.

4. Kreatif dan inovatif

Kreatifitas sangat dibutuhkan bagi seorang pengusaha untuk menjalankan bisnisnya. Jika memiliki kreatifitas dan inovatif yang tinggi kita akan bisa membuat sesuatu yang baru dalam bisnis yang kita jalankan.

5. Tidak mudah putus asa

Seorang pengusaha harusnya tidak mudah berputus asa, tidak selamanya usaha yang kita lakukan akan berkembang dengan baik, ada kalanya kita akan gagal. Untuk itu sangat perlu memiliki sikap ulet dan pantang menyerah dalam menjalankan usaha, meskipun kita gagal jangan pernah ragu untuk mencoba lagi.

Selain karakter diatas seorang pengusaha juga harus memilikin sifat yang jujur, mandiri dan tekun. Apakah anda memiliki salah satu karakter diatas? Jika tidak anda bisa merubahnya dari sekarang agar ketika memulai bisnis anda bisa berjalan lancar tanpa terkendala dari resiko yang mungkin terjadi dari diri sendiri. Kenali resiko dalam diri sendiri lalu mengenali resiko yang terjadi lainnya. Berikut ini beberapa resiko yang mungkin bisa terjadi ketika menjalankan bisnis:

1. Keuangan

Masalah keuangan menjadi resiko yang sangat mungkin terjadi ketika memulai bisnis, seperti kurangnya modal, hutang, atau mungkin kerugian. Untuk mengurangi resiko terhadap keuangan sebaiknya memulai bisnis dengan modal yang kecil, baru ketika bisnis sudah lancar anda bisa memperluas bisnis tersebut.

2. Resiko pasar

Untuk mengurangi terjadinya resiko pasar akan lebih baik jika sebelum memulain bisnis kita megajakan survey pasar terlebih dahulu. Survey pasar sangat diperlukan untuk mengetahui keingingan konsumen dan juga mengetahui pesaing yang ada. Tentu saja setiap bisnis ada pesainnya, dengan mengadakan survey kita akan tahu dan bisa menyiasati dengan membuat produk yang lebih inovatif.

Kenyataannya keberhasilan dalam bisnis tidak mutlak tergantung pada pendidikan yang dimiliki, akan tetapi tergantung pada keberanian dan kemampuan seseorang untuk memulai usaha. Untuk itu berani, disiplin, pantang menyerah dan percaya pada diri sendiri merupakan modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *