Kenalan Yuk Dengan Promosi Endorse

Tags:

Seiring berkembang pesatnya dunia bisnis sekarang ini, semakin banyak pula terdengar istilah-istilah asing yang bermunculan. Sebut saja seperti reseller, dropship, marketplace, dan istilah lainnya. Mengikuti arus tersebut, pemasaran yang digunakan juga semakin kreatif, canggih, tidak monoton dan terkesan itu-itu saja. Salah satu istilah yang sedang marak diperbincangkan dalam pemasaran adalah endorse. Apa itu endorse? Mengapa banyak brand yang memilih promosi dengan endorse? Kata endorse itu sendiri mengandung arti mendukung atau memberi saran.

Endorse

Namun yang dimaksud disini adalah promosi barang dagangan secara online lewat orang-orang terkenal ataupun artis. Endorse merupakan kerja sama yang dibangun oleh pihak pemilik toko online dengan public figure atau artis dengan tujuan untuk mempopulerkan produk yang mereka jual, caranya yaitu dengan mengirimkan produk secara gratis ke public figure yang mereka inginkan. Sebagai gantinya pihak pemilik toko online meminta public figure tersebut berfoto dengan produk tersebut dan mengupload foto mereka yang sedang memakai produk kita ke sosial media dan tidak lupa menyebutkan nama online shop milik toko tersebut. Sebenarnya endorse tidak harus dengan berfoto saja, menyebutkan nama produk dagangan juga bisa dimasukkan kedalam kategori memasarkan dengan cara endorse.

Baca Juga:

Sumber :https://cdns.klimg.com/newshub.id/news/2015/09/16/17740/52443-ratu-endorse.jpg

Sumber :https://cdns.klimg.com/newshub.id/news/2015/09/16/17740/52443-ratu-endorse.jpg

Sekarang ini endorse tidak hanya menggunakan jasa para professional saja, selebgram yang tenar lewat media sosial instagrampun banyak dibanjiri tawaran untuk meng-endorse produk-produk dari toko online. Syarat endorse juga tidak sembarangan. Bisnis endorse adalah berbasis online, karenanya buatlah penawaran yang santun dan sopan, jangan memaksa. Cara endorse boleh dibilang cukup efektif untuk meningkatkan kepercayaan terhadap suatu produk yang ditawarkan secara online. Saat ini bisnis online telah menjamur seperti menjadi lapangan pekerjaan baru bagi para pengangguran, karena keuntungan yang bisa didapat dari bisnis online tidak dapat lagi dipandang remeh. Selain itu, waktu yang digunakan untuk berbisnis sangat fleksibel dan dapat dikerjakan di rumah yang tentunya sangat disenangi oleh banyak kalangan masyarakat terutama ibu rumah tangga yang sebagian waktunya tersita oleh urusan rumah.

Memulai bisnis online juga harus dibarengi dengan perencanaan yang matang. Semua pekerjaan tanpa perencanaan akan mustahil dapat berhasil, kalaupun berhasil itu hanyalah sebuah kebetulan. Ada banyak pekerjaan yang telah direncanakan dengan matang masih juga gagal, apalagi pekerjaan yang tanpa perencanaan. Sebelum berfikir untuk memulai bisnis online, ada baiknya memutuskan terlebih dahulu barang atau jasa apa saja yang akan ditawarkan. Dalam hal ini ketelitian amat diperlukan untuk mengetahui barang atau jasa apa yang saat ini sangat dibutuhkan atau dicari oleh banyak orang. Untuk tahap awal ini memang cukup sulit, maka dari itu lakukanlah perencanaan sematang mungkin untuk pekerjaan apapun yang akan dilakukan. Kemahiran dalam menggunakan media sosial juga dihitung sebagai langkah awal untuk memulai usaha bisnis berbasis online, terutama untuk pebisnis tunggal yang tidak memiliki rekan.

Sekarang ini ada banyak media sosial yang bisa dgunakan untuk berpromosi, misalnya facebook, twitter, instagram dan masih banyak lagi. Bagi pebisnis pemula, pilihlah media sosial yang tidak berbayar alias gratis. Jika bisnis sudah mulai berkembang, anda bisa membuat website yang tentunya juga harus menyewa domain setiap bulannya dengan harga yang bervariasi. Semakin tinggi domain anda, maka toko online anda akan terlihat lebih profesional.

Jika telah memiliki media yang akan gunakan sebagai toko online, maka jangan lupa untuk merawatnya. Perawatan ini bisa anda lakukan dengan cara mengecek isi toko online anda secara berkala, melakukan posting, membalas komentar atau pertanyaan konsumen, membuat konten yang menarik dan menghapusnya jika sudah tidak diperlukan. Hal ini berfungsi agar konsumen tidak bosan. Jangan lupa berikan informasi tentang produk yang dijual sedetil mungkin, agar konsumen tetap percaya dengan toko online anda.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *