Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED

Tags:

Lampu Light Emitting Diode atau lebih dikenal dengan nama lampu LED merupakan jenis lampu semi-konduktor yang cara kerjanya dengan mengubah energy listrik menjadi energy cahaya. Penggunaan lampu dengan teknologi LED ini sangat cocok digunakan dengan kondisi masyarakat saat ini bahkan diperkiraan dimasa yang akan datang jenis lampu ini akan mendominasi kebutuhan lampu dipasaran.

Lampu LED

Fungsi utama lampu LED tentu saja sebagai media penerangan. Selain fungsi utama tersebut, LED ternyata juga terdapat pada kebanyakan barang elektronik seperti: handphone, televisi, dan di computer. Sebagai benda buatan manusia lampu LED tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan Lampu LED yang harus diketahui?

Sumber:https://it.linkedin.com

Sumber:https://it.linkedin.com

1. Kelebihan Lampu LED

Baca Juga:

a. Hemat Energi

Lampu jenis ini mampu memancarkan cahaya terang tanpa menguras banyak energy listrik sehingga bisa dipastikan tidak akan membuat tagihan listrik rumah membengkak. Konsumsi listrik yang diperlukan lampu LED bahkan lebih hemat 80 hingga 90% dibandingkan jenis lampu lainnya alias hemat listrik. Energi listrik untuk menyalakan lampu ini bisa menggunakan jenis sumber alternatif seperti aki dan juga tenaga listrik mikrohidra dengan menggunakan turbin yang dibantu oleh tenaga air.

b. Panjang Umur (Awet)

Usia lampu LED tergolong paling lama jika dibandingkan jenis lampu lainnya semisal CFL ataupun lampu Pijar. Lampu ini mampu bertahan hingga 5 tahun atau setara dengan 50.000 jam bahkan ada beberapa merk yang mengklaim bahwa lampu LED buatan mereka bisa bertahan hingga 15 tahun atau 150.000 jam. Rahasia umur panjang lampu LED terdapat pada diode yang digunakannya sebagai penghasil cahaya. Penggunaan diode membuat lampu tidak menghasilkan panas yang berlebih dan membuat rumah lampu tidak mudah rusak ataupun mudah putus.

c. Ramah Lingkungan

Lampu LED tidak menghasilkan sinar UV sehingga bisa dikatakan aman untuk manusia. Selain itu lampu ini juga hemat energy listrik sehingga menghemat pemakaian sumber daya alam untuk menghasilkan lebih banyak listrik.

2. Kekurangan Lampu LED

a. Harga Tergolong Mahal

Jika dibuat perbadingan harga antara lampu LED dengan jenis lampu lainnya maka bisa dilihat jika lampu LED memiliki bandrol harga yang lebih mahal. Sebenarnya lampu LED sudah lama ditemukan tetapi baru-baru ini saja bisa diproduksi masal dengan harga yang lebih murah tanpa mengurangi manfaatnya. Perkembangan zaman yang semakin maju mungkin bisa menjadi pintu untuk membuat harga dari lampu jenis ini semakin akrab dengan kantong masyarakat.

b. Tidak dapat digunakan sebagai lampu pemanas

Lampu LED tidak menghasilkan sinar Ultra Violet (UV) sehingga tidak memancarkan panas yang cukup untuk menghangatkan ternak semisal ternak ayam. Lampu digunakan untuk menghangatkan ayam, utamanya yang masih menjadi telur dan yang baru menetas agar terhindar dari hawa dingin dan mengurangi resiko kematian sehingga menempatkan lampu LED yang memiliki panas minim sebagai penghangat ternak adalah pilihan yang salah.

Hal wajar jika suatu produk memiliki kelebihan dan juga kekurangan, namun sebagai konsumen tentu saja harus lebih cermat memilih produk yang lebih banyak memberikan efek positif dibandingkan negatifnya. Sekarang ini sudah ada berbagai macam lampu LED yang beredar dipasaran. Pintar-pintarlah untuk memilih jenis LED karena ada beberapa lampu LED dengan kualitas kurang bagus. Sesuaikan juga dengan kebutuhan akan lampu, jangan berlebihan dalam pemanfaatannya karena akan menimbulkan banyak efek yang buruk.

Demikian beberapa informasi mengenai Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED. Semoga dapat bermanfaat dengan baik untuk pembaca.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *