Kegiatan-Kegiatan yang Meningkatkan Kreativitas

Di dalam usaha atau pekerjaan memerlukan kreativitas untuk meningkatkan keuntungan bisnis atau mendapatkan proyek kerja yang akan diajukan ke klien yang prospek yang besar. Namun kreativitas tak semudah didapatkan. Apalagi ketika otak sudah buntuh dan kita sudah harus mendapatkan ide kreativitas sesuai deadline kerja. Setiap orang meempunyai beragam kreativitas yang berbeda. Namun yang meningkatkan bisnis atau diinginkan oleh pelanggan tentunya kreativitas yang menarik. Berikut tips beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas.

  1. Rajin membaca buku

Buku adalah salah satu sumber pengetahuan kita. Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang akan meningkatkan kreativitas anda. Buku akan membuka wawasan anda mengenai banyak hal. Buku juga merupakan kumpulan wawasan atau pengalaman yang didapatkan oleh orang lain. Salah satu tokoh terkenal yaitu Thomas Alva Edison, sangat gemar membaca. Beliau melakukan hal ini dengan gemar dan rajin. Alhasil di sepanjang karirnya, beliau menemukan penemuan baru 2 minggu sekali. Membaca akan membantu membuka wawasan dengan hal yang belum diketahui sehingga kreativitas bisa muncul dengan sendirinya.

  1. Gali referensi melalui internet

Dengan adanya internet di zaman sekarang, dengan mudahnya anda akan mendapatkan berbagai sumber ilmu seperti artikel, e-book, e-magazine dan banyak lagi. Sekarang banyak pengusaha yang tak segan membagi ide bisnis mereka di internet atau melalui website yang mereka buat. Di Internet juga sudah banyak forum untuk grup-grup tertentu seperti grup pengusaha kuliner, pengusaha pakaian, IT, dll. Di forum anda dapat bertanya dan saling berdiskusi untuk mengetahui hal yang baru.

  1. Berjalan-jalan

Padatnya ibukota membuat pikiran kita penuh dan menghambat kreativitas kita. Terkadang gedung-gedung tinggi atau seharian berada di ruang kantor membuat kita tidak menemukan ide yang briliant. Saatnya anda meluangkan waktu di saat weekend untuk berjalan-jalan di pantai, kebun binatang atau ke gunung. Disana otak dan pikiran anda akan lebih segar, tenang dan lebih nyaman karena luasnya hamparan dan tidak bising sama sekali. Ini juga akan meningkatkan mood anda untuk ide bisnis yang cemerlang.

  1. Berwisata

Jika anda sudah berkeliling ke sekitar lingkungan anda, kini tak ada salahnya anda mulai berwisata. Maksud wisata disini adalah anda berpergian ke luar kota atau luar negeri bila perlu. Di tempat baru anda akan menemui beragam hal yang baru seperti budaya atau adat dari kota tersebut. Jika kita beruntung kita dapat berkunjung ke pameran-pameran terbuka. Disini kita dapat melihat langsung bagaimana orang lain menciptakan ide kreativitas mereka.

  1. Ikut Perkumpulan Usaha

Tak salahnya jika anda mengikuti perkumpulan usaha dengan pengusaha lain. Biasanya di perkumpulan-perkumpulanseperti ini akan diadakan kegiatan seperti pelatihan atau seminar tertentu. Tak hanya itu, disini juga kita dapat mendengar langsung para pengusaha yang sukses memakai kreativitas di bisnis mereka. Kita dapat saling berbagi tip dan trik dan meningkatkan semangat ketika melihat kesuksesan orang lain. Bahkan jika beruntung, kita dapat mempunyai relasi bisnis yang baru.

  1. Manjakan Tubuh Anda

Jika Anda berbulan-bulan sudah bekerja keras dan terasa lelah, maka itu akan menghambat anda menemukan kreativitas. Aturlah 1 hari saja untuk memanjakan diri anda seperti makan makanan favorit kita, bersantai bersama keluarga atau tidur diiringi dengan musik favorit kita. Ketika tubuh anda sudah mendapatkan rileks, otomatis anda tidak akan susah mendapatkan kreativitas yang baru. Musik akan merangsang otak anda menjadi lebih kreatif.

| updated

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *