Kebiasaan Orang Sukses yang Perlu Kita Tiru

Jim Ryun, seorang pelari terkenal di Amerika Serikat pada tahun 1970an, pernah mengatakan “Motivation is what gets you started. Habit is what keeps you going.” Secara ringkas motivasi adalah pemantik api dalam diri kita, sedang yang membuatnya tetap menyala adalah kebiasaan yang kita bangun sejak kita membuka mata tiap pagi.

Kita boleh saja tak bersepakat dengan ucapan itu, tetapi ada yang tak bisa disangkal bahwa setiap orang punya kebiasaan yang lalu membentuk karakter dirinya, bahkan lalu menjadi penentu kesuksesan dirinya. Tak terkecuali dengan orang-orang sukses di seluruh dunia ini, mereka punya kebiasaan-kebiasaan yang barangkali lain dari yang dimiliki orang biasa saja. Kebiasaan ini terbukti mengantarkan mereka pada kesuksesan. Mari kita simak apa saja kebiasaan yang mereka punya, dan barangkali bisa kita tiru J

# Bangun Lebih Awal

Masih ingat nasihat “Bangunlah pagi sebelum rejekimu habis dipatuk ayam”? Ternyata nasihat dari orang-orang tua kita tersebut adalah nasihat yang dipraktikkan oleh orang-orang sukses. Apa hubungannya bangun pagi dengan kesuksesan? Bangun pagi adalah hal baik untuk mengawali hari. Semakin anda bangun pagi, semakin anda bisa merencanakan apa yang akan anda lakukan seharian ini. Sepanjang hari itu juga mereka akan siap menghadapi hal-hal yang tak terduga karena mereka telah membuat perencanaan dan antisipasi yang baik.

Coba bandingkan dengan mereka yang bangun siang. Mereka hanya punya waktu yang singkat untuk mempersiapkan diri mereka seharian. Tentu saja kebiasaan bangun pagi harus diikuti juga oleh kebiasaan untuk tidur tidak terlalu malam. Namun yang lebih penting lagi adalah memastikan kita mendapatkan tidur malam atau istirahat yang berkualitas. Dengan kualitas tidur yang baik, energi kita akan pulih total dan siap untuk menjemput kesuksesan yang tiada habisnya.

# Berolahraga dengan Teratur dan Terukur

Olah raga sudah pasti salah satu kebiasaan orang sukses yang perlu kita tiru. Tubuh yang sehat akan menumbuhkan pikiran yang sehat; juga akan menumbuhkan mental yang tak mudah menyerah. Secara psikologis olah raga akan membuat kita memandang diri kita dengan lebih baik, lebih percaya diri. Lari jarak jauh misalnya, selain melatih stamina ternyata juga akan melatih ketahanan mental kita.

Sekarang siapa yang bisa kita jadikan contoh? Gubernur DKI Jakarta Ahok adalah contoh yang barangkali dekat dengan kita. Dia berangkat dari pengusaha yang kemudian terjun di dunia politik dengan kualitas dan kharisma yang luar biasa. Kita lihat saja jadwal hariannya ketika dia perjalanan dinas ke Belanda, di situ disebutkan dia berolahraga pagi selama 1 jam sebelum memulai aktivitas lainnya.

# Punya Kehidupan yang Seimbang

via michaelhyatt.com

Seorang yang sukses tidak menulisi agenda mereka dengan “kerja, kerja, dan kerja.” Mereka menyediakan waktu juga untuk keluarga dan diri mereka sendiri. Hal ini bisa dilihat sebagai cara untuk mengisi kembali “baterai” daya hidup anda. Bila anda selalu menenggelamkan diri anda dalam pekerjaan anda setiap waktu, bukannya kesuksesan yang anda raih, anda justru akan kehilangan satu hal penting: hidup anda.

Keseimbangan hidup ini bisa anda raih dengan liburan atau sekadar mendengarkan musik. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti misalnya, dia punya cara untuk menyeimbangkan hidupnya yang penuh tekanan di sana sini. Dia menyediakan waktu untuk dirinya sendiri di sebuah ruangan pribadi miliknya. Di sana dia tidak ingin diganggu lantas menyetel musik klasik keras-keras untuk membuat dirinya rileks.

# Menebas Semua Distraksi yang Muncul

Setiap orang punya daya tahan sendiri-sendiri terhadap tekanan dan stres yang melanda. Namun ada juga cara lain untuk menanggapi stres, yaitu dengan menghindari hal-hal yang bisa menimbulkan stres itu sendiri. Pasalnya, sebenarnya banyak hal-hal kurang penting yang justru menimbulkan stres paling besar yang melanda diri kita. Misalnya, keberadaan media sosial. Informasi yang berkembang sangat cepat, entah itu baik atau buruk, benar atau tidak, sedikit banyak memengaruhi tingkat stres kita.

Maka kebiasaan orang sukses yang paling baik adalah dengan menebas semua hal yang dapat memicu stres tersebut. Caranya tak lain adalah dengan mengabaikan hal-hal tersebut, dan lebih berfokus pada hal besar yang produktif dan meningkatkan kualitas kerja kita. Ada nasihat yang sedikit ekstrim seperti misalnya jauhkan ponsel anda, log out semua akun media sosial anda, dan nikmatilah diri produktif anda.

# Menentukan Prioritas Dengan Jitu

via lifehacker.com

Orang sukses juga dipercaya punya kebiasaan untuk melakukan terlebih dahulu hal-hal yang mereka anggap penting. Itulah mengapa mereka bisa mengerjakan sesuatu dengan lebih efektif dibanding dengan mereka yang menyelesaikan sesuai urutan waktu ataupun urutan lain yang tidak berdasarkan tingkat kepentingannya.

Orang sukses mengetahui bahwa tidak setiap pekerjaan itu sama rata. Pada waktu yang sempit, mereka akan melihat bahwa ada pekerjaan yang harus diselesaikan sekarang juga, dan mana yang bisa ditunda penyelesaiannya. Namun benar bahwa untuk bisa dengan bijak menentukan prioritas memang butuh waktu yang tidak sebentar. Lama kelamaan jam terbang anda akan membuat anda dengan tepat dan jit menentukan prioritas.

# Membaca Buku

Tak sekadar membaca buku saja, tetapi ada sumber yang mengatakan kalau orang sukses itu membaca buku fisik yang terbuat dari kertas, bukan buku elektronik. Kita tentu mengenal banyak orang yang pandai karena mereka banyak membaca. Maka sudah betul bahwa untuk meningkatkan kapasitas kecerdasan kita (entah dalam hal kosakata, pengetahuan umum, atau bahkan kreativitas) adalah dengan membaca. Membaca sebenarnya meningkatkan aliran listrik di otak kita, meningkatkan aktivitas dengan cara menstimulasi otak kita.

Lantas mengapa harus buku fisik? Penelitian menunjukkan membaca pada layar akan menurunkan kecepatan baca hingga 30 persen. Membaca buku fisik tentu akan membuat lebih banyak informasi yang terserap dalam otak kita. Maka sediakan waktu barang beberapa menit dalam hidup sehari anda untuk membaca. Barangkali kita bisa meniru gaya hidup Bill Gates yang selalu menyediakan waktunya beberapa menit sebelum tidur untuk membaca sebuah buku fisik.

# Mereka Gemar Mencari Nasihat dan Inspirasi

via leostartsup.com

Seperti halnya sebuah spons, orang sukses biasanya gemar untuk menyerap hal-hal baik yang bisa berguna dalam hidupnya. Barangkali orang lain akan merasa puas dengan pengetahuan yang dimiliki karena mereka membaca buku, atau mereka telah berkeliling dunia dan mendapatkan pengetahuan yang luas. Tetapi kepuasan terhadap pengetahuan itu bukanlah kebiasaan orang sukses, dengan kata lain, mereka selalu haus akan pengetahuan itu.

Maka tak jarang dari mereka punya kebiasaan untuk berdiskusi dengan orang-orang di sekitar mereka. Mereka diskusi tentang hal apapun, dengan siapapun, termasuk keluarga, orang tua, kenalan, atasan, karyawan, ataukah teman sendiri. Ada begitu banyak pengetahuan yang bisa diserap dari orang-orang tersebut. Kita hanya perlu merasa haus dan rendah hati untuk melihat pandangan-pandangan mereka. Tentu kita tak harus menjalani semua nasihat dan masukan yang mereka berikan, tetapi setidaknya kita cukup menyadari bahwa pandangan orang lain itu ada dan bisa kita jadikan inspirasi.

Siapkah kita meniru kebiasaan orang sukses ini?

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *