Kebiasaan Buruk yang Menguras Kantong (1)

Ketika Ani ditanya oleh salah satu kerabatnya mengenai penghasilannya. Ani menjawab penghasilannya per bulan adalah 10koma. Kerabatnya heboh menyangka Ani mendapatkan penghasilan diatas 10juta. Ani pun terbahak-bahak melihat reaksi temannya. Ternyata maksud ani bukanlah tentang total penghasilannya. Ani menceritakan tentang dirinya bahwa penghasilannya sudah hampir habis sebelum tanggal 10. Kok bisa terjadi?

Notabene kita yang masih muda dan belum berumah tangga sering kecolongan ketika gaji sudah hampir habis di awal bulan. Dibandingkan pasangan yang sudah berumah tangga sudah belajar mengatur keuangannya. Rasanya begitu cepat menghabiskan dibanding menghasilkannya. Kerja keras selama sebulan rasanya lewat begitu saja. Anda perlu telusuri lagi kebiasaan-kebiasaan buruk yang menguras kantong. Kebiasaan ini tak kita sadari karena kita sudah menjadikan ini menjadi hal yang biasa.

Nongkrong di cafe

Anda mungkin penikmat kopi apalagi di saat anda suntuk dan bosan dengan pekerjaan. Memang tak ada salahnya jika anda sesekali minum kopi untuk mengusir suntuk itu. Namun hitung total pengeluaran anda jika anda memilih nongkrong atau sekedar menikmati kopi yang harga secangkirnya sebesar 50 ribu rupiah. Jika dalam sebulan anda 7x kesana, alhasil pengeluaran anda sebesar 350rb sebulan. Belum lagi jika anda membeli snack juga. Berapa banyak lagi uang yang anda kuras? Cobalah untuk mengakalinya dengan menggunakan kopi instan atau meracik kopi buatan tangan anda sendiri. Carilah pemandangan yang sejuk (tentunya yang gratis) dan duduklah sambil menikmatinya. Kegiatan seperti ini tidak harus mahal bukan?

Bangun telat

Sudah beberapa kali anda telat bangun kesiangan dan jika anda telat 5 menit akan ada sanksi yang menunggu anda. DIsiplin kerja sudah memberitahukan untuk datang tepat waktu ke kantor. Mau tidak mau anda harus menggunakan taxi atau ojek supaya tidak telat. Biasanya anda menggunakan transportasi umum dan akhirnya harus menggunakan taxi yang harganya 3x lipat dari biasanya. Belum lagi anda harus merasakan macet di jalan. Kebiasaan ini sangat merusak keuangan anda oleh karena itu hindarilah kebiasaan bangun telat.

Kebiasaan Shopping

Kebiasaan shopping biasanya merajai para wanita. Wanita yang ingin tampil modis akan selalu tergoda ketika melihat diskon pakaian-pakaian bermerk atau hot sale sepatu model baru. Alhasil kebiasaan ini mebuat para wanita cenderung menghabiskan uangnya padahaluang gajian baru masuk. Saya sarankan anda megatur keuangan anda terlebih dahulu. Aturlah keperluanuntuk belanja, biaya hidup atau biaya lainnya sebelum berbelanja barang yang diinginkan.

Makan siang

Jika kantor anda biasanya menyediakan snack ato makan gratis tetapi anda masih makan diluar. Itu merupakan kebiasaan buruk yang mengganggu keuangan anda. Jika anda ingin lebih berhemat, anda harus mengontrol diri untuk tidak makan di luar atau di tempat-tempat yang mewah. Jika di kantor tidak memfasilitasi sarapan atau makan siang, anda dapat menyiapkan makanan dari rumah. Anda yang menjamin higienisnya makanan anda sendiri. Disamping sehat, anda menyimpan beberapa ratus ribu rupiah dalam sebulan.

Hobi Travelling

Anda mempunyai hobi travelling atau berwisata keluar kota? Pastikan uang yang anda keluarkan adalah hasil dari tabungan anda, bukan anda ambil dari gaji anda secara langsung. Anda yang hobi travelling jika ingin berhemat, pilihlah destinasi yang murah dan nyaman bagi kantor. Mungkin anda juga dapat pergi secara rombongan untuk berhemat atau mencari teman untuk ?ackpacker? Jika anda seseorang yang menyukai hobi ini. Hobi ini memang tak harus dihilangkan namun anda harus mencari jalan lain untuk lebih berhemat.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *