Kartu Plastik yang beredar di Indonesia

Banyaknya kartu plastik yang digunakan di Indonesia mungkin dapat membuat sebagian orang bingung akan fungsi dan keuntungannya yang berbeda, maka dari itu saya kan membahas tentang berbagai jenis kartu plastik yang digunakan dan beredar di Indonesia.

Klasifikasi kartu plastik berdasarkan fungsinya:
1. Credit card
Merupakan jenis kartu yang dapat diguanakan sebagai alat pembayaran transaksi penjualan maupun pembelian barang/ jasa dimana pelunasannya dapat dicicil atau dibayar sekaligus sejumlah minimum tertentu. Jumlah tersebut dihitung dari nilai saldo tagihan ditambah bunga bulanan.

2. Change card
Merupakan jeni s kartu pembayaran suatu transaksi jual beli dimana nasabah harus membayar kembali seluruh tagihan secara penuh pada akhir bulan atau bulan berikutnya dengan atau memakai biaya tambahan.

3. Debit card
Debit card berbeda dengan kedua kartu yang telah dijelaskan di atas. Pemayaran oleh kartu ini pada dasarnya adalah pembayaran tunai dengan menggunakan uang tunai tetapi pelunasannya menggunakan cara mendebit (mengurangi) saldo tabungan Anda. Dalam hal ini Anda harus mempunyai rekening di bank yang terkait dengan kartu tersebut.

4. Cash card
Merupakan kartu yang memungkinkan pemegang kartu tersebut untuk menarik uang tunai secara langsung di kasir bank maupun melalui ATM bank tertentu. Cash card ini tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran seperti ketiga kartu di atas.

5. Check guarantee card
Kartu ini pada dasarnya dapat digunakan sebagai kartu jaminan dalam penarikan cek olh pemegang kartu. Kartu ini juga dapat dipakai untuk melakukan penarikan uang melalui ATM.
Klasifikasi kartu berdasarkan lokasi:
1. Kartu plastik lokal
Merupakan kartu plastik yang hanya dapat digunakan dan berlaku di suatu wilayah atau daerah tertentu misalanya Indonesia. Kartu ini biasanya diguanakan pihak pengusaha / pengecer untuk dapat memberikan service lebih kepada pelanggannya. Contoh kartu plastic ini adalah, Astra card, Garuda Executive card, Matahari Card, dll.

2. Kartu plastik internasional
Merupakan kartu plastik yang dapat digunakan di seluruh dunia, dan berlaku sebagai alat pembayaran internasional.  Kartu yang biasanya digunakan adalah:
a. Visa
Visa adalah kartu kredit internasional yang dimiliki oleh perusahaan kartu Visa internasional.

b. Master card
Master card adalah kartu kredit internasional yang dimiliki oleh perusahaan kartu Master Card Internasional.

c. Diners Club
Diners Club adalah kartu kredit internasional  dimiliki oleh Citicorp

d. Carte Blanc
Carte Blanc adalah kartu kredit internasional  dimiliki oleh Citicorp

e. American Express
American Express dimiliki oleh American Express Travel Related Service Incorporated. KArtu ini dapat berfungsi baik sebagai charge card maupun credit card. (Lois Juanita.P)

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *