Kapan Waktu yang Tepat untuk Posting di Facebook?

Semenjak Facebook berkembang di Indonesia beberapa tahun yang lalu, dunia bisnis makin ramai dipadati oleh para pengusaha yang bermain Facebook. Melalui akun yang mereka punya tersebut ditawarkanlah produk barang dan jasa yang mereka tawarkan kepada teman-teman dunia maya. Berbagai cerita kesuksesan soal bisnis pun merebak di Facebook. Media sosial yang satu ini kemudian menjadi andalan yang tak terlewatkan bagi para pengusaha untuk mengiklankan produk mereka.

Untuk lebih menyukseskan dagangan itu, mereka lalu secara konstan memposting di akun mereka sebagai sebuah strategi bisnis. Barangkali sebagian besar kita berpikir secara sederhana: makin sering kita posting, makin banyak orang tahu. Namun benarkah demikian? Rupanya tidak selalu begitu. Ketika postingan anda semakin sering, itu artinya anda hanya berkomunikasi satu arah saja. Anda bagaikan melempar umpan secara serampangan di tempat yang acak. Hal ideal yang anda sebaiknya lakukan adalah mengelola pasar potensial anda, bukan dengan cara yang tadi.

Tidak ada yang dapat menemukan rumusan pasti untuk memaksimalkan fungsi pemasaran dalam penggunaan Facebook. Kendati begitu, kami akan membagikan kepada anda soal waktu yang tempat untuk memposting iklan anda di Facebook. Yang akan kami tuliskan ini memang bukan rumusan pasti seperti ilmu alam, tetapi hasilnya memang didapatkan dari riset pengguna Facebook. Begini uraiannya.

Fakta Soal Posting di Facebook
Kita tentu pernah mendengar soal “market timing” dalam dunia industri. Frasa tersebut kira-kira menyoal perilaku orang-orang (pasar) pada waktu-waktu tertentu yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan efektivitas kita dalam beriklan. Begitu juga dalam dunia ber-media sosial, kita harus menyadari bahwa ada waktu-waktu tertentu yang bisa kita gunakan untuk posting.

Pengetahuan ini sudah didapatkan oleh para pengusaha besar, terutama di Amerika Serikat sana. Mereka sudah mempelajari momen di mana para pengguna Facebook sedang ramai dan surut. Perusahaan yang membutuhkan informasi soal ini tentu saja sebagian besar adalah perusahaan online yang beroperasi selama 24 jam penuh. Beberapa zona waktu yang perlu anda ketahui adalah sebagai
berikut:

• Nilai rata-rata klik paling tinggi terjadi pada pukul 13.00 hingga 16.00 setiap harinya. Menurut data yang ada, puncak paling tinggi terjadi pada hari Kamis sekitar pukul 15.00.
• Sedangkan waktu terburuk untuk memposting sesuatu di Facebook adalah sebelum pukul 8 pagi dan setelah pukul 20.00 di akhir pekan.
• Penambahan foto dalam postingan anda terbukti meningkatkan bubuhan tanda ‘Like’ sebanyak 50 persen dan menggandakan jumlah komentar di bawah postingan iklan anda.

Bagaimana zona waktu tersebut dapat dijelaskan?Begini penjelasannya. Pada pukul 13.00 siang hari adalah waktu yang paling tepat bagi anda untuk memposting iklan. Asumsi yang digunakan adalah waktu tersebut adalah selepas jam makan siang bagi karyawan. Orang-orang berada pada mood yang bagus pada waktu-waktu ini. Sekalipun mood mereka tak bagus dan enggan membaca detil soal iklan di hadapan mereka, ada kemungkinan mereka memberitahukan hal tesebut kepada teman kerja mereka di ruangan yang sama.

Karena anda mendapatkan klik paling banyak pada hari Rabu, jangan menghitung pengguna yang mengklik pada hari Kami dan Jumat. Seseorang biasanya membutuhkan 12 hingga 24 jam untuk ‘pemanasan’ guna mengetahui apa yang anda iklankan. Hal ini sudah diteliti dan membuktikan bahwa selama periode Senin hingga Rabu memang terjadi peningkatan hingga tujuh persen.

Lantas, bagaimana kita bisa memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk memaksimalkan strategi kita? Cara yang paling mungkin adalah anda membuat postingan semenarik mungkin, sebaru mungkin, tepat setelah jam makan siang. Asumsinya adalah setelah makan siang, orang tidak akan langsung melanjutkan pekerjaan mereka pada pagi harinya. Mereka akan cenderung ‘menurunkan’ makanan terlebih dahulu sambil tetap di depan komputer. Kemungkinan terbesar adlaah mereka membuka hiburan, salah satunya adalah Facebook, sebelum mereka nanti melanjutkan kerja. Ini adalah momentum yang sangat idel bagi anda untuk memasukkan konten pemasaran anda.

Bagaimana jika ada produk baru yang menarik dan itu justru datang pada akhir pekan? Sebenarnya sah-sah saja jika anda langsung mempostingnya di akhir pekan, tetapi itu ada dua risiko. Risiko pertama adalah tidak banyak orang yang membuka Facebook pada akhir pekan. Artinya, peluang postingan anda terbaca adalah kecil. Risiko kedua adalah ketika hari Senin nanti orang membuka timeline Facebook, postingan iklan anda sudah tertumpuk oleh postingan-postingan lain. Artinya, sama saja, peluang iklan anda terbaca juga kecil. Maka yang paling ideal adalah tunggu dulu hingga waktunya tepat untuk memposting.

Nah, mulai sekarang cobalah anda evaluasi apakah anda telah menggunakan waktu yang tepat untuk memposting iklan anda di Facebook? Jika belum, makan ini saat yang tepat untuk mengubah jadwal dan menaikkan tingkat pengetahuan pasar akan produk anda, yang nanti akan meningkatkan penjualan anda sendiri. Sifat internet yang 24 jam penuh bukan berarti anda bisa memposting kapan saja dan mendapatkan keefektifan yang sama. Jangan juga membombardir kawan Facebook anda dengan postingan iklan melulu. Alih-alih tertarik, mereka bisa jadi justru muak lantas memutus perkawanan dalam Facebook.

Selamat berupaya!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *