Kapan Waktu yang Tepat Membeli Emas?

Pertanyaan mengenai kapan waktu yang tepat untuk membeli emas memang terdengar seperti pertanyaan mudah. Namun bagi beberapa orang terutama orang yang serius menjalani bisnis investasi di bidang emas tentu pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang memerlukan jawaban serius. Meskipun sebenarnya, jawaban dari pertanyaan tersebut terkadang sudah bisa digambarkan oleh setiap orang, apalagi orang yang hendak berinvestasi emas.

Mudahnya, mengetahui kapan waktu yang tepat membeli emas adalah dengan cara mengawasi setiap pergerakan harga emas. Hal tersebut tidaklah sulit apalagi dizaman serba canggih seperti sekarang ini. Banyak aplikasi yang bisa dipasang di telepon genggam Anda sehingga Anda akan bisa terus memantau harga emas.

Selain memperhatikan harga emas itu sendiri, Anda akan lebih ahli jika bisa memantau pergerakan mata uang yang digunakan, jika di Indonesia tentu saja rupiah terhadap dollar Amerika misalnya. Ketika nilai rupiah stabil atau dalam artian tidak sedang melemah, artinya kondisi ekonomi berada pada tingkat normal. Itulah saatnya membeli emas. Karena, biasanya pada kondisi tersebut, emas berada pada harga murah.

Selain Anda harus memastikan bahwa Anda membeli emas pada saat harga murah, istilah ‘lebih cepat lebih baik’ sangat cocok digunakan ketika berniat investasi emas. Ketika harga emas turun, bisa dikatakan drastis pada saat itu, akan lebih baik segera melakukan pembelian karena esok hari belum tentu emas berada pada harga tersebut. Intinya Anda harus bisa memutuskan sendiri kapan harus membeli emas. Asah feeling Anda dalam bisnis investasi ini. Asah juga mental Anda. Karena akan dibutuhkan keberanian untuk memutuskan apakah akan membeli pada saat harga turun atau menunggu di kemudian hari agar harganya turun lagi. Mental disini juga akan memberikan Anda kekuatan ketika ternyata harga keesokan harinya lebih rendah daripada hari dimana Anda memutuskan untuk membeli.

Selain hal tersebut di atas, hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengenai motivasi Anda membeli emas. Tentukan motivasi Anda dalam berinvestasi emas. Karena pada dasarnya motivasi anda dalam membeli emas akan sangat menentukan bentuk investasi emas yang dipilih. Apakah anda merupakan seorang spekulator, investor atau penabung? Apakah anda ingin mengambil posisi spekulatif jangka pendek dalam emas? Apakah anda berinvestasi untuk jangka menengah atau panjang? Ataukah anda mendiversifikasi, menyimpan atau menggunakan emas hanya sebagai hedging / jaminan keuangan yang merupakan fungsi utama emas? Semua faktor ini akan sangat mempengaruhi gaya investor dalam berinvestasi dan membeli emas.

Setelah menentukan motivasi anda dalam berinvestasi emas, pertimbangan utama berikutnya adalah biayanya (baik di maupun maupun biaya tahunan), kedekatan pada aset anda dan mungkin faktor paling penting yaitu resiko. Jika anda menyimpan emas di pihak ketiga, pastikan anda berhubungan langsung dengan pihak tersebut tanpa melalui pihak perantara yang tentunya bisa memperbesar resiko. Pertimbangan lain adalah kemampuan untuk menyerahkan emas pada saat terjadi krisis yang menyeluruh. Membeli emas batangan dan memegang emas dalam portfolio dapat memberikan profit nyata dalam bentuk keuntungan spekulatif, investasi, hedging terhadap resiko ekonomi makro dan geopolitis atau pemeliharaan kekayaan.

Intinya adalah, jenis investasi seperti apapun diperlukan adanya riset yang tepat. Baik riset terhadap pasar untuk mengetahui investasi jenis apa yang cocok pada waktu berlaku maupun riset kepada diri pribadi untuk mengetahui apakah investasi tersebut cocok dengan keuangan pribadi, misalnya. Lebih baik lagi jika kegiatan investasi yang Anda pilih sesuai dengan kepribadian atau passion Anda karena tentu saja hal tersebut akan sangat membantu semangat Anda dalam berinvestasi.

Selamat berinvestasi!

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *