Kapan Waktu Yang Pas Menjual Emas

Emas merupakan investasi yang paling banyak dilakukan oleh orang. Harga emas yang relative bisa mendatangkan keuntungan, tetapi jika tidak pandai melihat harga pasar, bukan tidak mungkin emas yang akan dijual lebih murah dari harga aslinya. Alasan lain yang mendasari mengapa orang lebih memilih berinvestasi emas adalah sebagai berikut:

Waktu Menjual Emas

1. Melindungi Kekayaan

Dampak inflasi yang kerap menghantui para investor tidak mempengaruhi nilai investasi emas. Jika dibandingkan dengan rupiah, kenaikan nilai emas jauh lebih tinggi. Karenanya, kekayaan orang akan tetap “lestari” dengan investasi logam mulia ini.

2. Resiko Yang Dimiliki Rendah Hingga Menengah

Resiko berinvestasi emas cenderung memiliki level menengah hingga rendah. Kerugian yang didampakkan oleh investasi ini tidak akan mengancam kekayaan anda. Sebaliknya, kenaikan nilai emas yang cukup tinggi banyak menawarkan keuntungan.

3. Aset Nyata

Bentuk nyata dari emas baik itu batangan, koin, ataupun perhiasan menjadi jaminan yang memiliki sebuah nilai bukan hanya angka.

4. Hak Kepemilikan

Hak atas emas yang dimiliki adalah milik sang empunya seutuhnya. Jadi, kuasa atas emas tersebut tidak dapat dicampur tangani orang lain.

5. Mudah Dicairkan

Karakter yang dimiliki emas tidak banyak dimiliki oleh investasi lain. Emas sangat mudah untuk diperjual belikan karena tempat untuk bertransaksi sudah tersebar dimana-mana. Bahkan emas bisa digadaikan sebagai jaminan hutang jika diperlukan.

Baca Juga:

6. Bebas Pajak

Investasi bebas pajak merupakan hal yang paling diminati oleh masyarakat. Emas merupakan salah satu hasil komoditi yang tidak dikenai pajak. Karenanya, berinvestasi emas tidak akan mengurangi uang anda.

Sumber: https://4.bp.blogspot.com/

Sumber: https://4.bp.blogspot.com/

Keuntungan bisa didapat jIka benar-benar mengerti dan paham tentang waktu yang tepat untuk menjual investasi tersebut. Lalu, kapan waktu yang pas untuk menjual emas? Tenggang waktu tunggu untuk menjual emas antara 6 bulan hingga satu tahun dari masa pembelian. Namun, jika menginginkan hasil optimal agar keuntungannya lebih besar diperlukan kesabaran yang lebih yaitu dengan menunggu hingga 3 tahun.

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, sebenarnya sangat mudah untuk mengetahui masa yang tepat untuk menjual emas. Aplikasi yang banyak tersedia di Smartphone akan memudahkan melihat apakah harga emas sedang naik ataukah turun. Harga emas bergantung pada masa naik turunnya dollar sebagai mata uang dunia. Jika nilai dollar jatuh, maka saat itulah waktu yang tepat bagi investor emas untuk menjualnya. Harga emas akan membumbung tinggi dan menghasilkan return jika dollar mengalami kemerosotan.

Banyak investor saat ini mulai beralih berinvestasi emas dibandingkan dengan saham dan obligasi karena dampak resiko yang dimiliki oleh emas tidak terlalu besar. Jika berminat menginvestasikan harta dengan emas, selain melihat keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan tentunya tidak lupa untuk melihat kekurangan yang mungkin bisa menghampiri. Resiko ketika berinvestasi emas yang paling banyak adalah rawan terjadi kemalingan. Emas adalah barang nyata yang dapat diambil oleh siapa saja.

Jika tidak pandai dalam menyimpan asset tersebut bukan tidak mungkin tindak kejahatan bisa meghampiri seperti perampokan. Anda adalah salah satu orang yang menginginkan keuntungan cepat dengan investasi? Maka emas bukanlah jawaban yang tepat untuk dijadikan investasi. Seperti dijelaskan diatas jika masa tunggu untuk mendapatkan keuntungan saat menjual emas tidaklah sebentar. Bahkan, semakin lama masa tunggu sebelum menjual emas akan menaikkan harganya lebih tinggi lagi. Keuntungan ataupun kerugian memang hal yang tidak bisa terlepas jika sedang berinvestasi. Dengan perhitungan yang tepat, kerugian bisa jadi dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *