Kapan Saat Yang Tepat Membeli “Asuransi Kesehatan”?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia belum paham akan pentingnya asuransi kesehatan. Hal ini karena, mereka menganggap diri mereka masih sehat dan tidak memiliki penyakit yang cukup serius, sehingga membeli asuransi kesehatan hanya akan membuang uang saja. Padahal kita tidak akan tahu apa yang terjadi besok.

Asuransi Kesehatan

Bisa saja anda terkena musibah kecelakaan atau divonis menderita penyakit tertentu yang membutuhkan biaya pengobatan mahal. Semua hanya kuasa yang Diatas. Memang, tidak ada orang yang berharap mendapatkan musibah, namun ada baiknya anda menyisihkan sedikit gaji yang didapat sebagai jaminan kesehatan dimasa yang akan datang. Cara ini dilakukan supaya jika sewaktu-waktu ada musibah atau penyakit tertentu yang anda atau keluarga alami, maka sudah ada perusahaan asuransi yang akan menanggung semua biaya pengobatan.

Sumber: https://kreditgogo.com/

Sumber: https://kreditgogo.com/

Apalagi jika biaya premi yang dibayarkan jauh lebih kecil ketimbang biaya yang harus anda keluarkan ketika terjadi musibah. Secara umum mengajukani asuransi kesehatan bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Akan tetapi, ada beberapa hal dan konsekuensi yang harus diperhatikan oleh nasabah, sehingga sangat disarankan untuk mengajukannya di waktu-waktu tertentu.

  • Ajukan Ketika dalam Keadaan Sehat

Pada prinsipnya, asuransi kesehatan hanya akan melayani bagi mereka yang masih dalam keadaan sehat. Hal ini karena rencana pembiayaan yang dikeluarkan atas klaim seseorang telah dibayarkan diawal dan akan ditanggung secara bersama. Sedangkan, jika mengajukan asuransi kesehatan dalam keadaan sakit, maka semua klaim yang dibayar diawal hanya akan ditanggung oleh perusahaan saja, dan kemungkinan biaya pengobatan yang dikeluarkan pun juga lebih besar dari pada biaya polis. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak perusahaan asuransi kesehatan tidak mau menerima nasabah dalam keadaan sakit, sebab mereka akan dirugikan dengan sistem ini.

  • Membeli Asuransi Ketika Masih Muda

Membeli asuransi kesehatan sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, baik ketika masih muda ataupun sudah tua. Akan tetapi sangat disarankan untuk mengajukannya ketika masih muda. Pada saat masih muda resiko untuk terkena berbagai penyakit lebih rendah, sehingga premi yang dibayarkan juga rendah. Sedangkan, jika umur semakin tua, resiko untuk terkena penyakit pun juga semakin tinggi, sehingga premi yang dibayarkan pun juga semakin tinggi, karena perusaahaan asuransi juga tidak mau dirugikan.

  • Belilah Asuransi Ketika sudah Bekerja atau Memiliki Penghasilan

Mengajukan asuransi memang boleh dilakukan oleh siapa saja. Akan tetapi, mengingat bahwa anda akan membayar biaya premi setiap bulannya, maka akan lebih baik jika anda mengajukannya ketika sudah memiliki penghasilan tetap. Jangan sampai karena anda menginginkan jaminan kesehatan dimasa tua, maka anda melakukan segala cara untuk membayar premi disaat kondisi ekonomi belum baik, sebab hal ini malah akan menimbulkan permasalahan lainnya.

Ada beberapa hal yag perlu anda perhatikan ketika membeli asuransi ini diantaranya ialah lakukan perbandingan premi sebelum memutuskan menggunakan layanan perusahaan asuransi yang dipilih. Dari perbandingan ini and bisa mengetahui standar biaya premi yang harus anda bayar. Kenali fasilitas dan kebutuhan anda sehingga anda dapat membeli asuransi kesehatan yang terbaik dan tepat untuk diri anda.

Gunakan pula layanan asuransi kesehatan dari perusahaan terpercaya dan memiliki reputasi yang baik pula sehingga anda terhindar dari penipuan yang berkedok asuransi. Lebih teliti dan mempertimbangkan segala kemungkinan dalam memutuskan membeli asuransi kesehatan akan menjadi keuntungan untuk diri anda sendiri.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *