Jangan Ragu Rekrut Social Media Manager!

Dalam artikel sebelumnya anda bisa mengetahui jenis pekerjaan yang termasuk baru ini. Sekadar informasi saja, beberapa perusahaan menyebut nama pekerjaan ini sebagai social media specialist. Penyebutannya saja yang berbeda, tetapi kurang lebih deskripsi pekerjaannya sama. Barangkali tidak banyak pengusaha yang menganggap bahwa pekerjaan ini mereka butuhkan dalam perusahaan mereka. Nah, lewat artikel ini anda sebagai pengusaha akan makin yakin bahwa merekrut seorang social media manager adalah salah satu tindakan cerdas dalam berbisnis di era digital ini.

:: Mereka Selalu Mengikuti Tren Media Sosial

Seringkali kita berpikiran bahwa pekerjan seorang social media manager bisa dilakukan oleh editor, reporter, ataupun penulis lepas. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah tidak demikian. Mereka barangkali sangat baik dalam memproduksi konten yang dibutuhkan, tetapi seorang social media manager haruslah lebih dari itu. Mereka harus mengikuti tren yang ada di media sosial.

Seorang social media manager mengetahui apa hashtag (tagar) yang sedang paling populer saat ini, bagaimana cara yang efektif untuk memposting tulisan di Google+, bagaimana mengelola blog, apakah memerlukan Pinterest, dan sebagainya. Kemampuan dan keterampilan khusus yang bersifat strategis tersebut barangkali tidak dimiliki oleh reporter, penulis lepas, ataupun editor.

Tren media sosial memang harus dikuasai oleh seorang social media manager. Hal itu berguna untuk memastikan bahwa mereka membuat perusahaan anda menjadi leader, dan bukanlah follower dalam banyak hal. Mereka selalu menyadari dan menemukan peluang atas segala hal yang baru. Dari penguasaan tren media sosial ini mereka bisa membantu anda mengatasi tiga hal penting sekali dalam kelangsungan hidup perusahaan: strategi media sosial, kebijakan media sosial, dan perencanaan iklan media sosial.

Baca Juga:

:: Mereka Memahami Analisis Media Sosial

Apakah anda cukup familiar dengan kata-kata seperti virality, reach, RT, click-through, dan +1? Beberapa istilah tersebut rupanya terkait dengan kinerja media sosial. Seorang social media manager pasti akan sangat menguasai istilah tersebut. Istilah itu akan sangat membantu bagaimana mereka menganalisis setiap tanggapan yang muncul dan memastikan perusahaan anda mendapatkan ROI (Return On Investment) terbaik dalam media sosial. Mereka akan mempu melihat apakah usaha pemasaran yang perusahaan lakukan bekerja secara efektif atau tidak. Bisa dikatakan selama 24 jam setiap hari selama seminggu penuh mereka punya tanggungjawab memonitor audiens tersebut untuk mendapatkan analisis yang baik.

:: Mereka Punya Reputasi yang Baik di Kerja Pemasaran

Benar bahwa media sosial adalah ‘pemain baru’ dalam dunia pemasaran yang selama ini ada. Kendati begitu, teknologi ini bukanlah hal yang disepelekan. Bagaikan cabe rawit yang kecil tapi pedas, dibutuhkan orang-orang cerdas dengan kualifikasi tertentu untuk bekerja dengan efektif. Tentu saja mereka harus dibuktikan dengan pengalaman, bukan sekadar pemakai/pengguna media sosial aktif saja.

Pengalaman itu akan menumbuhkan kepakaran yang dapat dilihat dari jam terbang mereka. Anda akan dapat dengan mudah menelusuri bagaimana prestasi mereka hanya dengan melihat proyek-proyek media sosial yang telah mereka tangani sebagai referensi. Hasilnya akan terlihat jelas, dilihat dari bagaimana mereka menulis, bagaimana mereka membangun komunitas dengan audiens dan sebagainya. Keahlian yang seperti ini akan mudah anda akses untuk menemukan seorang social media manager yang anda harapkan.

:: Mereka Sangat Paham Pentingnya Media Sosial

Barangkali anda tidak sepenuhnya sepakat dengan gagasan bahwa media sosial bisa menimbulkan perbedaan yang signifikan pada perusahaan anda. Namun tidak demikian dengan seorang social media manager, mereka sangat paham bagaimana media sosial bisa sangat membantu perusahaan anda dalam seluruh aspek pemasaran. Dengan begitu mereka akan membuat perencanaan pemasaran yang baik dan efektif. Mereka tidak hanya akan mengepos tweet yang sama setiap hari, atau sekadar update status di Facebook saja. Mereka akan berinteraksi dengan audiens, membuat jaringan, lalu membentuk sebuah komunitas yang pasti akan menjaring pelanggan anda. Secara keseluruhan, melalui media sosial, mereka akan membuat audiens lebih mudah untuk mengakses perusahaan anda.

:: Mereka Totalitas dan Fokus pada Media Sosial Perusahaan Anda

Kita tentu tahu bahwa totalitas dan fokus adalah kekuatan yang tak terhingga pada sebuah perusahaan. Seorang reporter ataupun editor biasanya akan mengepos saja sebuah tulisan pada pukul 13 di akun Facebook atau blog. Beberapa jam kemudian akan dipos lagi sebuah informasi di media sosial lain. Namun ada satu hal yang teramat jarang dilakukan reporter/editor, yaitu menganalisis statistik media sosial.

Tugas analisis statistik inilah yang kemudian menjadi tugas social media manager. Mereka akan mendedikasikan seluruh waktu kerja anda untuk melakukan itu demi memunculkan strategi pemasaran online dengan lebih baik. Bahkan bisa dikatakan mereka harus mengetahui semua, termasuk segala seluk beluk perusahaan anda, untuk bisa menentukan keputusan strategi pemasaran mana yang paling baik untuk diterapkan pada perusahaan anda. Ini sungguh kerja keras yang membutuhkan totalitas dan fokus untuk mendapatkan hasil yang baik.

:: Mereka Akan Membuat Perusahaan Anda Menjadi Kompetitor yang Handal

Tak berlebihan bila kita mengatakan dengan merekrut seorang social media manager yang handal, kita akan menjadi perusahaan yang tak bisa dipandang sebelah mata oleh perusahaan lain. Bahkan, bisa jadi perusahaan itu akan sangat iri dengan keberhasilan yang akan anda raih setelah mempekerjakan seseorang pada bagian ini. Bagai sebuah strategi perang, peran mereka adalah melihat kekurangan kita dan menutupinya, sekaligus menyadari kekuatan kita dan memaksimalkannya dalam media sosial.

Nah, yang perlu digaris bawahi adalah ketika perusahaan kompetitor anda tak memiliki seorang social media manager, hampir dipastikan perusahaan anda akan mendominasi benak audiens ketika membicarakan produk tertentu. Anda tidak akan tertinggal di belakang perusahaan kompetitor. Paling tidak secara online, merek produk anda akan berada di benak para audiens dibanding yang lain.

Jadi, kenapa masih ragu untuk merekrut soerang social media manager?

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *